Academic Writing; Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dalam Bahasa Inggris

  • Bagikan
zoom-uin.jpg

UIN STS JAMBI (SR28)- Pentingnya kemampuan Bahasa inggris baik menulis maupun berbicara adalah suatu tuntutan di dunia akademik. Pusat Kajian Kurikulum, Pengembangan Pengajaran dan Pembelajaran mengadakan kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa dalam kemampuan Bahasa inggris, khususnya kemampuan menulis dalam Bahasa inggris.  Pada Jumat, 17 Juni 2022, Puska Kurikulum berkolaborasi dengan Komunitas Menulis Integrasi Kreatif (KOMIK) membuat kegiatan bertajuk “Scientific Writing Training” dengan tema “Learning how to write in English Effectively.

Narasumber Kegiatan tersebut yaitu Ibu Suci Fitriani, M.Sc.Ed yang merupakan Dosen Manajemen Pendidikan Islam juga alumni dari Central Luzon State University, Philipine. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari beberapa Prodi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi juga ada dosen dan mahasiswa dari Universitas lainnya. Kegiatan berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan Zoom meeting.

                Kegiatan pelatihan ini diawali dengan sambutan pembuka dari Ketua Pusat Kajian Kurikulum, Dr. Muhamad Taridi, M.Pd, “saya menyambut baik terlaksananya kegiatan academic writing seperti ini, karena dengan adanya kegiatan sejenis ini, dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan menulisnya, terutama menulis karya ilmiah sebagai tugas akhir untuk menyelesaikan strata pendidikannya.” Selanjutkan ditambahkan oleh Pemateri pada kegiatan ini bahwa pentingnya untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam Bahasa inggris adalah hal  crucial yang perlu dimiliki mahasiswa, sehingga dalam menyelesaikan tugas akhir, terutama dalam hal penulisan abstrak juga artikel penelitian, mahasiswa tidak merasa kesulitan.

zoom-uin-400x225.jpg

Peserta pada kegiatan ini dikenalkan dengan pentingnya kemampuan berbahasa inggris, bahwa skill dalam Bahasa inggris sangat berguna baik dalam dunia akademik maupun dunia kerja di masa mendatang. Pemateri juga menyampikan bentuk-bentuk kesalahan umum yang sering terjadi ketika menulis dalam Bahasa inggris, baik dari penggunaa grammar, tenses, dan tanda baca. Selanjutnya,  dalam kegiatan pelatihan ini pemateri juga memaparkan  beberapa tips atau strategi dalam menulis karya ilmiah dalam Bahasa inggris yang baik dan benar. Sebagaimana tajuk dari kegiatan ini sendiri adalah “Learning how to write in English effectively”, peserta diajarkan pengguanaan tenses, grammar dan punctuation yang baik dan benar dalam menulis menggunakan Bahasa Inggris.

zoom-juga-400x225.jpg

Kegiatan ini diharapkan mampu memberi pandangan kepada mahasiswa bahwa Bahasa inggris beserta grammar-nya bukanlah hal yang menakutkan untuk dipelajari. Selain itu, setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, mahasiswa dapat menulis menggunakan Bahasa inggris dengan tepat guna sehingga maksud yang akan disampaikan dapat tersampaikan dengan benar. Selanjutnya, perlu diadakan kegiatan pelatihan penulisan menggunakan Bahasa inggris yang berkelanjutan dan konsisten untuk kedepannya, juga mengundang pemateri-pemateri yang terlatih dan kompeten.

Penulis : Suci Fitriani

  • Bagikan