Sekda Agus Sanusi Buka Secara Resmi Rapat Pengawasan Orang Asing Tanjabbar

  • Bagikan

KUALA TUNGKAL (SR28) – Kamis (08/09/22) kemarin Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi M,S.i membuka secara resmi Rapat Tim Pengawasan Orang Asing ( TIMPORA ) yang di selenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kuala Tungkal, bertempat di Aula Hotel Rivoli Kuala Tungkal.

Hadir Kepala Devisi Keimigrasian Kemenkumham Provinsi Jambi Amrizal, Kasdim Mayor Inf. Marlianus Pasae, Kakanim Kelas I TPI Jambi, Kakanim Kelas II TPI Kerinci, Kasi Datun Kejaksaan Tanjab Barat, Perwakilan Kapolres, Perwakilan Kepala Kantor KPP Kuala Tungkal, Komandan Pos TNI AL Kuala Tungkal, Dan Subdenpom II/2-2 Tanjab Barat,Kapos Bea Cukai Tanjab Barat, Kadis Naker, Kadis Dukcapil, Kesbangpol, Satpol PP, Dinas Porbudpar, Kabag Hukum Sekda, Camat Tebing Tinggi, Camat muara papalik dan perwakilan Camat Bram Itam.

Sekda Tanjab Barat dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini memiliki arti penting dan sangat strategis terhadap jumlah orang asing yang akan masuk ke indonesia, khususnya ke Kabupaten Tanjab Barat yang merupakan pintu gerbang provinsi Jambi.

“Kuala Tungkal berada dipantai timur sumatera sudah lama terkenal sebagai kota pelabuhan dan perdagangan.”Dari posisi yang sangat strategis sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang maka sangat berpotensi akan terjadinya peningkatan kejahatan.”seperti perdangan manusia, penyeludupan manusia, pemalsuan dokumen dan lalu lintas barang terlarang,” paparnya.

“Selain itu, Di sisi lain kita mesti bijak dan memahami kehadiran warga negara asing juga dapat membawa dampak positif serta sangat diperlukan terutama bagi investor asing sangat kita butuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan, pengembangan ekonomi, kepentingan ahli tehknologi dan pengetahuan juga menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD),” imbuh Sekda.

Saya sangat mengharapkan perhatian dan kerjasama yang baik dari segenap aparatur pemerintah Khususnya TIMPORA sesuai dengan bidang tugas masing-masing agar lebih profesional mengolah data dan informasi tentang keabsahan dan melakukan pengawasan warga negara asing yang melakukan beragam kegiatan diwilayah hukum Kabupaten Tanjab Barat,”tegas sekda.

Ditempat yang sama Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kuala Tungkal Edy Firyan mengatakan,”Rapat TIMPORA ini kita laksanakan kembali untuk memperkuat serta sinergitas sesuai dengan tema kita hari ini ” Penguatan Sinergitas TIM Pengawasan Orang Asing dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional,” jelasnya.

Lanjut dia setelah dua tahun terlewatkan di karnakan pandemi covid 19. Baru hari ini kita bisa melakukan rapat kembali secara langsung, peserta TIMPORA kali ini melibatkan instansi terkait dan para Camat Se kabupaten Tanjab Barat.” Timpal nya.(Sabri)

  • Bagikan