Mak Ganjar Semarakkan Kemerdekaan Dengan Perlombaan Pacu Perahu Tradisional di Jambi

  • Bagikan

Jambi – Sukarelawan Mak Ganjar memeriahkan momen HUT Kemerdekaan RI dengan mengadakan Perlombaan Pacu Prahu Tradisional di Wisata Danau Sipin, Legok, Kota Jambi, Sabtu (19/8).

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jambi, Maria Sebastiana menjelaskan agenda tersebut dilakukannya atas dasar kepeduliannya terhadap tradisi permainan tradisional khas Jambi.

Dengan wilayah yang memiliki danau dan sungai terpanjang di Sumatera, seharusnya permainan atau olahraga tradisional tersebut bisa menjadi ciri khas yang dapat menunjang potensi wisata yang ada di Jambi.

“Saya melihat ini sebagai bagian dari permainan atau olahraga tradisional, terutama di Jambi ini memang infrastruktur dasarnya kan sudah ada karena di sini ada Danau Sipin dan Sungai Batang Hari, salah satu sungai terpanjang di Sumatera,” ujar Maria di lokasi.

Selain itu, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong semangat pemuda Jambi dalam melestarikan pacu perahu sehingga bisa menjadikannya sebagai atlet yang bisa berkontribusi terhadap prestasi daerah maupun secara nasional.

“Kami mengambil inisiatif untuk melakukan kegiatan ini di tingkat kecamatan terlebih dahulu, karena permainan ini merupakan tradisi khas Jambi yang cukup diminati masyarakat. Selain itu, kami dorong juga supaya kegiatan ini bisa menemukan bibit-bibit unggul untuk kemajuan prestasi atlet dayung di Indonesia, karena potensinya ada,” lanjut Maria.

Maria berupaya untuk melakukan kegiatan yang berkelanjutan dan program pembinaan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang tinggal di sekitaran Danau Sipin, baik dalam hal kepemudaan maupun pemberdayaan terhadap emak-emak yang selama ini menjadi fokus program yang dilakukan Mak Ganjar.

“Mereka antusias dan sangat berterimakasih atas kehadiran Mak Ganjar di tempat ini. Berbagai usulan muncul ke kami, yang jelas salah satu permintaannya, yaitu selalu berkesinambungan dalam membuat program pembinaan untuk memberdayakan masyarakat,” kata Maria.

Dengan dihelatnya kegiatan tersebut, Maria berharap akan ada kegiatan serupa yang bisa dilakukan sebagai upaya dalam mendorong prestasi Jambi untuk cabang olahraga pacu perahu ataupun dayung yang selama ini sebagai cabang olahraga yang dikenal di masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini terbukalah kegiatan-kegiatan pacu perahu ditempat lain, seperti hal yang kami lakukan untuk mendorong potensi atlet Indonesia dari Provinsi Jambi,” kata Maria.

Tokoh Masyarakat di Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin, Datuk Zainul Bahri mengapresiasi langkah Mak Ganjar dalam menggelar kegiatan di wilayahnya.

Sejumlah masyarakat mau dan senang terlibat diacara yang bertepatan dengan momen kemerdekaan RI ke 78.

“Kami bersyukur Mak Ganjar mau bersilaturahmi karena kami pun sejujurnya haus dan menunggu kegiatan seperti ini, masyarakat tumpah ruah untuk mengikuti pelaksanaan perlombaan tersebut,” kata Bahri.

Menurutnya, selama ini baru relawan Ganjar Pranowo yang datang dan berkomitmen dalam mendukung program pemberdayaan di wilayahnya. Dirinya bersama masyarakat mengaku sudah mengikuti kiprah Ganjar Pranowo sejak beberapa tahun silam dan siap mendukung Ganjar sebagai Presiden di 2024 mendatang.

“Selama ini, baru Mak Ganjar melalui Bu Maria yang baru mensupport wilayah kami dengan kegiatan yang inspiratif seperti ini. Kami, masyarakat di sini pasti menerima dan siap mendukung Pak Ganjar,” lanjut Zainul Bahri.

Tak lupa, pria yang akrab di dipanggil Datuk tersebut mengungkapkan kekaguman atas sosok Ganjar dan berpesan agar suatu saat Ganjar Pranowo bisa hadir ke Jambi dan bermalam di wilayahnya.

“Yang jelas Pak Ganjar itu sosoknya dekat dengan masyarakat, mau tinggal di rumah warga. Ya, harapannya ke depan beliau mau tinggal juga di wilayah kami Danau Sipin, biar beliau tahu bagaimana kondisi masyarakat di Jambi khususnya di Danau Sipin,” pungkas Bahri. (*)

  • Bagikan