Yunani: “Kelelahan penguncian” disalahkan karena memicu protes massa

by admin

Lusinan demonstrasi telah terjadi di Athena dan kota-kota Yunani lainnya selama sebulan terakhir menyusul berbagai tuduhan kebrutalan polisi dalam menegakkan jam malam dan tindakan penguncian ketat lainnya. Protes juga dipicu oleh keputusan baru-baru ini untuk meluncurkan patroli polisi di kampus-kampus universitas serta aksi mogok makan oleh kelompok militan yang dipenjara untuk menuntut pemindahan penjara.

Seringkali dihadiri oleh ribuan orang yang melanggar batasan kuncian, protes telah memicu bentrokan malam antara demonstran dan polisi.

Berbicara di parlemen, Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis mengklaim partai oposisi telah bertindak tidak bertanggung jawab dan mengabaikan seruannya untuk tenang.

Pejabat di pemerintahan kanan tengah telah menyatakan keprihatinan bahwa seringnya aksi unjuk rasa dapat meningkatkan penyebaran COVID-19.

Tingkat infeksi di Yunani baru-baru ini melebihi di Inggris dan Amerika Serikat, dan pada hari Kamis mencapai 20,2 per 100.000 penduduk sebagai rata-rata penggiliran tujuh hari.

Alexis Tsipras, mantan perdana menteri dan pemimpin oposisi sayap kiri saat ini, berpendapat bahwa penggunaan kebijakan tangan berat oleh pemerintah telah menjadi bumerang.

“Anda menyajikan kepada publik realitas palsu,” kata Tsipras kepada parlemen, Jumat. “Dan lebih buruk lagi, Anda memanfaatkan pandemi sebagai dalih untuk memberlakukan tindakan keras, membatasi hak dan kebebasan demokratis, dan memajukan agenda yang merusak kepentingan publik.”

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/greece-lockdown-fatigue-blamed-fueling-mass-protests-76413717

Related Articles