Mak Ganjar Gelar Penyuluhan Pertanian di Muaro Jambi

  • Bagikan

MUARO JAMBI (SR28) – Sukarelawan Mak Ganjar Jambi melanjutkan kegiatan positif dan menebar manfaat kepada masyarakat, khususnya kalangan ibu-ibu.

Teranyar, mereka mengadakan kegiatan berupa penyuluhan pertanian yang menyasar warga di Desa Kebon Kolem, Kelurahan Tangkit Jaya, Kecamatan, Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Senin (19/6).

Korwil Mak Ganjar Jambi Maria Sebastiana mengatakan dalam penyuluhan yang diadakan pada salah satu rumah warga itu, mereka menghadirkan pemateri yang memang ahli dalam pertanian.

“Kami bekerja sama dengan Penyuluh Pertanian Lapangan Provinsi Jambi. Dalam kegiatan itu kami memberikan edukasi cara menghasilkan produksi yang melimpah pada pertanian sayur,” ujar dia dalam siaran persnya.

Dia mengatakan kegiatan itu sengaja dilakukan karena mayoritas warga di lokasi bekerja sebagai petani sayuran.

Dalam penyuluhan itu, warga diberikan pemahaman soal penggunaan pupuk organik untuk bertani.

Pupuk organik berbahan dasar organik seperti sisa tumbuhan atau kotoran hewan yang didekomposisi (teknik kompos).

“Sedangkan pupuk anorganik atau biasa disebut pupuk kimia ini berasal dari bahan anorganik dengan kandungan hara atau mineral tertentu,” beber dia.

Dalam diskusi itu, warga pun menyampaikan aspirasi agar apabila sosok Ganjar Pranowo terpilih menjadi Presiden Indonesia periode 2024-2029 bisa lebih memerhatikan kesejahteraan petani.

“Semoga Ganjar Pranowo ketika menjadi presiden nanti bisa membantu para petani, bisa menyejahterakan para petani-petani kecil,” harap Maria.

Selain mengadakan penyuluhan serta diskusi singkat, Mak Ganjar juga mendorong agar terbentuknya kelompok tani di Desa Kebon Kolem.

“Tujuannya agar bisa membantu para petani menjalin kerja sama atau kemitraan usaha dengan pemasok-pemasok kebutuhan pasar,” kata dia.

Selain itu, hal tersebut dapat mengembangkan penyediaan kebutuhan-kebutuhan pasar produk pertanian.

“Kemudian mengembangkan kemampuan memasarkan produk-produk hasil pertanian,” kata dia.

Marpuah, salah satu warga yang ikut dalam penyuluhan menyampaikan terima kasih kepada Mak Ganjar.

“Kami para warga berharap semoga Pak Ganjar dapat membantu dan merealisasikan pendapat-pendapat dari petani kecil seperti kami,” ujar dia. (sdk)

  • Bagikan