banner 728x250

Gempa dahsyat melanda Selandia Baru, mendorong evakuasi

  • Bagikan
banner 468x60

Salah satu gempa bumi terbesar yang melanda Pasifik Selatan dalam sejarah modern memaksa ribuan orang di Selandia Baru untuk mengungsi dan memicu peringatan tsunami di seluruh dunia.

banner 336x280

WELLINGTON, Selandia Baru – Salah satu gempa bumi terbesar yang melanda Pasifik Selatan dalam sejarah modern memaksa ribuan orang di Selandia Baru untuk mengungsi dan memicu peringatan tsunami di seluruh dunia pada hari Jumat, tetapi tampaknya tidak menyebabkan cedera atau kerusakan besar karena gempa tersebut. melanda di lautan terpencil.

Gempa 8,1 skala Richter adalah yang terbesar dalam serangkaian gempa yang melanda wilayah tersebut selama beberapa jam, termasuk dua gempa sebelumnya yang berkekuatan 7,4 dan 7,3 skala Richter.

Gempa bumi memicu sistem peringatan dan menyebabkan kemacetan lalu lintas dan beberapa kekacauan di Selandia Baru ketika orang-orang bergegas untuk mencapai tempat yang lebih tinggi, tetapi keterpencilan mereka berarti tidak menimbulkan ancaman luas bagi kehidupan atau infrastruktur.

Gempa terbesar melanda sekitar 1.000 kilometer (620 mil) di lepas pantai Selandia Baru. Salah satu gempa sebelumnya menghantam lebih dekat ke Selandia Baru dan membangunkan banyak orang karena mereka merasakan getaran yang panjang dan bergemuruh.

“Semoga semua baik-baik saja di luar sana,” Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menulis di Facebook pada malam itu.

Setelah gempa terbesar, otoritas pertahanan sipil di Selandia Baru mengatakan kepada orang-orang di beberapa daerah pesisir untuk segera pergi ke tempat yang lebih tinggi. Mereka mengatakan tsunami yang merusak mungkin terjadi, dan gelombang bisa mencapai hingga 3 meter (10 kaki).

Menteri Manajemen Darurat Kiri Allan mengatakan kepada wartawan bahwa orang-orang telah mengikuti arahan tersebut.

“Mereka merasakan gempa bumi yang panjang atau kuat dan mereka tahu untuk mengambil tas mereka dan pergi ke dataran tinggi,” katanya. “Saya hanya bisa berterima kasih dan mengakui upaya tak kenal lelah dari pria dan wanita dari atas dan bawah pantai yang tahu bagaimana harus bertindak, kapan harus bertindak, dan apa yang harus dilakukan.”

Dia memperingatkan bahwa ancaman bisa tetap ada sepanjang sore dan orang-orang tidak boleh kembali ke rumah sampai pihak berwenang memberikan semuanya jelas. Allan mengatakan evakuasi lebih diutamakan daripada tindakan menjauhkan virus korona.

Survei Geologi AS mengatakan itu berpusat di dekat Kepulauan Kermadec yang terpencil pada kedalaman 19 kilometer (12 mil).

Badan tersebut mengatakan dalam sebuah laporan bahwa gempa tersebut terjadi di persimpangan lempeng tektonik Pasifik dan Australia dan melampaui gempa terbesar yang sebelumnya tercatat di wilayah tersebut, berkekuatan 8,0 pada tahun 1976.

Dikatakan interaksi antara lempeng menciptakan salah satu wilayah yang paling aktif secara seismik di dunia, dan telah mencatat 215 gempa di sana berkekuatan 6,0 selama seabad terakhir.

Jennifer Eccles, seorang ahli gempa bumi di Universitas Auckland, mengatakan gempa itu berada pada skala paling atas bagi mereka yang hanya melibatkan kerak samudera Bumi.

“Ini sebesar yang didapat,” katanya.

Dia mengatakan sebagian besar gempa yang lebih besar dari skala 8,0 cenderung terjadi ketika bagian dari kerak benua yang lebih kuat terlibat.

Survei Geologi AS mengatakan gempa berkekuatan 7,4 kemungkinan merupakan “gempa awal” yang berkontribusi pada gempa yang lebih besar, tetapi gempa pertama yang melanda lebih dekat ke Selandia Baru terlalu jauh dalam waktu dan jarak untuk berkontribusi secara langsung.

Pejabat di Selandia Baru telah beberapa jam sebelumnya mengeluarkan peringatan tsunami untuk daerah pesisir setelah gempa pertama melanda pantai timur lautnya sekitar pukul 2:30 Jumat pagi. Tidak ada laporan langsung tentang kerusakan atau korban yang serius, dan peringatan itu dicabut tepat sebelum gempa terbesar melanda.

Survei Geologi AS mengatakan gempa pertama berpusat pada kedalaman 21 kilometer (13 mil) di bawah laut sekitar 174 kilometer (108 mil) timur laut kota Gisborne.

Itu dirasakan secara luas di Selandia Baru, dan penduduk di kota-kota besar Auckland, Wellington, dan Christchurch dilaporkan terguncang.

Pada 2011, gempa berkekuatan 6,3 melanda kota Christchurch, menewaskan 185 orang dan menghancurkan sebagian besar pusat kota.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/powerful-earthquake-hits-off-northeast-coast-zealand-76249925

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan