Melayat Ke Rumah Duka, Jokowi Kenang Sosok Almarhum Hamzah Haz

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rasa dukacitanya yang mendalam atas meninggalnya Dr. H. Hamzah Haz. Foto: Setkab.go.id

JAKARTA (SR28) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rasa dukacitanya yang mendalam atas meninggalnya Dr. H. Hamzah Haz, mantan Wakil Presiden ke-9 Republik Indonesia, pada usia 84 tahun. Pernyataan ini disampaikan oleh Presiden setelah berkunjung ke rumah duka di Matraman, Jakarta, pada Rabu (24/07/2024).

“Innalillahi wa innailaihi rojiun. Pagi tadi, Bapak Dr. H. Hamzah Haz telah berpulang ke rahmatullah di usia 84 tahun,” ujar Presiden Jokowi dalam konferensi persnya seperti dilansir dari laman Setkab.

“Atas nama pemerintah, bangsa, dan seluruh rakyat Indonesia, kami menyampaikan belasungkawa yang mendalam,” lanjutnya.

Presiden Jokowi mengenang Hamzah Haz sebagai seorang negarawan yang telah memberikan kontribusi besar bagi bangsa dan negara. Tidak hanya selama menjabat sebagai Wakil Presiden dari tahun 2001 hingga 2004, tetapi juga melalui berbagai peran penting lainnya sepanjang hidupnya.

“Beliau adalah seorang negarawan yang telah mendedikasikan dirinya untuk bangsa dan negara, baik sebagai wakil presiden maupun dalam pengabdian-pengabdian lainnya yang tak terhitung banyaknya,” kata Jokowi.

Rencananya, jenazah almarhum Hamzah Haz akan dimakamkan di makam keluarga di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Presiden Jokowi tiba di rumah duka sekitar pukul 13.15 WIB dan disambut oleh dua putra almarhum. Selama berada di sana, Presiden turut serta dalam salat jenazah dan mendoakan almarhum.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Selain itu, hadir pula sejumlah tokoh penting seperti Wakil Presiden ke-6 RI Try Soetrisno, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-11 RI Boediono, serta Wakil Presiden Terpilih 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka.*

  • Bagikan