Ganjar Milenial Gelar Try Out Latihan soal Tes Seleksi CPNS di Jambi

  • Bagikan
Try out dihelat pada Sabtu (5/8/2023) di Rumah Guna Milenial

JAMBI (SR28) – Pemerintah akan segera membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Ujian seleksi CPNS pun terkonfirmasi segera dibuka pada September 2023 mendatang.

Menyambut hal tersebut, sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) Jambi mengadakan try out latihan soal ujian seleksi CPNS untuk anak-anak muda dan milenial di Kota Jambi.

Try out dihelat pada Sabtu (5/8/2023) di Rumah Guna Milenial yang berada di Kelurahan Beliung, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Provinsi Jambi.

Pengurus GMC Jambi, Al Pansya Wijaya menjelaskan, try out tersebut diikuti puluhan anak muda dan milenial di Kota Jambi yang tahun ini berencana mengikuti tes CPNS.

Try out yang digelar loyalis Ganjar Pranowo ini adalah soal seleksi kompetensi dasar (SKD) yang meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes inteligensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP)

“Banyak (yang diajarkan), mulai dari pengetahuan faktor-faktor penyebab kegagalan dari tes CPNS, tips-tips, dan materi lainnya seperti TKP, TIU, dan TWK. Itu sangat penting untuk teman-teman sebagai gambaran ke depannya,” ujar Pansya.

GMC Jambi menggandeng salah satu lembaga bimbingan belajar (bimbel) yang ada di Kota Jambi. Selain latihan soal, para peserta juga diedukasi perihal bagaimana teknis tes, aturan-aturan yang berlaku, hingga poin-poin dari masing-masing tes.

Setelah peserta menjawab soal yang diberikan, mentor yang telah disiapkan GMC akan mengoreksi sekaligus membahas satu persatu pertanyaan dan alasan jawaban yang benar tersebut.

Diharapkan, kegiatan ini bisa membuat para peserta lebih dan siap dalam menjawab semua soal saat tes CPNS nantinya berlangsung.

“Harapan saya besar, teman-teman mendapatkan manfaat yang luar biasa besar, bisa terbantu dengan GMC mengadakan kegiatan ini, secara suport akademis dan lainnya,” harap Pansya.

Antusiasme Anak Muda Pejuang PNS

Lebih lanjut, Pansya mengaku kagum dengan antusiasme anak-anak muda untuk mengikuti tes tersebut. “Antusiasnya sangat luar biasa aktif, tadi banyak yang bertanya, aktif dalam bedah soal,” sebutnya.

Relawan GMC Jambi pun disebutnya akan terus menggelar kegiatan yang bertujuan mengasah kemampuan anak muda dan milenial di Jambi.

“Ke depannya mungkin kegiatan yang mengarah ke soft skill. Salah satu contohnya seperti membatik, pelatihan fotografi, dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu peserta yang ikut dalam try out ini, Poppy Sukma Pitaloka (25) mengapresiasi kegiatan dari GMC Jambi. Menurutnya, try out tersebut sangat berguna bagi pejuang PNS sepertinya.

“Kegiatan ini sangat positif, terutama bagi kami yang pejuang pegawai negeri. Di sini membantu kami mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi. Dari yang tidak tahu menjadi tahu,” kata Poppy.

Dia berharap agar try out serupa bisa diadakan kembali oleh GMC Jambi secara berkala agar dirinya bisa semangat dalam belajar.

“Tadi kan ada beberapa soal yang mengecoh, jadi biar kita tidak terkecoh oleh soal-soal yang menurut kita gampang, tapi ternyata itu yang membuat nilai kita itu kurang,” ungkap Poppy. (sdk)

  • Bagikan