banner 728x250

Bangladesh mengirim lebih banyak pengungsi Rohingya ke pulau baru

  • Bagikan
banner 468x60

Pihak berwenang Bangladesh telah mengirim kelompok keempat pengungsi Rohingya dari Myanmar ke pulau yang baru dikembangkan di Teluk Benggala meskipun ada seruan dari kelompok hak asasi manusia untuk menghentikan proses tersebut.

banner 336x280

Sekitar 2.000 orang Rohingya yang telah tinggal di kamp-kamp pengungsi Cox’s Bazar yang luas dikirim ke Bhasan Char, sebuah pulau yang secara khusus dikembangkan untuk menampung 100.000 dari 1 juta orang Rohingya yang telah melarikan diri dari negara tetangga Myanmar, M. Mozammel Haque, seorang komandan Angkatan Laut Bangladesh, kata wartawan.

Pemerintah mengatakan pengaturan itu baik untuk para pengungsi dan pulau itu dirancang untuk menawarkan kondisi kehidupan yang lebih baik. Sementara kelompok hak asasi manusia mengkritik tindakan tersebut dan beberapa dipaksa untuk melawan keinginan mereka, pemerintah bersikeras bahwa pengungsi yang pindah ke pulau itu telah melakukannya secara sukarela.

Lebih dari 1 juta Rohingya telah melarikan diri dari gelombang penganiayaan kekerasan di negara asalnya Myanmar dan saat ini tinggal di kamp pengungsian yang penuh sesak dan jorok di distrik Cox’s Bazar.

Bangladesh telah mengatakan bahwa pada akhirnya terserah Myanmar untuk menerima para pengungsi kembali dan telah meminta komunitas internasional untuk menekan pemerintah Myanmar untuk memastikan mereka kembali dengan selamat.

Relokasi terbaru menyusul kudeta 1 Februari di Myanmar yang membuat militer kembali memegang kendali. Para pengungsi yang tinggal di kamp-kamp Bangladesh mengatakan bahwa mereka sekarang lebih takut untuk kembali ke Myanmar.

Pulau itu muncul hanya 20 tahun yang lalu dan sebelumnya tidak dihuni. Itu secara teratur terendam oleh hujan monsun tetapi sekarang memiliki tanggul pelindung banjir, rumah, rumah sakit dan masjid yang dibangun dengan biaya lebih dari $ 112 juta oleh angkatan laut Bangladesh.

Badan bantuan internasional telah menentang relokasi sejak pertama kali diusulkan pada tahun 2015, mengungkapkan ketakutan bahwa badai besar dapat membanjiri pulau itu dan membahayakan ribuan nyawa. Namun pemerintah mengatakan skema pembangunan baru di pulau itu telah membuat pulau itu aman untuk ditinggali.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/bangladesh-sends-rohingya-refugees-island-75901554

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan