JAMBI (SR28) - Angka Covid-19 di Provinsi Jambi terus meningkat tinggi, langkah percepatan memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Provinsi Jambi, Pemprov Jambi melakukan swab gratis untuk masyarakat Jambi di RSUD Raden Mattaher Jambi.

“Uji swab ini gratis ini segera kita lakukan, ini untuk mempercepat penanganan covid-19 di Provinsi Jambi,” kata Restuardy Daud Pjs Gubernur Jambi saat rapat evaluasi covid-19 di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi.

Lanjutnya, nantinya swab gratis ini akan dibebankan pada APBD Provinsi Jambi. Saat ini pihaknya hanya menunggu legal formal, untuk melakukan swab secara gratis kepada masyarakat Jambi. “Tak ada masalah yang terjadi untuk uji swab ini,” tambahnya.

Kata dia, seharusnya uji swab ini sudah dilakukan minggu kemarin. Namun realisasinya akan dilakukan pertengahan minggu ini. Pasalnya, ini hanya bersifat internal di Provinsi Jambi dan tak sama dengan perda, dan ini sudah bahas untuk segera dilakukan.

“Sudah diproses di Biro Hukum dan rumah sakit, namun sekarang sudah di sekretariat daerah dan sudah disampaikan ke rumah sakit,” sebutnya.

Kemudian, Ardy menyebutkan jika masyarakat ingin melakukan swab baik yang ada gejala covid-19 atau tidak, bisa langsung datang ke rumah sakit. Ini juga bertujuan untuk mengejar target sebanyak 3.500 spesimen per minggu, sesuai dengan standar WHO.

“Kita terus berupaya untuk membasmi covid-19, langkah-langkah terus kita upayakan dan yang paling penting tetap jaga jarak dengan protokol kesehatan,” ucapnya.