banner 728x250

Uni Eropa meminta Hongaria untuk tetap menyiarkan radio liberal

  • Bagikan
banner 468x60

Eksekutif Uni Eropa mendesak pemerintah Hongaria untuk mengizinkan stasiun radio berhaluan liberal untuk melanjutkan siaran setelah tidak mengudara pada hari Senin.

banner 336x280

BUDAPEST, Hongaria – Eksekutif Uni Eropa mendesak pemerintah Hongaria untuk mengizinkan stasiun radio yang condong ke liberal untuk melanjutkan siaran setelah tidak mengudara pada Senin menyusul penolakan oleh otoritas media untuk memperpanjang izin siarannya.

Selama konferensi pers online Komisi Eropa pada hari Senin, juru bicara Christian Wigand membenarkan bahwa Komisi telah mengirim surat kepada perwakilan permanen Hongaria di Brussel pada hari Jumat mengungkapkan keprihatinan atas Klubradio, penyiar komersial di ibu kota Budapest yang mengudara pada hari Senin. setelah pengadilan ibu kota mendukung keputusan Dewan Media Hongaria untuk tidak memperpanjang lisensinya.

Wigand mengatakan hilangnya frekuensi siaran stasiun telah terjadi “atas dasar dasar hukum yang sangat dipertanyakan,” dan bahwa Hongaria “harus menghormati piagam Uni Eropa tentang hak-hak dasar, termasuk hak atas kebebasan berekspresi, informasi dan kebebasan untuk melakukan bisnis.”

Komisi telah meminta Hongaria untuk mengambil tindakan segera untuk memastikan bahwa Klubradio dapat terus menggunakan frekuensinya sampai keputusan akhir menjadi mengikat secara hukum, kata Wigand, memperingatkan “kerusakan yang tidak dapat diperbaiki” pada stasiun itu.

Hongaria belum memberikan jawaban atas surat Komisi tersebut, tambahnya.

Hilangnya izin penyiaran Klubradio menghidupkan kembali perdebatan tentang kebebasan pers dan pengaruh politik yang terlalu besar di pasar media Hongaria. Stasiun itu adalah salah satu saluran radio terakhir di Hongaria yang secara teratur menampilkan politisi oposisi dan suara kritis lainnya selama program berita dan bincang-bincang, sesuatu yang menurut kritik pemerintah menyebabkan keputusan diskriminatif oleh pengadilan dan Dewan Media.

CEO dan direktur Klubradio Andras Arato menyebut putusan pengadilan minggu lalu “memalukan,” dan mengatakan kepada The Associated Press bahwa perusahaan berencana untuk mengajukan banding ke pengadilan tertinggi Hongaria, Curia.

“Kami adalah saksi dari putusan yang menyajikan sistem tak berujung pengecut, anti-demokrasi, dan tidak liberal. Bukan kejutan, tapi tetap menyedihkan, ”kata Arato.

Regulator media Hongaria – yang mengacu pada pelanggaran berulang terhadap hukum media oleh penyiar dalam menyangkal perpanjangan lisensinya – bersikeras bahwa mereka bertindak sesuai hukum, dan menolak tuduhan bias politik. Presiden Dewan Media, Monika Karas, mengatakan pekan lalu: “Dewan mengukur semua stasiun radio dengan standar yang sama, dan tidak menggunakan diskriminasi positif atau negatif dalam kasus Klubradio.”

Uni Eropa telah meluncurkan proses pelanggaran terhadap Hongaria atas apa yang dikatakannya sebagai pelanggaran aturan hukum dan nilai-nilai inti Uni Eropa lainnya, dan juru bicara Komisi pekan lalu mengatakan tindakan lebih lanjut dapat diambil terhadap negara tersebut jika Komisi menemukan bahwa Klubradio dibungkam secara tidak sah. .

“Salah satu fondasi demokrasi Eropa adalah kebebasan dan pluralisme media. Kami tidak akan ragu untuk mengambil langkah yang tepat jika memungkinkan dan perlu, “kata Wigand.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/european-commission-asks-hungary-liberal-radio-air-75903477

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan