Sepasang owa yang terancam punah menemukan rumah baru di kebun binatang Sarajevo

by admin

Kebun binatang Sarajevo telah menyambut dua penghuni baru, sepasang owa pipi emas, bergabung dengan keluarga kebun binatang Eropa yang mencoba menyelamatkan kera kecil yang terancam punah dari kepunahan.

SARAJEVO, Bosnia-Herzegovina – Kebun binatang Sarajevo pada hari Senin menyambut pasangan pertama owa pipi emas, bergabung dengan keluarga hewan Eropa yang mencoba menyelamatkan kera kecil yang terancam punah dari kepunahan.

Setelah tiba di Sarajevo dari Slovenia, pasangan tersebut – pria dan wanita – ditempatkan di bawah karantina dan diperkirakan akan melakukan debut publik mereka pada pertengahan Maret.

“Kami telah mempersiapkan kedatangan mereka selama hampir setahun, setelah memulai pembangunan habitat mereka pada Maret lalu,” kata Aldijana Hamza, juru bicara kebun binatang Sarajevo.

Kandang mereka telah dibangun di sebuah pulau di tengah danau buatan kecil dan begitu mereka diizinkan keluar, hanya air yang akan memisahkan mereka dari pengunjung, jelas Hamzah.

Kedatangan owa adalah titik balik bagi kebun binatang Sarajevo, yang didirikan lebih dari 65 tahun yang lalu.

“Dapat dianggap sebagai keberhasilan besar bagi kebun binatang kecil ini untuk menjadi bagian dari inisiatif global dan Eropa besar untuk melestarikan hewan yang terancam punah ini,” kata Vedad Skapur, dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Sarajevo.

Kera terkecil, owa, dulunya tersebar luas di sebagian besar Asia, tetapi jumlahnya telah sangat berkurang karena penggundulan hutan, perburuan dan perdagangan ilegal, menempatkan mereka pada daftar spesies hewan yang terancam punah.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/pair-endangered-gibbons-finds-home-sarajevo-zoo-75906488

Related Articles