Survei Pew menunjukkan sikap keras orang Amerika terhadap China

by admin

Jajak pendapat baru dari Pew Research Center menunjukkan sikap negatif yang kuat di antara orang Amerika terhadap China, dengan hampir sembilan dari 10 orang dewasa melihat negara itu sebagai pesaing atau musuh, bukan sebagai mitra.

BEIJING – Jajak pendapat baru dari Pew Research Center menunjukkan sikap negatif yang kuat di antara orang Amerika terhadap China, dengan hampir sembilan dari 10 orang dewasa melihat negara itu bermusuhan atau membahayakan kepentingan AS.

Perasaan negatif telah meningkat atas hak asasi manusia, gesekan ekonomi, sistem politik Partai Komunis China yang otoriter, dan persepsi bahwa China ingin menggantikan AS sebagai satu-satunya negara adidaya di dunia, menurut hasil survei yang dirilis Kamis.

Responden secara khusus mengutip tindakan China di Hong Kong, di mana Beijing dituduh menghancurkan kebebasan berbicara dan politik oposisi, dan di Xinjiang, di mana telah memberlakukan negara polisi dan menahan lebih dari 1 juta anggota Uighur dan kelompok minoritas Muslim lainnya.

Kekuatan militer China yang tumbuh, kecakapan teknologi, dan dugaan serangan dunia maya terhadap target AS juga disebut sebagai kekhawatiran. Dikatakan 64% responden menggambarkan hubungan ekonomi antar negara sebagai “agak atau sangat buruk.”

Responden juga mengatakan bahwa mereka kurang percaya pada kemampuan Presiden AS Joe Biden untuk menangani China dibandingkan dengan masalah kebijakan luar negeri lainnya seperti menangani ancaman teroris, perubahan iklim dan keputusan tentang penggunaan kekuatan.

Pejabat Tiongkok secara rutin mengaitkan persepsi negatif tentang Tiongkok dengan prasangka yang melekat, ketidaktahuan, atau kepentingan politik pribadi.

Pew mengatakan 89% orang Amerika “menganggap China sebagai pesaing atau musuh, bukan mitra.” Sebanyak 48% menjawab bahwa membatasi kekuatan dan pengaruh China adalah prioritas utama, naik dari hanya 32% yang merasa seperti itu pada 2018.

Pendapat dalam survei Pew diambil dari pengambilan sampel online acak dari 2.596 orang dewasa AS yang dilakukan dari 1 Februari hingga 7 Februari. Margin kesalahan diberikan sebagai 2,7 poin persentase.

Persepsi negatif tentang China sangat menonjol di antara responden yang diidentifikasi sebagai Republikan atau condong ke Republik, dengan 72% mengatakan lebih penting untuk menjadi lebih keras dengan Beijing daripada membangun hubungan ekonomi yang kuat, dibandingkan dengan 37% untuk Demokrat.

Lebih banyak lagi Partai Republik juga melihat China sebagai musuh dan ingin membatasi jumlah orang China yang belajar di AS, meskipun Partai Republik dan Demokrat pada dasarnya bersatu dalam dukungan mereka untuk mempromosikan hak asasi manusia di China dan dalam perasaan bahwa kebijakan hak asasi manusia China adalah “sangat serius. masalah untuk AS “

Mengenai masalah penanganan pandemi COVID-19, responden survei memberi AS dan China nilai yang kira-kira sama, dengan 43% mengatakan China telah melakukan pekerjaan dengan baik dan 42% mengatakan hal yang sama tentang AS.Namun, 58% mengatakan AS telah melakukannya. penanganan wabah yang buruk, sementara hanya 54% yang mengatakan China telah melakukan pekerjaan yang buruk.

Pew mengatakan hanya sedikit orang Amerika yang “menaruh banyak saham” pada Presiden China Xi Jinping.

“Hanya 15% yang memiliki kepercayaan pada Xi untuk melakukan hal yang benar terkait urusan dunia, sedangkan 82% tidak – termasuk 43% yang sama sekali tidak percaya padanya,” kata Pew dalam ringkasan temuannya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin pada hari Rabu mengatakan pemerintahan Trump dan “pasukan anti-China di AS” telah “sangat memfitnah dan mendiskreditkan China, dengan sengaja memprovokasi konfrontasi dan perpecahan, menyebarkan virus politik, dan secara serius meracuni opini publik kedua negara. “

“Kami berharap AS akan melihat hubungan China dan China-AS secara obyektif dan rasional, mengadopsi kebijakan yang rasional dan pragmatis terhadap China, bergerak ke arah yang sama dengan pihak China, melakukan sesuatu untuk meningkatkan rasa saling percaya dan kerja sama dengan China, dan membawa hubungan bilateral kembali ke jalur perkembangan yang sehat dan stabil, “kata Wang pada briefing harian.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/pew-survey-shows-hardening-american-attitudes-china-76251251

Related Articles