Swedia mengatakan menyelidiki serangan pisau dengan melihat kaitan teror

by admin

Pihak berwenang Swedia sedang menyelidiki apakah serangan pisau oleh seorang pria Afghanistan yang menikam tujuh pria dan menyebabkan tiga dari mereka dalam kondisi kritis tetapi stabil memiliki kaitan dengan terorisme.

STOCKHOLM – Pihak berwenang Swedia sedang menyelidiki pada Kamis apakah serangan pisau oleh seorang pria Afghanistan yang menikam tujuh pria dan menyebabkan tiga dari mereka dalam kondisi kritis tetapi stabil memiliki kaitan dengan terorisme.

Tersangka, yang tidak disebutkan dalam aturan kebijakan Swedia, sekarang menghadapi beberapa tuduhan percobaan pembunuhan.

“Ada juga informasi awal dalam penyidikan yang membuat polisi percaya bahwa mereka harus melihat terorisme sebagai motif,” kata Menteri Dalam Negeri Mikael Damberg kepada wartawan. “Tidaklah aneh bahwa ketika ada jenis kekejaman di Swedia yang hubungannya dengan terorisme juga sedang diselidiki.”

Baik Damberg maupun polisi tidak akan menjelaskan lebih lanjut tentang “informasi awal” itu untuk mendorong penyelidik menyelidiki kemungkinan kaitan terorisme.

“Mengenai motif pria itu, ini adalah sesuatu yang akan terus diselidiki,” kata penyelidik polisi, menambahkan bahwa badan keamanan domestik Swedia SAPO “terus berpartisipasi dalam penyelidikan.”

Tersangka yang ditangkap secara resmi pada hari Kamis, telah menunggu untuk melihat apakah dia akan diberi izin tinggal, tulis tabloid Swedia Aftonbladet mengutip Dewan Migrasi Swedia. Izin tinggal sebelumnya telah berakhir pada November, katanya. Dewan menolak untuk mengkonfirmasi laporan tersebut.

Kepala polisi regional Malena Grann mengatakan mereka berhubungan dengan badan polisi Eropa Europol dan negara lain. Tersangka ditembak di kaki dan sedang dirawat di rumah sakit, kata polisi, seraya menambahkan bahwa dia sudah menjalani pemeriksaan awal.

Korban lain dari serangan hari Rabu di kota kecil Vetlanda, 190 kilometer (118 mil) tenggara Goteborg, kota terbesar kedua Swedia, termasuk tiga orang yang terluka parah, dua lainnya menderita luka sedang dan satu yang hanya luka ringan. , kata petugas rumah sakit ..

Awalnya polisi mengatakan mereka telah menerima telepon tentang seorang pria yang menyerang orang dengan kapak tetapi kemudian mengubahnya menjadi pisau.

Polisi mengatakan ada lima TKP di Vetlanda, kota berpenduduk 13.000 jiwa. Semua korban adalah laki-laki dan polisi mengatakan masih belum jelas apakah mereka diserang secara acak atau ada hubungannya.

Tersangka diketahui polisi karena kejahatan kecil. Semalam, petugas menggerebek sebuah apartemen tempat dia menginap.

Penyiar Swedia SVT mengatakan bahwa pria itu pertama kali terdaftar sebagai penduduk di Swedia pada 2018, dan pindah ke Vetlanda pada April.

Walikota Vetlanda Henrik Tvarno mengatakan dia yakin penduduk kota berada dalam keadaan “shock” dan menyebut peristiwa tersebut sebagai “mimpi buruk.”

——

Olsen melaporkan dari Kopenhagen, Denmark.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/sweden-probe-knife-attack-terror-links-76251063

Related Articles