Mak Ganjar Berikan Penyuluhan Pola Hidup Sehat Untuk Para Lansia

  • Bagikan
Mak Ganjar Berikan Penyuluhan Pola Hidup Sehat Untuk Para Lansia
Mak Ganjar Berikan Penyuluhan Pola Hidup Sehat Untuk Para Lansia

JAMBI (SR28) – Proposi penduduk lanjut usia (lansia) yang semakin banyak membutuhkan perhatian dan perlakuan khusus dalam pelaksanaan pembangunan. Untuk itu, relawan yang tergabung dalam Mak Ganjar mengadakan kegiatan Senam Sehat Bersama Lansia dan Pemeriksaan Kesehatan di Wisata Danau Sipin, Kota Jambi, Sabtu (21/1/2023).

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Provinsi Jambi Maria Sebastiana menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung para lansia untuk peduli terhadap kesehatan dan tetap produktif membangun komunitas positif antar sesama lansia.

“Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial lanjut usia, kegiatan ini merupakan sarana silaturahmi dan mengoptimalkan fungsi fisik agar lansia senantiasa hidup sehat jauh dari penyakit. Selain itu, kami juga mengadakan pemeriksaan kesehatan meliputi tensi darah, gula darah, asam urat dan kolesterol,” buka Maria.

Berdasarkan UU Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas. Keberhasilan pembangunan ditentukan berbagai bidang, salah satunya kesehatan yang menyebabkan terjadinya peningkatan Usia Harapan Hidup (UHH) penduduk dunia termasuk Indonesia.

Namun, di balik keberhasilan peningkatan UHH terselip tantangan yang harus diwaspadai, yaitu ke depannya Indonesia akan menghadapi beban tiga (triple burden), yaitu di samping meningkatnya angka kelahiran dan beban penyakit (menular dan tidak menular), juga akan terjadi peningkatan Angka Beban Tanggungan penduduk kelompok usia produktif terhadap kelompok usia tidak produktif.

“Memasuki lansia ini sebetulnya sudsh rentan terhadap resiko penyakit. Maka, dengan semakin banyaknya jumlah lansia mulai dari sekarang kami sudah mulai mempersiapkan program kesehatan yang ditujukkanya kepada lansia. Ini wujud kepedulian kami dari Mak Ganjar untuk para ‘oma-oma’, ya,” lanjut Maria.

Dengan adanya kegiatan penyuluhan tersebut, Maria berharap mampu berkontribusi dalam memperbaiki kualitas taraf kesehatan hidup dari para lansia. Maria berkomitmen kedepannya Mak Ganjar Jambi akan terus mengadakan kegiatan secara komprehensif dalam meningkatkan kesejahteraan sosial maupun kesehatan dari para lansia di Jambi.

“Kegiatan tersebut membuka mata kami bahwa melalui relawan Mak Ganjar kita bisa tahu persoalan yang dihadapi dan juga apa yang harus kami lakukan. Kami berharap bisa terus membantu mereka para lansia yang membutuhkan dengan kegiatan yang kami lakukan,” kata Maria.

“Contohnya mungkin pemeriksaan kesehatan rutin, terapi dan kegiatan sosialisasi lainnya sebagai wujud kontribusi kami terutama sebagai fungsi kepanjangan tangan dari Pak Ganjar Pranowo,” tambahnya.

Kegiatan Senam Sehat Bersama Lansia dan Pemeriksaan Kesehatan merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan Mak Ganjar di Provinsi Jambi. Selain kegiatan tersebut, Mak Ganjar juga turut serta membagikan paket cendramata dan obat-obatan kepada para lansia. (Sidik)

  • Bagikan