Ekonomi Jerman tumbuh 0,3% pada kuartal ke-4, lebih baik dari perkiraan

  • Bagikan
WireAP_9e475439c35d4f2bae75a2b016d22409_16x9_992.jpg

Statistik resmi menunjukkan bahwa ekonomi Jerman tumbuh 0,3% pada kuartal keempat tahun lalu dibandingkan dengan periode tiga bulan sebelumnya – kinerja yang lebih baik dari perkiraan pertama.

BERLIN – Ekonomi Jerman tumbuh 0,3% pada kuartal keempat tahun lalu dibandingkan dengan periode tiga bulan sebelumnya, data resmi menunjukkan Rabu – kinerja yang lebih baik dari perkiraan pertama.

Kantor Statistik Federal telah melaporkan pada akhir Januari bahwa produk domestik bruto naik tipis 0,1% pada periode Oktober-Desember.

Revisi hari Rabu berarti bahwa penurunan keseluruhan PDB tahun lalu sedikit kurang tajam dari yang dilaporkan semula – 4,9% daripada 5%. Penurunan itu mengakhiri satu dekade pertumbuhan dan merupakan penurunan terbesar sejak krisis keuangan tahun 2009.

Ekonomi Jerman berkinerja lebih baik daripada beberapa lainnya di 19 negara zona euro karena didukung oleh manufaktur, yang kurang terpukul daripada layanan selama pandemi.

Tetap saja, pandemi virus korona telah melanda keuangan Jerman. Setelah bertahun-tahun dalam kegelapan, pemerintah terpaksa menambah utang baru untuk membantu menutupi biaya paket dukungan yang sangat besar bagi para pekerja dan perkiraan penurunan pendapatan pajak.

Kantor statistik mengatakan Jerman mengalami defisit anggaran tahun lalu sebesar 4,2% dari PDB – lebih tinggi dari 3% yang biasanya diperbolehkan di bawah aturan zona euro.

Pada hari Senin, siswa sekolah dasar di lebih dari setengah dari 16 negara bagian Jerman kembali ke sekolah setelah lebih dari dua bulan di rumah, relaksasi besar pertama dari langkah-langkah pandemi negara sejak mereka diperketat sesaat sebelum Natal.

Penata rambut akan dibuka kembali secara nasional pada 1 Maret, tetapi tidak jelas kapan langkah lebih lanjut untuk bersantai akan diizinkan. Industri tidak terpengaruh secara langsung oleh tindakan tersebut.

Jerman telah melihat tingkat infeksinya menurun secara signifikan selama dua bulan terakhir, tetapi kemajuannya tampaknya terhenti dalam beberapa hari terakhir di tengah kekhawatiran tentang dampak varian virus yang lebih menular. Negara ini telah menyaksikan lebih dari 68.000 kematian akibat virus yang dikonfirmasi sejak pandemi dimulai.

“Sektor konstruksi, aktivitas industri dan permintaan luar negeri membantu menghentikan ekonomi Jerman dari kontraksi selama penutupan kedua,” kata ekonom ING Carsten Brzeski dalam sebuah catatan penelitian.

Tapi dia menunjuk risiko untuk kuartal saat ini dari dampak yang lebih besar dari penguncian, musim yang sangat dingin bulan ini dan permintaan asing yang lebih lemah, termasuk kemungkinan pembalikan “penimbunan sebelum Brexit” di Inggris.

“Pendorong pertumbuhan pada kuartal keempat dapat dengan mudah menjadi penghambat pada kuartal pertama,” katanya.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/german-economy-grew-03-q4-thought-76081808

  • Bagikan