Lagi, Tim Jabrik UNIDHA Lolos Hibah PKM Tahun 2022

  • Bagikan

Jambi (SR28)-Dalam rangka memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Penyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2022 dan telah melaksanakan penilaian proposal PKM Artikel Ilmiah (AI) dan PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT).

Sekitar Awal Agustus 2022, Insentif Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2022 diumumkan olehKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dengan No. 4818/E2/DT.01.00/2022.

Tim Jabrik UNIDHA menjadi salah satu dari 149 PTN/PTS lainnya yang menjadi penerima insentif dengan judul “PeDe JABRIK”: Perpustakaan Digital Desa Jati Belarik dalam Mewujudkan Program SDG’s Desa Pendidikan Desa Berkualitas dalam skema Artikel Ilmiah (AI).

Tim Jabrik UNIDHA (sapaan hangat untuk Tim Desa Jati Belarik Universitas Dharma Andalas) dengan Dosen Pendamping Ibu Siska Lusia Putri, SP, MM (Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas) menghasilkan luaran berupa artikel ilmiah yang akan dipublikasikan pada e-journal direktorat belmawa kemendikbud-ristek, dengan tim mahasiswa yang terdiri dari:

  1. Mulya Artina (Prodi S1 Manajemen / BP 2019) sebagai Ketua
  2. Ilham Syahputra (Prodi S1 Manajemen / BP 2018) sebagai Anggota
  3. Suci Wulandari (Prodi S1 Manajemen / BP 2019) sebagai Anggota
  4. Rita Martini (Prodi S1 Manajemen / BP 2020) sebagai Anggota
  5. Andre Prasetyo (Prodi S1 Sistem Informasi / BP 2017) sebagai Anggota

Sebelumnya TIM JABRIK UNIDHA yaitu Mulya Artina (Ketua) dan Ilham Syahputra (Anggota) dengan Dosen Pendamping Siska Lusia Putri, SP, MM menang pada hibah social project INNOVILLAGE TAHUN 2021 (dimana UNIDHA lolos sebagai salah satu dari top 120 innovillage tahun 2021 dan desa jati belarik satu-satunya yang lolos dari Provinsi Jambi) dengan program kerja:

  1. Mendirikan perpustakaan untuk anak PAUD, anak SD, anak Madrasah yang ada di Desa Jati Belarik dibantu oleh Kades Jati Belarik (Bapak AZWAR, SP) beserta jajarannya serta masyarakat Desa Jati Belarik.
  2. Mahasiswa UNIDHA juga memfasilitasi perpustakaan digital online yang bisa diakses oleh umum (buku online)
  3. Tim Jabrik UNIDHA melakukan pengabdian berupa pendampingan kepada pengurus perpustakaan (akses penggunaan perpustakaan digital online)
  4. Peresmian PeDe Jabrik, dimana soft launching dilakukan langsung oleh Bupati Tebo (Dr. H. Sukandar, S.Kom, M.Si) meresmikan langsung perpustakaan digital desa jati belarik dengan prosesi gunting pita, pada 4 November 2021 lalu di Kantor Desa Jati Belarik secara langsung dan juga dilaksanakan Webinar dengan mengusung tema “UNIDHA Mendukung Lahirnya Desa Inovatif” dengan media Zoom Meeting oleh Civitas Akademika UNIDHA (kerjasama antara Pusat Studi Pengembangan Nagari (PSPN) UNIDHA, Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIDHA, dan Lembaga Manajemen (LM) FEB UNIDHA)
  5. Pembelian buku cerita dan buku pelajaran untuk anak PAUD, anak SD, dan anak Madrasah. Buku ini berada di perpustakaan Desa Jati Belarik (sebelah kantor desa jati belarik)
  • Bagikan