Meksiko akan meningkatkan keamanan bagi kandidat menjelang pemilihan

by admin

Meksiko akan meningkatkan keamanan bagi para kandidat menuju pemilihan terbesar dalam sejarahnya tahun ini

Sekretaris Keamanan Rosa Icela Rodríguez mengatakan lebih banyak pasukan keamanan akan dikirim ke daerah berisiko tinggi dan keamanan akan diberikan kepada kandidat yang menerima ancaman untuk melindungi mereka dari apa yang dia sebut sebagai “partai kejahatan,” upaya oleh kejahatan terorganisir atau aktor kerah putih untuk menunjuk atau blokir kandidat dalam balapan di seluruh negeri.

Pemerintah federal, negara bagian dan lokal harus berkoordinasi dalam mengidentifikasi potensi risiko, kata Rodríguez.

Ini tidak akan mudah.

Kejahatan terorganisir selalu terlibat dalam pemilihan. Pada 2018, ketika Presiden Andrés Manuel López Obrador terpilih, 48 orang yang mencalonkan diri tewas. Perusahaan konsultan keamanan Etellekt menghitung 543 serangan terhadap politisi. Secara total, menurut Rodríguez, ada 150 pembunuhan tahun itu dengan beberapa hubungan politik.

Pada bulan Desember, mantan Gubernur Jalisco Aristóteles Sandoval ditembak mati di Puerto Vallarta. Pekan lalu, calon walikota potensial di negara bagian pantai Karibia Quintana Roo ditembak mati di sebuah kafe. Ignacio Sánchez Cordero adalah sekretaris pariwisata lokal di kota Puerto Morelos.

Tapi ini bukan hanya pembunuhan. Para kandidat menghadapi penculikan, ancaman terhadap keluarga mereka, pemerasan, pembakaran rumah atau bisnis mereka. Kelompok kriminal juga menyumbangkan uang dan menawarkan perlindungan mereka sendiri kepada kandidat pilihan mereka. Mereka melakukan apa pun untuk mengontrol kandidat yang dapat membantu memastikan mereka tidak dihukum.

“Kami tahu bahwa tingkat pemerintahan yang paling rentan adalah kotamadya, terutama ketika berada di zona yang dipengaruhi oleh kejahatan terorganisir,” kata Rodríguez. Penjahat menggunakan kampanye ketakutan untuk mengintimidasi politisi dan masyarakat umum.

Pemerintah mengidentifikasi tujuh negara bagian, sebagian besar di selatan dan di sepanjang pantai Pasifik, yang menghadapi ancaman terbesar.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/mexico-raise-security-candidates-ahead-elections-76254476

Related Articles