Kilas balik DPP Rawamangun yang kini diklaim kubu Moeldoko

  • Bagikan
bangunan-yang-dijadikan-kantor-dpp-demokrat-oleh-kubu-moeldoko_169.jpeg

Jakarta – Kubu Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang mengklaim kantor DPP versi KLB berlokasi di Jalan Pemuda Nomor 712 Rawamangun, Jakarta Timur. Tempat yang disebut sebagai tempat bersejarah itu membawa Ketua Dewan Tinggi PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Presiden Republik Indonesia untuk dua periode.

“Kantor DPP Partai Demokrat beralamat di Jalan Pemuda Nomor 712 Rawamangun, Jakarta Timur,” kata Darmizal, penggagas KLB versi KLB, Darmizal, dalam jumpa pers, di Jalan Terusan Lembang D54, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis. (11/3/2021).

“Tempat yang sangat bersejarah bagi Partai Demokrat dan tentunya bagi bangsa Indonesia darimana SBY dilahirkan selama dua periode sebagai Presiden Republik Indonesia untuk dua periode. Tempat itu dipinjamkan oleh Tuan Jhoni Allen Marbun yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, ”lanjutnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Dewan Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng menjelaskan asal muasal tempat tersebut. Andi mengungkapkan, tempat itu milik Jhoni Allen Marbun.

“Oh iya yang di Jalan Pemuda itu tempat Jhoni Allen, kalau tidak salah,” kata Andi kepada wartawan, Kamis (11/3/2021).

Menurut Andi, gedung DPP Demokrat di kawasan Rawamangun memang pernah menjadi kantor DPP Demokrat pada masa kepemimpinan Ketua PD Hadi Utomo. Saat itu, kata Andi, gedung itu masih disewakan untuk dijadikan kantor DPP Demokrat.

“Waktu itu kalau saya tidak salah dia dipekerjakan atau apa. Siapa pimpinannya waktu itu? Pak Hadi Utomo, bukan ya, atau Pak Subur (Ketua Umum Partai Demokrat Subur Budhisantoso), bukan ya. Jadi itu saya, tidak, saya tidak. Saya tahu, tapi setahu saya sewa atau apa waktu itu, ”ujarnya.

“Kalau saya tidak salah (terakhir kali menjabat sebagai DPP Demokrat di era) Pak Hadi Utomo mungkin di awal ya,” ujarnya.

Andi mengatakan DPP Demokrat tidak melanjutkan sewa gedung di Rawamangun karena kontrak sudah habis. Namun, dia belum mengetahui detail keputusan tersebut.

“Kamu menyewa, dan kontraknya sudah selesai. Tapi itu yang ditentukan Ketua Umum saat itu,” ujarnya.

Bagaimana kondisi kantor yang akan dijadikan DPP versi KLB Deli Serdang? lihat selengkapnya

Tonton video ‘Kubu Moeldoko Pilih DPP Rawamangun Menjadi Kantor’:

[Gambas:Video 20detik]

Lebih lanjut Andi menjelaskan, DPP Partai Demokrat pindah ke sebuah kawasan di Jalan Kramat, Jakarta Pusat, pada masa kepemimpinan Ketum Anas Urbaningrum. Saat itu, kata dia, gedung perkantoran DPP Demokrat juga disewa dari Menteri Perumahan Rakyat ke-7 periode 2011-2014, Djan Faridz.

“Waktu Pak Anas pindah ke Jalan Kramat tempatnya apa. Saat itu dia juga menyewa. Juga menyewakan gedungnya. Milik Djan Faridz,” ujarnya.

Setelah kontrak rampung, DPP Demokrat membeli gedung perkantoran sendiri di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. “Ya, ini haknya sendiri. Saya tidak menyewa lagi. Dulu kami selalu menyewa DPP,” kata Andi.

Kondisi kantor yang akan dijadikan DPP versi KLB sekarang

Pantauan Detikcom di lokasi, Kamis (11/3/2021) pukul 15.30 WIB, sudah tidak ada lagi logo dan tulisan DPP Partai Demokrat. Dari luar, sepertinya ada sejumlah pekerjaan renovasi.

Beberapa tukang terlihat sedang bekerja. Ada tumpukan kayu, plafon, dan triplek bekas bertumpuk. Kaca jendela terlihat pecah dan belum diganti dengan yang baru.

Seorang pria yang mengaku sedang melakukan renovasi gedung tersebut mengatakan, gedung tersebut telah kosong selama lima tahun. “Sudah lima tahun ini kosong,” kata pria bernama Fadil saat ditemui di lokasi.

Dia mengatakan, renovasi baru berjalan selama seminggu. Fadil mengaku belum mengetahui untuk apa gedung itu akan digunakan.

“Ini renovasi baru setiap minggu, tapi saya tidak tahu akan dipakai untuk apa. Saya hanya bertugas merenovasi gedung ini,” kata Fadil.

(eva / eva)

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-5490232/kilas-balik-dpp-demokrat-rawamangun-yang-kini-diklaim-kubu-moeldoko?tag_from=wp_cb_mostPopular_list

  • Bagikan