Pemerintah Sewa 1.000 Mobil untuk HUT RI ke-79 di IKN, Harga Rental Langsung Naik

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres

JAKARTA (SR28) – Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah menyewa hingga 1.000 unit mobil untuk memfasilitasi mobilitas tamu negara dan very very important person (VVIP) dalam perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024. Mobil-mobil tersebut akan digunakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Sewa mobil tersebut dilakukan melalui Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) dengan uang muka sebesar 50 persen. Ketua Asperda Kalimantan Timur, Damun Kiswanto, menjelaskan bahwa penandatanganan nota kesepahaman untuk pengadaan 1.000 unit mobil telah dilakukan.

“Kami dan Kemensetneg telah menandatangani nota kesepahaman untuk penyediaan 1.000 unit mobil untuk perayaan kemerdekaan,” ungkap Kiswanto, sebagaimana dikutip dari Antara.

Namun, untuk memenuhi kebutuhan Kemensetneg, DPD Asperda Kaltim harus menambah unit mobil dari luar daerah karena keterbatasan mobil rental di wilayah tersebut. Dalam upaya mengatasi keterbatasan ini, DPD Asperda Kaltim telah berkoordinasi dengan DPP Asperda Indonesia.

Kesepakatan dicapai untuk mendatangkan unit mobil tambahan dari berbagai kota besar di Indonesia, termasuk Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu.

“Unit mobil sedang dalam perjalanan menuju Kaltim,” jelas Kiswanto.

Permintaan mobil rental untuk perayaan tersebut telah menyebabkan lonjakan harga sewa sejak awal Agustus 2024. Kenaikan harga ini cukup signifikan, dengan tarif sewa mobil normal seperti Toyota Fortuner yang biasanya sekitar Rp2,5 juta per hari kini melonjak menjadi Rp5 juta per hari. Begitu pula dengan Toyota Hi-Ace yang harga sewanya meningkat dari Rp3,5 juta menjadi Rp15 juta per hari. Bahkan, untuk mobil mewah seperti Alphard, harga sewanya yang biasanya Rp7 juta per hari kini naik tajam menjadi Rp25 juta per hari.

Kenaikan harga ini menunjukkan tingginya permintaan dan keterbatasan pasokan mobil rental di pasar, mencerminkan besarnya skala persiapan yang dilakukan untuk menyambut perayaan kemerdekaan yang sangat penting ini.*

  • Bagikan