Kelompok perdamaian Siprus mengutuk penangkapan atas tanda ‘Love Erdogan’

by admin

NICOSIA, Siprus – Organisasi perdamaian sayap kiri di kedua sisi perpecahan etnis Siprus telah mengutuk penangkapan di utara yang memisahkan diri dari empat aktivis Siprus Turki karena diduga merusak tanda-tanda yang menyatakan pemujaan kepada Presiden Turki Recep Tayip Erdogan.

Kelompok payung Dewan Perdamaian Siprus mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa penangkapan anggota gerakan Sol Hareket adalah bagian dari upaya untuk “memberangus rekan-rekan Turki Siprus kami karena keyakinan politik mereka.”

Menurut laporan media Siprus Turki, empat anggota Sol Hareket didakwa dengan “tindakan tidak pantas” dan “berkolusi secara rahasia,” setelah sayap pemuda lokal dari partai AKP yang berkuasa di Turki mengajukan pengaduan ke polisi tentang kerusakan pada tanda-tanda bertuliskan dalam bahasa Inggris: “Cinta Erdogan. ”

Tanda-tanda tersebut dilaporkan bermunculan di Siprus utara yang memisahkan diri setelah tanda “Hentikan Erdogan” muncul di Times Square, New York.

“Perlawanan berani dari gerakan progresif yang berjuang untuk penyatuan kembali Siprus melawan pemaksaan politik Ankara pada komunitas Siprus Turki merupakan pesan harapan,” kata Dewan tersebut.

Siprus terpecah menurut garis etnis pada tahun 1974 ketika Turki menyerbu menyusul kudeta yang bertujuan untuk bersatu dengan Yunani. Deklarasi kemerdekaan Siprus Turki di sepertiga utara pulau itu hanya diakui oleh Turki, yang menahan lebih dari 35.000 tentara di sana.

Keempat aktivis itu didakwa dan dibebaskan. Pemimpin Sol Hareket Abdullah Korkmazhan dikutip mengatakan bahwa baik dia, maupun anggota kelompok lain tidak bertanggung jawab atas kerusakan, tetapi mengatakan “lebih banyak kekuasaan untuk mereka” yang melakukannya.

“Kami tidak akan dibungkam,” kata Korkmazhan. “Diktator yang menjadi beban Turki telah menjadi beban bagi negara kita sendiri dan dunia. Dia kehilangan kekuatan politiknya dan itulah alasan agresivitasnya. ”

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/cyprus-peace-group-condemns-arrests-love-erdogan-sign-76421698

 

 

Related Articles