Pengacara: Mesir membebaskan aktivis setelah 17 bulan ditahan

by admin

Pengacara Mesir mengatakan pihak berwenang telah membebaskan seorang profesor dan aktivis universitas setelah dia menghabiskan sekitar satu setengah tahun dalam penahanan pra-jejak

CAIRO – Pihak berwenang Mesir Selasa membebaskan seorang profesor universitas dan aktivis setelah dia menghabiskan sekitar satu setengah tahun dalam penahanan pra-jejak, kata pengacaranya.

Hazem Hosny, seorang profesor ilmu politik di Universitas Kairo, tiba di rumahnya di Kairo sehari setelah jaksa penuntut memerintahkan pembebasan bersyaratnya. Hosny dibebaskan menunggu penyelidikan atas tuduhan dia menyebarkan berita palsu dan bergabung dengan kelompok terlarang, kata pengacaranya, Khalid Ali.

Hosny adalah juru bicara kampanye presiden 2018 Sami Annan, yang menjabat sebagai kepala staf mantan presiden Hosni Mubarak. Hosny ditangkap pada September 2019 setelah protes anti-pemerintah kecil tapi jarang. Ratusan orang ditangkap saat itu, tetapi banyak yang dibebaskan.

Hosny harus tinggal di rumah sebagai bagian dari pembebasan bersyaratnya, kata Ali.

Otoritas Mesir dalam beberapa tahun terakhir melancarkan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat, memenjarakan ribuan orang, terutama Islamis, tetapi juga beberapa aktivis sekuler terkenal.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/lawyer-egypt-releases-activist-30-months-detention-76068001

Related Articles