Namibia menutup Air Namibia milik negara dengan alasan kerugian besar

by admin

Pemerintah Namibia telah menutup maskapai penerbangan milik negara negara Afrika selatan, Air Namibia, dengan alasan tidak mampu lagi menanggung kerugian finansial.

WINDHOEK, Namibia – Pemerintah Namibia telah menutup maskapai penerbangan milik negara di Afrika bagian selatan, Air Namibia, dengan alasan tidak mampu lagi menanggung kerugian finansial.

Semua penerbangan Air Namibia telah dibatalkan, 10 pesawat telah di-grounded dan sistem reservasi telah ditutup. 644 karyawan Air Namibia telah kehilangan pekerjaan mereka dan akan menerima paket pesangon gaji satu tahun, menurut pengumuman Kabinet.

Air Namibia telah mengumumkan di platform media sosialnya bahwa pelanggan yang telah membayar penerbangan harus mendaftar untuk mendapatkan pengembalian uang.

Keputusan untuk menutup maskapai diambil setelah pertimbangan yang cermat, menurut menteri perusahaan publik Leon Jooste.

“Maskapai penerbangan nasional tidak menguntungkan dan belum menguntungkan sejak didirikan. Biaya ekonomi bersih dari operasi Air Namibia jauh melebihi keuntungan bersih dan karenanya tidak dapat dipertahankan, “kata Jooste pekan lalu.

Pemerintah telah menghabiskan lebih dari setara $ 550 juta untuk memelihara maskapai, kata Jooste.

Biaya likuidasi Air Namibia diperkirakan $ 137 juta, menurut laporan pers lokal.

Maskapai penerbangan nasional itu mengalami masalah keuangan selama bertahun-tahun, tetapi situasinya memburuk tahun lalu. Masalah utama adalah sewa kontroversial pada tahun 1998 dari pesawat 351 penumpang – Boeing 767-300 – dari perusahaan swasta, Challenge Air.

Air Namibia mengakhiri perjanjian setelah menemukan pesawat itu rusak dan Challenge Air segera dilikuidasi, tetapi transaksi terus menghantui maskapai nasional.

Perjanjian penyelesaian dicapai pada Desember 2019, di mana Air Namibia mengakui bahwa mereka berhutang pada Challenge Air sekitar N $ 333 juta (US $ 22 juta) dan berjanji untuk membayar jumlah itu dengan cicilan bulanan hingga September 2020.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/namibia-closes-state-owned-air-namibia-citing-big-75900722

Related Articles