Gibran Uji Coba Makan Siang Gratis Di Sekolah, Ini Isi Lauknya

  • Bagikan
Foto: (Rishad/Pojokbogor)

BOGOR (SR28) – Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, menguji coba Program Makan Bergizi Gratis di SDN Sentul 03 dan 02, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Selasa (23/7/2024). Dalam kunjungannya, Gibran memastikan bahwa program ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Gibran menjelaskan bahwa satu porsi makanan seharga Rp14.900 sudah termasuk nasi, ayam, sayur, buah-buahan, dan susu. Ia juga membantah adanya isu pemotongan anggaran menjadi Rp7.500 per porsi.

“Menu ini costnya Rp14.900 sudah termasuk nasi, ayam, sayur, buah-buahan sama susu. Sekaligus mengklarifikasi bahwa anggaran dipotong sampai Rp7.500 itu tidak benar,” tegas Gibran.

Program ini akan terus diuji coba hingga Oktober 2024, menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Selama masa uji coba, pelaksanaan makan siang bergizi ini akan dilakukan dengan berbagai skema hingga ditemukan metode yang paling efektif.

Berbagai skema yang dicoba termasuk memanfaatkan UMKM, warung-warung kecil, warteg, hingga catering kecil untuk pengadaan makanannya.

“Kalau ada yang kurang, ada yang perlu dievaluasi, segera kita blowup, kita sampai bulan Oktober akan mencoba berbagai skema,” kata Gibran.

Gibran menekankan pentingnya alokasi anggaran yang memadai untuk memastikan gizi yang baik bagi para penerus bangsa. Meski menu dapat berbeda-beda, anggaran per porsi tidak akan dikurangi hingga Rp7.500.

“Untuk memenuhi gizi para penerus bangsa ini, pemerintah tidak boleh pelit anggaran,” ujar Gibran.

Gibran tiba di lokasi pada pukul 09.00 WIB dan disambut hangat oleh para pelajar dan masyarakat yang antusias meminta berswafoto bersama Wakil Presiden terpilih tersebut.*

  • Bagikan