Otoritas: Kerusuhan penjara di Ekuador menyebabkan 62 orang tewas

  • Bagikan

Pihak berwenang di Ekuador mengatakan 62 orang tewas dalam kerusuhan di penjara di tiga kota sebagai akibat perkelahian antara geng yang bersaing dan upaya melarikan diri.

Direktur Penjara Edmundo Moncayo mengatakan dalam konferensi pers bahwa 800 kantor polisi telah membantu mendapatkan kembali kendali atas fasilitas tersebut. Ratusan perwira dari unit taktis telah dikerahkan sejak bentrokan meletus Senin malam.

Moncayo mengatakan bahwa dua kelompok berusaha untuk mendapatkan “kepemimpinan kriminal di dalam pusat penahanan” dan bentrokan itu dipicu oleh pencarian senjata yang dilakukan pada hari Senin oleh petugas polisi.

Foto dan video di media sosial menunjukkan narapidana yang dipenggal dan dipotong-potong di tengah genangan darah.

Presiden Lenín Moreno tweeted bahwa dia telah memerintahkan Kementerian Pertahanan “untuk melakukan kontrol ketat terhadap senjata, amunisi dan bahan peledak di batas luar penjara” sebagai akibat dari kerusuhan minggu ini.

Moncayo mengatakan 33 orang tewas di penjara di Cuenca di Ekuador selatan, 21 di kota pantai Pasifik Guayaquil dan delapan di pusat kota Latacunga.

Moncayo mengatakan bahwa hampir 70% dari populasi penjara di negara itu tinggal di pusat-pusat kerusuhan terjadi.

Menteri Pemerintah Patricio Pazmiño mengirim tweet yang menyalahkan “tindakan bersama organisasi kriminal untuk menghasilkan kekerasan di penjara negara,” tetapi menambahkan, “Kami sedang mengelola tindakan untuk mendapatkan kembali kendali.”

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/authorities-prison-riots-ecuador-leave-62-dead-76075060

  • Bagikan