Indonesia menekan upaya regional untuk menyelesaikan krisis Myanmar

  • Bagikan

BANGKOK – Upaya diplomatik regional untuk menyelesaikan krisis politik Myanmar meningkat pada Rabu, sementara protes terus berlanjut di Yangon dan kota-kota lain yang menyerukan agar pembuat kudeta negara itu mundur dan mengembalikan pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi ke tampuk kekuasaan.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengunjungi ibu kota Thailand, Bangkok, dan mengadakan pembicaraan tiga arah dengan mitranya dari Thailand Don Pramudwinai dan menteri luar negeri baru Myanmar, pensiunan kolonel militer Wunna Maung Lwin, yang juga melakukan perjalanan ke Thailand. Pertemuan tersebut merupakan bagian dari upayanya untuk mengoordinasikan tanggapan regional terhadap krisis yang dipicu oleh kudeta militer Myanmar pada 1 Februari.

Dalam jumpa pers virtual setelah kembali ke Indonesia, Marsudi mengungkapkan keprihatinan negaranya tentang situasi di Myanmar.

“Kami meminta semua pihak untuk menahan diri dan tidak menggunakan kekerasan … untuk menghindari korban jiwa dan pertumpahan darah,” katanya, menekankan perlunya dialog, rekonsiliasi dan pembangunan kepercayaan.

Setelah kudeta, kelompok itu, yang disebut Komite Mewakili Pyidaungsu Hluttaw, nama gabungan parlemen, mengumumkan akan mengumpulkan badan tersebut dalam sesi online dan meminta PBB dan negara-negara asing untuk memperlakukannya sebagai pemerintah sah Myanmar. Ini telah menerima dukungan yang meningkat dari gerakan protes Myanmar, tetapi sedikit jika ada dukungan asing. Pengakuan Indonesia bahwa kelompok tersebut memiliki peran untuk dimainkan dapat membuka jalan untuk negosiasi antara junta yang berkuasa di Myanmar dan lawan-lawannya.

Marsudi menggambarkan komunikasinya dengan komite sebagai “intensif.”

Indonesia dan sesama anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara sedang berusaha untuk mempromosikan beberapa konsesi oleh militer Myanmar yang dapat meredakan ketegangan sebelum terjadi lebih banyak kekerasan. Kelompok regional, di mana Thailand dan Myanmar juga termasuk, percaya dialog dengan para jenderal adalah metode yang lebih efektif untuk mencapai konsesi daripada metode yang lebih konfrontatif, seperti sanksi, yang sering dianjurkan oleh negara-negara Barat.

Penentangan terhadap kudeta di Myanmar berlanjut Rabu, dengan kebuntuan yang menegangkan di kota terbesar kedua negara itu, Mandalay, di mana polisi yang memegang perisai anti huru hara dan senapan menggendong memblokir jalur sekitar 3.000 guru dan siswa.

Setelah sekitar dua jam, di mana para demonstran memainkan lagu-lagu protes dan mendengarkan pidato-pidato yang mengutuk kudeta, kerumunan itu menjauh.

Pada hari Sabtu, polisi dan tentara menembak mati dua orang di Mandalay saat membubarkan pemogokan oleh pekerja dermaga. Awal pekan ini, mereka dengan kasar membubarkan rapat umum di depan cabang bank negara dengan tongkat dan ketapel.

Juga pada hari Rabu, sekitar 150 orang dari kelompok Kristen berkumpul di Yangon, kota terbesar Myanmar, untuk menyerukan pemulihan demokrasi dan pembebasan Suu Kyi dan para pemimpin sipil lainnya yang ditahan sejak kudeta.

Tekanan internasional terhadap pengambilalihan juga terus berlanjut, dengan lebih dari 130 kelompok masyarakat sipil mengeluarkan surat terbuka kepada Dewan Keamanan PBB yang menyerukan embargo senjata global terhadap Myanmar.

Surat yang dirilis Rabu mengutip kekhawatiran tentang warga Myanmar yang dirampas dari pemerintah yang dipilih secara demokratis dan pelanggaran hak asasi manusia yang sedang berlangsung oleh militer dengan sejarah pelanggaran besar.

“Setiap penjualan atau pemindahan peralatan terkait militer ke Myanmar dapat menjadi sarana untuk lebih menekan rakyat Myanmar yang melanggar hukum kemanusiaan dan hak asasi manusia internasional,” kata surat itu.

Selain embargo senjata besar-besaran, dikatakan bahwa setiap tindakan Dewan Keamanan harus memastikan ada “mekanisme pemantauan dan penegakan yang kuat.”

Ada embargo senjata di masa lalu di Myanmar selama periode pemerintahan militer tetapi tidak secara global. China dan Rusia, keduanya anggota Dewan Keamanan, termasuk di antara pemasok senjata utama ke Myanmar, dan hampir pasti akan memveto setiap upaya PBB untuk memberlakukan embargo senjata terkoordinasi.

Upaya Indonesia untuk bekerja sama dengan anggota ASEAN lainnya untuk menyelesaikan krisis Myanmar sempat tersendat.

Ada pula kecaman bahwa Menteri Luar Negeri Marsudi berniat terbang ke ibu kota Myanmar, Naypyitaw, pekan ini.

Marsudi mengakui pada hari Rabu bahwa ia berencana mengunjungi Naypitaw setelah Bangkok untuk menyampaikan secara langsung posisi Indonesia dan harapan masyarakat internasional.

Namun, rencana kunjungan itu terpaksa ditunda, katanya. “Penundaan ini… tidak menyurutkan niat untuk menjalin komunikasi dengan semua pihak di Myanmar, sekali lagi, dengan semua pihak di Myanmar, termasuk dengan militer Myanmar dan Komite Mewakili Pyidaungsu Hluttaw.”

——-

Penulis Associated Press Niniek Karmini di Jakarta, Indonesia, berkontribusi untuk laporan ini.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/indonesia-presses-regional-effort-resolve-myanmar-crisis-76081908

  • Bagikan