Pembekuan Texas meninggalkan jutaan orang di Meksiko utara tanpa listrik

by admin

Cuaca yang membekukan di Texas telah menyebabkan serangkaian peristiwa yang menyebabkan hampir 5 juta pelanggan di Meksiko utara tidak mendapatkan listrik karena kekurangan gas alam mengganggu produksi listrik

Meksiko menggunakan gas untuk menghasilkan sekitar 60% tenaganya, dibandingkan dengan sekitar 40% di Amerika Serikat. Meksiko membangun jaringan pipa untuk memanfaatkan gas alam murah dari AS, sering kali diperoleh dengan fracking di Texas, tetapi Meksiko tidak mengizinkan fracking di wilayahnya sendiri.

Perusahaan utilitas tersebut mengatakan permintaan listrik AS juga naik karena suhu turun melintasi perbatasan, menyebabkan harga yang jauh lebih tinggi. Dikatakan bahwa harga gas telah meningkat dari sekitar $ 3 per juta BTU menjadi $ 600 dalam beberapa hari terakhir.

Komisi tersebut mengatakan bahwa pada Senin tengah hari telah memulihkan listrik ke sekitar 65% dari 4,8 juta pelanggan yang terkena dampak pemadaman listrik, terutama di negara bagian perbatasan utara Chihuahua, Coahuila, Nuevo Leon dan Tamaulipas. Sejumlah kecil pengguna juga terkena dampak di Durango dan Zacatecas.

Komisi itu mengatakan pihaknya berusaha untuk menutupi kekurangan tersebut dengan membawa lebih banyak listrik dari pembangkit listrik tenaga air dan pembangkit listrik tenaga batu bara serta gas yang dipasok oleh kapal tanker.

Direktur pembelian bahan bakar perusahaan air minum, Miguel Reyes Hernández, menyatakan bahwa apa yang terjadi di Texas adalah badai besar faktor-faktor yang menghambat impor gas yang digunakan Meksiko untuk menjalankan banyak pembangkit listriknya.

“Permintaan listrik di Amerika Serikat naik sedikit di atas 20% hanya dalam empat hari,” kata Reyes Hernández. “Peningkatan itu justru disebabkan oleh penurunan suhu, dan jelas penggunaan pemanas di Amerika Serikat berarti peningkatan permintaan gas alam di satu sisi, dan justru karena suhu yang rendah, terjadi penurunan energi terbarukan. “

Dia mengatakan turbin angin AS “baling-balingnya membeku … dan ada pembekuan di banyak jaringan pipa dan bahkan di sumur.”

Itu adalah kegagalan memalukan terbaru untuk Komisi Listrik Federal, utilitas pemerintah yang telah menjadi proyek hewan peliharaan untuk Presiden Andrés Manuel López Obrador, yang ingin mengurangi peran pembangkit listrik swasta.

Pada bulan Januari, perusahaan air minum tersebut mengakui telah mempresentasikan laporan palsu tentang pemadaman 28 Desember, yang diduga disebabkan oleh kebakaran sikat di bawah saluran transmisi yang menyebabkan pemadaman listrik selama dua jam yang mempengaruhi seperempat pelanggan Meksiko.

López Obrador tidak hanya membela perusahaan milik negara, tetapi dia juga berusaha menghilangkan persaingan dari pembangkit listrik yang lebih bersih dan dibangun secara pribadi serta energi terbarukan.

Pada bulan Januari, ia mengusulkan RUU yang akan menempatkan pembangkit listrik swasta yang lebih bersih, gas alam, dan terbarukan – banyak dibangun dengan investasi asing – terakhir untuk pembelian listrik. Pembangkit listrik swasta dan energi terbarukan didorong oleh pendahulu López Obrador untuk mengurangi emisi karbon.

López Obrador mencari dalam perintah eksekutif pada tahun 2020 untuk menopang utilitas pemerintah dengan membatasi izin untuk menghadirkan pembangkit listrik perusahaan lain secara online, termasuk beberapa fasilitas angin dan surya. Presiden berpendapat insentif energi hijau memberi tanaman tersebut keuntungan yang tidak adil atas utilitas negara.

Dengan penggunaan listrik yang menurun secara keseluruhan selama pandemi, utilitas negara menghadapi penurunan pendapatan dan peningkatan stok bahan bakar minyak yang harus dibakar di pembangkit listrik. Perusahaan juga mendapat tekanan untuk membeli batu bara dari tambang domestik.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/texas-freeze-leaves-millions-north-mexico-power-75911157

Related Articles