Jaringan Fiber Optic Jakarta-Singapura Terputus, Internet Terganggu

  • Bagikan
ilustrasi-jaringan-internet-lemot_169.jpeg

Jakarta

Pada siang hari, pengguna internet di Indonesia kesulitan mengakses beberapa situs asing. Ternyata hal ini disebabkan jaringan kabel serat optik Jakarta-Singapura terputus.

Gangguan koneksi ini juga dirasakan detikINET yang menggunakan koneksi dari MyRepublic dan Smartfren sejak pagi tadi, Jumat (19/2/2021). Koneksi ke sejumlah situs seperti Twitter dan beberapa situs luar negeri lainnya terganggu.

Dari hasil pengujian Speedtest.net, gangguan terlihat dari penurunan kecepatan dan peningkatan nomor ping yang jauh lebih besar dibandingkan pengujian ke server di Indonesia.

Tes kecepatan Hasil tes kecepatan menggunakan Speedtest Photo: Screenshot / detikINET

Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza mengatakan sistem kabel yang terkena dampak adalah sistem Jakarta-Bangka-Bintan-Singapura (B2JS) milik PT Ketrosden Triasmitra. Kabel yang terputus berada di ruas Ancol-Bangka dan jaringan sedang dalam pemulihan.

“Tapi sekarang penyelenggara sudah dialihkan ke jalur kabel lain,” kata Jamalul saat dihubungi detikINET, Jumat (19/2/2021).

Akibat terputusnya jaringan serat optik, hampir semua lalu lintas internasional mengalami gangguan. Dampaknya juga cukup luas karena sebagian besar operator telekomunikasi menggunakan sistem kabel ini.

Saat ini, Jamalul mengaku masih belum mengetahui penyebab putusnya kabel serat optik tersebut. Ia juga masih belum tahu kapan jaringan ini akan pulih sepenuhnya.

“Saya belum bisa update estimasi versi terbaru,” pungkasnya.

Seperti diketahui, sistem kabel serat optik B2JS Triasmitra menggunakan jaringan darat dan bawah air sepanjang 1.070 km. Jaringan ini memiliki kapasitas hingga 380 Gbps.

Menonton video “Ajari Anak Cerdas Berinternet dan Berbagi di Media Sosial
[Gambas:Video 20detik]

(vmp / fay)

Sumber : https://inet.detik.com/telecommunication/d-5385866/jaringan-fiber-optik-jakarta-singapura-putus-internet-terganggu?tag_from=wp_cb_mostPopular_list

  • Bagikan