Lam mendukung perubahan elektoral Hong Kong tidak termasuk lawannya

  • Bagikan
WireAP_6c892c59c3d44884bed01d9d11942fca_16x9_992.jpg

HONG KONG – Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam memberikan dukungan yang jelas pada Selasa untuk reformasi elektoral yang kemungkinan akan lebih jauh mengecualikan suara oposisi dan memperkuat kendali Beijing atas politik kota semi-otonom China.

Komentarnya datang sehari setelah seorang pejabat tinggi Beijing mengisyaratkan perubahan besar akan datang untuk memastikan Hong Kong dijalankan oleh “patriot,” sebuah tanda bahwa China bermaksud untuk tidak lagi mentolerir suara-suara yang tidak setuju, 23 tahun setelah bekas jajahan Inggris itu diserahkan kepada. China memerintah dengan janji bisa mempertahankan hak dan kebebasannya sendiri selama 50 tahun.

Menyusul pemberlakuan undang-undang keamanan nasional yang luas di kota itu tahun lalu, pihak berwenang telah bergerak untuk mengusir anggota Dewan Legislatif kota yang dianggap tidak cukup setia dan menangkap para pemimpin oposisi veteran dengan tuduhan termasuk berkumpul secara ilegal dan berkolusi dengan pasukan asing. Kritikus pemerintah dan pemerintah Barat menuduh Beijing menarik kembali kata-katanya dan secara efektif mengakhiri kerangka “satu negara, dua sistem” untuk mengatur pusat keuangan Asia yang dinamis.

Lam mengatakan perselisihan dan kerusuhan politik di kota itu, termasuk protes anti-pemerintah pada 2019 serta protes pada 2014, menunjukkan selalu ada beberapa orang yang “agak memusuhi” otoritas pusat di China.

“Saya dapat memahami bahwa otoritas pusat sangat prihatin, mereka tidak ingin situasi semakin memburuk sedemikian rupa sehingga ‘satu negara, dua sistem’ tidak dapat diterapkan,” kata Lam dalam jumpa pers reguler.

Pemerintah Hong Kong pada Selasa juga mengatakan pihaknya berencana untuk meminta anggota dewan distrik – banyak di antaranya dipilih langsung oleh konstituen mereka dan cenderung lebih independen secara politik – untuk berjanji setia kepada Hong Kong sebagai wilayah khusus China. Saat ini, hanya kepala eksekutif, pejabat tinggi, anggota dewan eksekutif, anggota parlemen, dan hakim yang diwajibkan untuk mengambil sumpah jabatan.

Mereka yang ditemukan mengambil sumpah dengan tidak benar atau yang tidak menjunjung konstitusi mini kota, Undang-Undang Dasar, akan didiskualifikasi dan dilarang mencalonkan diri selama lima tahun, menurut Sekretaris Urusan Konstitusi dan Daratan, Erick Tsang.

Tokoh oposisi menyapu pemilihan dewan distrik setelah protes 2019 dan pemerintah Beijing sejak itu berusaha mencegah mereka untuk memberikan pengaruh pada aspek lain dari sistem politik.

Langkah tersebut dilakukan setelah kontroversi pengambilan sumpah pada tahun 2016 di mana enam anggota parlemen pro-demokrasi dikeluarkan dari badan legislatif setelah keputusan pengadilan bahwa mereka tidak bersumpah setia karena mereka salah mengucapkan kata-kata, menambahkan kata-kata atau membaca sumpah dengan sangat lambat.

Badan legislatif Hong Kong diperkirakan akan membahas draf amandemen hukum pada 17 Maret.

Pada hari Senin, Xia Baolong, direktur Kantor Urusan Hong Kong dan Makau Dewan Negara, mengatakan Hong Kong hanya dapat diperintah oleh “patriot,” yang mengecualikan mereka yang melobi negara lain untuk sanksi asing dan “pembuat onar.”

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin menambahkan pernyataan tersebut Selasa, mengatakan bahwa “orang-orang di posisi penting, memegang kekuasaan penting dan memikul tanggung jawab penting administrasi harus patriot yang setia. Ini masalah tentu saja. “

Perubahan pemilu diharapkan akan dibahas dan mungkin disahkan pada pertemuan Kongres Rakyat Nasional bulan depan, badan legislatif stempel karet China, dan badan penasihatnya, Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China.

Mereka kemungkinan akan mengambil bentuk redistribusi suara di komisi pemilihan 1.200 anggota yang memilih kepala eksekutif Hong Kong, tunduk pada veto Beijing. Komisi tersebut terdiri dari blok pemungutan suara yang dimaksudkan untuk mewakili berbagai sektor ekonomi, pendidikan dan sosial Hong Kong, bersama dengan institusi politik yang sebagian besar didominasi Beijing. Satu pengecualian adalah 117 anggota komisi yang diambil dari 458 anggota dewan distrik kota setempat.

Dengan semua anggota komisi lainnya dianggap berada di bawah kendali Beijing, spekulasi telah meningkat bahwa 117 suara dewan distrik akan dipindahkan ke blok lain, mungkin dari perwakilan Hong Kong ke Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China, memastikan bahwa mereka akan mengikuti arahan Beijing. .

Masih belum jelas apakah Lam, yang sangat tidak populer di kalangan penduduk Hong Kong, akan mengajukan masa jabatan lima tahun kedua dalam jajak pendapat tahun depan.

Kemungkinan lain adalah bahwa China akan menutup apa yang disebutnya “celah” dalam pemilihan anggota Dewan Legislatif, yang sekarang sepenuhnya didominasi oleh legislator pro-Beijing sejak deputi oposisi mengundurkan diri secara massal tahun lalu setelah empat orang diusir karena tidak cukup setia kepada pemerintah. . Lam menunda pemilihan dewan tahun lalu, dengan alasan kekhawatiran atas COVID-19, dalam sebuah langkah yang sebagian besar dianggap dirancang untuk mencegah kemenangan oposisi.

Dari 70 anggota dewan, setengahnya dipilih langsung dari daerah pemilihan geografis sementara sisanya berasal dari perdagangan dan kelompok kepentingan khusus lainnya. Perubahan dapat mencakup mencegah konselor distrik untuk juga duduk dalam badan atau sekadar meningkatkan persyaratan untuk loyalitas dan patriotisme di atas tingkat yang sudah ketat yang mereka tetapkan saat ini.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/hong-kong-leader-backs-reforms-hostile-people-76057651

  • Bagikan