Menang 2-0, Si Merah Teguh ke Perempat Final

by admin

Jakarta

Liverpool melangkah dengan mantap ke perempat final Liga Champions. Gol dari Mohamed Salah dan Sadio Mane memenangkan ‘The Reds’ 2-0 untuk lolos dengan agregat 4-0.

Liverpool akan menghadapi RB Leipzig di Puskas Arena, Kamis (11/3/2021) dini hari WIB pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Juara Inggris itu tampil dominan di babak pertama dan menciptakan banyak peluang, namun tidak ada gol yang dicetak.

Kebuntuan pecah di menit ke-70 melalui Mohamed Salah, disusul gol Sadio Mane empat menit kemudian. Skor 2-0 bertahan hingga pertandingan selesai. Liverpool pun melangkah ke perempat final dengan agregat 4-0.

[Gambas:Opta]

Jalannya pertandingan

Thiago Alcantara lolos dan menerima bola terobosan Georginio Wijnaldum di kotak penalti pada menit ketiga. Alih-alih menembak, dia mencoba mengoper ke Mohamed Salah di sebelah kanan, tetapi dipotong oleh Kevin Kampl.

Tiga menit kemudian, umpan terobosan Wijnaldum diterima Sadio Mane yang berdiri bebas di sisi kanan kotak penalti. Tapi tembakannya melambung tinggi dan bendera offside kemudian dikibarkan.

Peluang bagi Leipzig di menit ke-10. Yussuf Poulsen menyerahkan bola hasil operan Christopher Nkunku kepada Dani Olmo. Solusi dari Olmo masih bisa dijernihkan oleh Alisson Becker.

Liverpool mengancam dari sepak pojok di menit ke-20. Umpan lambung Trent Alexander-Arnold disambar oleh sundulan Diogo Jota dan bola hanya bisa ditinju oleh Peter Gulacsi.

Peluang lain dari Liverpool empat menit kemudian. Mohamed Salah hanya harus menghadapi kiper dalam situasi menyerang yang cepat, tetapi tembakannya masih dapat diatasi.

Bola memantul dengan liar dan berusaha disambut oleh Sadio Mane, namun gagal melakukan kontak dengan sempurna. Salah mencoba merebut bola, namun malah melakukan pelanggaran karena mengangkat kakinya terlalu tinggi dan mengenai Nordi Mukiele.

Leipzig mengancam membalas pada menit ke-32. Kombinasi Olmo dan Nkunku mengarahkan bola ke Emile Forsberg. Upaya Forsberg untuk mengoper diblok, tetapi bola liar kembali kepadanya dan mencoba diselesaikan ke arah gawang. Masih bergulir tipis ke kanan gawang.

Gulacsi kembali menjadi penyelamat Leipzig pada menit ke-41. Dia menghalau pukulan keras Jota. Hingga babak pertama usai, tidak ada gol yang dicetak.

Liverpool menebar ancaman pada menit ke-53. Tendangan Jota berhasil diblok kiper, kemudian Salah mencoba merebut bola pantul tersebut. Namun belakangan peluit dibunyikan karena offside.

Leipzig mulai meningkatkan intensitas serangan. Tendangan Hwang Hee-chan meneruskan umpan Nkunku di menit ke-64 masih melambung.

Semenit kemudian, sundulan Alexander Sorloth menyambut umpan silang Hwang yang berhasil diselamatkan mistar gawang. Olmo mencoba menangkap bola liar, namun bola memantul.

TUJUAN! Kebuntuan pecah di menit ke-70. Liverpool memimpin berkat gol Mohamed Salah, yang menusuk dari kanan setelah menerima umpan dari Jota. Dengan tenang, Salah menempatkan bola ke sudut kanan bawah gawang untuk menuntaskan serangan balik Liverpool.

2-0! Liverpool meningkatkan keunggulan mereka empat menit kemudian. Divock Origi menerima bola di sebelah kanan dan mengirimkan umpan silang yang diselesaikan Mane di tiang jauh.

Leipzig terus berusaha. Tendangan Marcel Sabitzer dari jarak jauh masih meleset jauh di atas gawang.

Liverpool kembali menekan. Tendangan Origi di menit ke-83 memanfaatkan umpan Naby Keita yang masih melebar. Dua menit kemudian, tendangan Salah membentur Lukas Klostermann dan berakhir melebar.

Tidak ada lagi gol yang dicetak sampai peluit panjang dibunyikan.

Komposisi pemain:

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Nathaniel Phillips, Ozan Kabak, Andy Robertson (Kostas Tsimikas 90 ‘); Thiago (Naby Keita 72 ‘), Fabinho, Georginio Wijnaldum (James Milner 82’); Mohamed Salah, Sadio Mane (Alex Oxlade-Chamberlain 90 ‘), Diogo Jota (Divock Origi 70’)

RB Leipzig: Peter Gulacsi; Nordi Mukiele, Dayot Upamecano, Lukas Klostermann; Kevin Kampl (Alexander Sorloth 46 ‘); Tyler Adams, Marcel Sabitzer, Dani Olmo (Amadou Haidara 72 ‘), Christopher Nkunku; Emil Forsberg (Justin Kluivert 60 ‘), Yussuf Poulsen (Hwang Hee-Chan 60’)

(mentah / nds)



Sumber : https://sport.detik.com/sepakbola/uefa/d-5489144/liverpool-vs-leipzig-menang-2-0-si-merah-mantap-ke-perempatfinal?tag_from=wp_cb_mostPopular_list

Related Articles