banner 728x250

Menengok Keindahan Masjid Cheng Hoo, Tujuan Wisata Religi yang Mirip Wihara

  • Bagikan
banner 468x60

KOTA JAMBI (SR28) – Keindahan masjid Cheng Hoo yang terletak di Jalan Ibrahim kecamatan Kota Baru Jambi ini dapat terlihat dari arsitektur bangunannya yang sangat unik di dominasi oleh warna merah pada bagian dinding masjid, serta warna putih pada bagian atap masjid, dan berpadu dengan warna kuning seakan menambah keindahan dan keunikan pada sisi masjid ini.

Masjid yang di bangun dengan gaya oriental ini seakan erat menggambarkan kebudayaan orang China yang mirip Wihara. Bangunan berukuran 20 kali 20 meter persegi berdiri dengan megah di atas lahan 2.380 meter persegi mempunyai simbol yang melambangkan perdamaian umat beragama.

banner 336x280

Peletakan batu pertama dilakukan pada 12 Februari 2021, namun untuk peresmian masjid ini sendiri belum dapat di pastikan tepatnya kapan karena menurut pengurus masjid itu sendiri, masjid Cheng Hoo masih dalam tahap penyelesaian pembangunan meski saat ini sudah dapat digunakan untuk umum.

Nama lengkap masjid ini ialah Masjid Muhammad Cheng Hoo, masjid ini pertama kali digunakan bertepatan dengan hari Imlek tahun 2021.

“Pertama kali digunakan bertepatan dengan hari Imlek, tanggal 12 Februari 2021. Pada tanggal 15 Oktober 2021,” ujar Ustad Hasan Ardiansyah, Imam masjid Cheng Ho saat ditemui SR28 beberapa waktu lalu.

“Pada awal awal dibuka untuk umum masjid ini lebih banyak di kunjungi oleh orang orang yang non muslim, mungkin orang-orang tersebut penasaran, jadi kami tetap persilahkan untuk berkunjung,” ujarnya.

Semenjak PPKM level 2 di terapkan masjid ini tetap ramai dikunjungi oleh para pengunjung dari dalam maupun luar kota sehingga upaya yang bisa di lakukan oleh pihak masjid ialah selalu melakukan himbauan kepada para pengunjung yang berkunjung ke masjid Cheng Hoo ini ataupun yang datang untuk beribadah agar selalu menjaga protokol kesehatan. (Editor: Agus/Tim Liputan: Reza-Zidan-Afdal)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan