Mexico City meluncurkan jalur kereta gantung terbaru Amerika Latin

by admin

Mexico City telah meluncurkan yang pertama dari apa yang diharapkan akan menjadi beberapa jalur kereta gantung di pinggiran kota yang lebih miskin dari 9 juta penduduk.

MEXICO CITY – Mexico City telah meluncurkan yang pertama dari apa yang diharapkan akan menjadi beberapa jalur kereta gantung yang melayani pinggiran miskin dari kota berpenduduk 9 juta jiwa itu.

Peresmian leg pertama dari jalur “Cablebus” pada hari Kamis menandai babak terbaru dalam hubungan cinta Amerika Latin dengan kereta gantung, yang terlihat di sebagian besar dunia sebagai turis dan lereng ski.

Negara bagian Meksiko yang berdekatan sudah memiliki kereta gantung yang melayani satu pinggiran Kota Meksiko utara, dan jalur pertama kota itu sendiri juga dibangun di sisi utara yang miskin dan padat.

Kereta gantung dipandang sebagai cara yang lebih murah dan lebih cepat untuk membawa transportasi umum ke komunitas miskin yang terletak di lereng bukit yang tinggi. Karena mereka mengudara, jalur mobil juga tidak mengalami banyak kesulitan dengan masalah pembangunan kacau di Amerika Latin yang terkenal sulit, lalu lintas yang buruk, dan kurangnya hak jalan.

Pada bulan Juni, jalur ini akan berjalan hampir 9,2 kilometer (6 mil) dari Cuautepec, lingkungan kelas pekerja di tepi utara Mexico City, ke stasiun kereta bawah tanah dan bus terdekat. Jalur yang diresmikan Kamis ini hanya mencakup 1,7 kilometer (1,06 mil) dari rute itu, ke lingkungan Tlalpexco.

Saat ini, para pejabat menjelaskan, warga di puncak bukit di Tlalpexco harus naik kendaraan yang penuh sesak, van kecil yang berjalan jauh lebih lambat. Plus, mereka tidak memiliki pemandangan indah yang ditawarkan kereta gantung dari mobil berjendela besar mereka yang dapat menampung 10 penumpang sekaligus. Mobil-mobil tersebut menggunakan tenaga listrik dan dapat menempuh jarak sekitar 20 kilometer per jam, jauh lebih cepat daripada kebanyakan lalu lintas di kota.

Solusi transportasi tradisional seperti jalur bus atau kereta bawah tanah hampir tidak mungkin dilakukan di sini, keduanya karena tidak ada hak jalan di daerah kumuh yang padat, dan padat di sepanjang lereng bukit di lereng 15 derajat yang curam.

Walikota Claudia Sheinbaum mengatakan jalur kereta gantung kedua sedang dibangun di Iztapalapa, lingkungan kelas pekerja lainnya, di timur.

Penduduk Cuautepec Evelyn Sánchez mengatakan bahwa, seperti kebanyakan orang di sini, tantangan terbesarnya adalah mencapai stasiun kereta bawah tanah terdekat.

“Kami membutuhkan waktu yang lama, dan sekarang dengan ini, sekarang akan menjadi jauh lebih cepat,” kata Sánchez.

Kota Medellin, Kolombia, meluncurkan kereta gantung pada tahun 2004. Sejak itu, banyak kota Amerika Latin lainnya mengikuti, mulai dari Rio de Janeiro, Brasil hingga La Paz, Bolivia.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/mexico-city-launches-latin-americas-latest-cable-car-76262845

Related Articles