Bom Afghanistan menewaskan sedikitnya 8 orang; PBB mengecam tingginya kematian warga sipil

  • Bagikan

Para pejabat Afghanistan mengatakan sebuah bom mobil yang kuat menewaskan sedikitnya delapan orang dan melukai 47 lainnya di provinsi Herat barat

KABUL, Afghanistan – Sebuah bom mobil yang kuat menewaskan sedikitnya delapan orang dan melukai 47 lainnya di provinsi Herat barat Afghanistan, kata para pejabat Sabtu. Beberapa jam kemudian, PBB mengutuk peningkatan serangan yang “mengkhawatirkan” di negara yang menargetkan warga sipil.

Korban tewas dalam ledakan Jumat malam yang juga menghancurkan 14 rumah diperkirakan akan bertambah karena beberapa yang terluka dalam keadaan kritis, kata Rafiq Sherzai, juru bicara rumah sakit provinsi.

Satu di antara yang tewas dan 11 yang terluka adalah personel Pasukan Keamanan Afghanistan, sedangkan sisanya adalah warga sipil, termasuk wanita dan anak-anak, kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Tariq Arian.

Tidak ada yang langsung mengaku bertanggung jawab.

Dalam beberapa jam setelah serangan itu, Dewan Keamanan PBB pada jumpa pers di New York mengutuk peningkatan serangan yang “mengkhawatirkan” di Afghanistan yang menargetkan warga sipil bahkan ketika Taliban dan pemerintah Afghanistan mengadakan pembicaraan tegang lagi di Qatar.

“Serangan keji ini telah menargetkan pegawai sipil, pengadilan, media, pekerja kesehatan dan kemanusiaan, termasuk wanita di posisi penting, mereka yang melindungi dan mempromosikan hak asasi manusia, dan etnis dan agama minoritas,” kata dewan itu.

Kelompok Negara Islam telah mengklaim bertanggung jawab atas banyak pembunuhan yang ditargetkan, sementara Taliban dan pemerintah saling menyalahkan karena mencoba menyabot upaya untuk mencapai kesepakatan damai.

Lambatnya pembicaraan dan meningkatnya kekerasan telah mendorong Amerika Serikat untuk menyusun proposal perdamaian, yang disampaikan akhir pekan lalu. Kedua belah pihak diharapkan untuk meninjau dan merevisi rencana delapan halaman menjelang pertemuan jangka panjang yang diusulkan AS untuk diadakan di Turki dalam beberapa minggu, ketika Washington berharap untuk melihat kesepakatan.

Sementara itu AS sedang meninjau kesepakatan damai yang ditandatangani pemerintahan Trump dengan Taliban, yang menyerukan penarikan akhir dari 2.500 tentara AS yang tersisa dari Afghanistan pada 1 Mei.

Konsensus yang berkembang adalah untuk penundaan tetapi dalam sebuah surat tegas kepada Presiden Afghanistan Ashraf Ghani akhir pekan lalu yang mendesak untuk kemajuan dalam berdamai dengan Taliban, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan semua opsi, termasuk penarikan, masih di atas meja.

Dewan Keamanan PBB juga menyerukan “partisipasi penuh, setara dan bermakna dari perempuan,” dan langkah cepat menuju pengurangan kekerasan.

—————

Penulis Associated Press Edith M. Lederer di Perserikatan Bangsa-Bangsa berkontribusi untuk laporan ini.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/afghan-bomb-kills-slams-high-civilian-deaths-76430157

  • Bagikan