Pejabat Mesir: Sebagian bangunan Kairo runtuh, 4 tewas

by admin

CAIRO – Sebuah gedung apartemen di Kairo sebagian runtuh semalam, menewaskan sedikitnya empat orang, kata pejabat Mesir Senin.

Hingga larut pagi, petugas penyelamat masih mencari kemungkinan korban yang terperangkap di bawah reruntuhan gedung berlantai empat di lingkungan padat penduduk Roud el-Farag di ibu kota Mesir. Sebuah tangga mobil pemadam digunakan saat tim penyelamat mencoba memasuki bagian bangunan yang masih berdiri.

Korban tewas semuanya dari satu keluarga, harian Al-Ahram yang dikelola pemerintah melaporkan. Laporan itu mengatakan bagian dari tangga gedung itu runtuh ketika petugas penyelamat sedang mencari puing-puing, melukai seorang polisi.

Empat orang lainnya, termasuk seorang anak, ditarik dari bawah reruntuhan dan dibawa ke rumah sakit, kata para pejabat, berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara dengan media.

Polisi menutup area tersebut, menahan penonton dan mereka yang tampaknya mencari kerabat di dalam gedung. Pihak berwenang juga mengevakuasi gedung-gedung tetangga karena takut bangunan lain runtuh.

Belum jelas apa yang menyebabkan keruntuhan itu. Tidak jarang bangunan runtuh di Mesir, di mana konstruksi yang buruk tersebar luas di daerah kumuh, lingkungan kota yang miskin dan daerah pedesaan. Pada bulan Desember, lima orang tewas ketika sebuah gedung apartemen runtuh di Alexandria.

Dengan real estat dengan harga premium di kota-kota besar seperti Kairo dan Alexandria, pengembang yang mencari keuntungan lebih besar sering kali melanggar izin perencanaan. Lantai tambahan seringkali, misalnya, terkadang ditambahkan tanpa izin pemerintah yang sesuai.

Pemerintah baru-baru ini melancarkan tindakan keras terhadap konstruksi ilegal di seluruh negeri, memenjarakan dan mendenda pelanggar, dan dalam banyak kasus menghancurkan gedung-gedung.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/egypt-officials-cairo-building-partially-collapses-dead-75900319

Related Articles