Presiden Kongo menunjuk perdana menteri baru, meningkatkan kendali

by admin

Presiden Kongo telah menunjuk perdana menteri baru, yang selanjutnya memperkuat kontrolnya terhadap pemerintah yang dulu memiliki pengaruh besar pendahulunya.

KINSHASA, Kongo – Presiden Kongo telah menunjuk perdana menteri baru, yang semakin memperkuat kontrolnya atas pemerintah yang dulu memiliki pengaruh yang cukup besar oleh pendahulunya.

Presiden Felix Tshisekedi menunjuk Jean-Michel Sama Lukonde Kyenge yang berusia 43 tahun untuk menjadi perdana menteri baru pada hari Senin. Lukonde pernah menjadi kepala perusahaan pertambangan negara.

Lukonde menggantikan Sylvestre Ilunga Ilunkamba, yang mengundurkan diri pada 28 Januari setelah mosi tidak percaya di parlemen. Ilunkamba adalah sekutu dekat mantan presiden Joseph Kabila, orang kuat yang memerintah negara Afrika Tengah yang miskin itu selama 18 tahun.

Penunjukan perdana menteri baru membawa sekutu ke dalam pemerintahan Tshisekedi, yang akan membantunya memasang Kabinet yang lebih setia.

Pada 2015, Lukonde adalah menteri Kabinet Pemuda dan Olahraga selama sembilan bulan, dan kemudian menjadi Direktur Jenderal Gecamines, raksasa pertambangan milik negara. Dia adalah seorang insinyur dengan pelatihan dan merupakan anggota partai politik Masa Depan Kongo.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/congo-president-names-prime-minister-increases-control-75906900

Related Articles