Hong Kong menghabiskan $ 15,4 miliar untuk menstabilkan ekonomi yang dilanda virus

by admin

Hong Kong akan memperkenalkan langkah-langkah bantuan pandemi senilai $ 15,4 miliar untuk membantu bisnis dan penduduk karena kota tersebut mengantisipasi pertumbuhan ekonomi akhir tahun ini.

Langkah-langkah tersebut – yang mencakup keringanan pajak, pinjaman bagi pengangguran dan kupon konsumsi – ditujukan untuk menstabilkan ekonomi, Menteri Keuangan Hong Kong Paul Chan mengatakan dalam pidato anggaran Rabu. Dia memperkirakan ekonomi akan tumbuh 3,5% menjadi 5,5% tahun ini, dibandingkan dengan kontraksi ekonomi 6,1% pada 2020.

Anggaran untuk tahun 2021 “bertujuan untuk meringankan kesulitan dan tekanan yang disebabkan oleh kemerosotan ekonomi dan epidemi,” kata Chan.

Penduduk yang menganggur bisa mendapatkan pinjaman yang dibatasi hingga 80.000 dolar Hong Kong ($ 10.300) dalam program yang menunda pembayaran untuk tahun pertama dan mengenakan bunga 1%. Langkah-langkah tersebut diambil setelah Hong Kong pekan lalu melaporkan tingkat pengangguran 7% antara November dan Januari, tertinggi sejak April 2004.

Voucher senilai 5.000 dolar Hong Kong ($ 645) juga akan diberikan dengan cara mencicil kepada penduduk untuk meningkatkan konsumsi. Bisnis dan individu juga akan menerima keringanan pajak.

Chan mengatakan bahwa defisit fiskal Hong Kong berada pada rekor tertinggi, setelah pemerintah tahun lalu menghabiskan 300 miliar dolar Hong Kong ($ 38,7 miliar) untuk tindakan pendukung, termasuk pemberian uang tunai kepada penduduk, keringanan pajak, dan subsidi gaji untuk bisnis.

Untuk membantu mengisi kembali pundi-pundi pajak yang terkuras oleh pengeluaran ekstra dan ekonomi yang lemah, pemerintah akan menaikkan pajak materai pada perdagangan saham menjadi 0,13% dari 0,1% pada 1 Agustus, kata Chan.

Hal itu menyebabkan saham perusahaan yang mengoperasikan bursa lokal, Hong Kong Exchanges & Clearing Ltd., turun sebanyak 12,4% pada Rabu. Indeks acuan Hang Seng turun 3% menjadi 29.718,24.

Chan mengatakan Hong Kong, sebuah wilayah semi-otonom China, akan mendapatkan keuntungan dari ekonomi China daratan yang “secara fundamental sehat”, meskipun ada ketidakpastian dari epidemi dan dalam hubungan AS-China.

“Dalam jangka menengah, Hong Kong akan terus mendapatkan keuntungan dari pembangunan yang sedang berlangsung di daratan dan pergeseran gravitasi ekonomi global dari Barat ke Timur,” kata Chan.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/hong-kong-spend-154b-stabilize-virus-ravaged-economy-76080566

Related Articles