Pengabdian Masyarakat Sebagai Sarana Berbagi Pengetahuan

  • Bagikan
banner 468x60

JAMBI(SR28)-Kuala Tungkal. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jambi melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakah salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kompetensi guru, khususnya guru sekolah dasar.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Juli 2022. Kegiatan yang dilakukan selama satu hari itu diikuti oleh seluruh guru SDN 018/V Kuala Tungkal, baik guru kelas maupun guru bidang studi. Kegiatan ini meliputi pelatihan pembuatan bigbook digital sebagai media pembelajaran membaca, pelatihan merancang instrumen assesmen High Order Thinking Skills (HOTs), dan terakhir pelatihan pemanfaatan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran. Kegiatan ini dimulai dengan memberikan pemahaman terkait materi masing-masing materi dan selanjutnya praktik langsung dalam membuat bigbook digital dan membuat kisi-kisi soal berbasis HOTs.

banner 336x280

Kegiatan ini  diharapkan dapat membantu guru dalam membuat media pembelajaran membaca serta memberi pemahaman dalam merancang instrumen assesmen HOTs. Target luaran kegiatan pengabdian ini menghasilkan bigbook digital sebagai media pembelajaran membaca, serta adanya rancangan instrumen assesmen High Order Thinking Skills (HOTs) yang dibuat oleh guru. Bagi dosen, kegiatan ini menjadi sarana berbagi pengetahuan terkait ilmu yang dimiliki dalam bentuk kegiatan pengabdian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Adapun tim yang menjadi fasilitator dalam kegiatan pelatihan yaitu Drs. Maryono, M.Pd, Drs. Faizal Chan, S.Pd,M.Si., Dr. Eka Sastrawati, M.Pd., Hendra Budiono, S.Pd,M.Pd., Silvina Noviyanti, S.Pd.,M.Pd dan terakhir Suci Hayati, S.Pd.,M.Pd.

Sebagai ketua Tim, Drs. Maryono, M. Pd menyatakan bahwa salah satu manfaat dari kegiatan pengabdian adalah memberikan pemahaman kepada guru tetang pentingnya penggunaan media pembelajaran membaca bagi siswa dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca siswa serta memberikan pemahaman kepada guru dalam perancangan instrumen penilaian.

Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan bagi guru-guru SDN 018/V Kuala Tungkal berlangsung dengan baik. Antusias guru yang tinggi tampak dalam proses kegiatan dalam membuat bigbook digital maupun perancangan instrumen HOTs. Selaku kepala sekolah, Inan Saputra, S.Pd menyambut baik kegiatan ini, dan berharap kegiatan ini akan terus berlangsung bahkan dalam kegiatan yang lebih besar salah satunya dapat dilaksanakan di Kelompok Kerja Guru (KKG).

“Saya berharap kegiatan ini akan terus berlangsung dan dalam lingkup yang lebih besar seperti KKG yang mampu menghasilkan inovasi baru”, ujar Inan.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan