Sani Hadiri Rakor Forum OPD Bidang Infrastuktur Dinas PU

  • Bagikan

SR28JAMBINEWS.COM, JAMBI– Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Abdullah Sani, mengemukakan sinergitas yang kuat antara program pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota lebih meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pembangunan yang berkelanjutan terencana dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat banyak. Hal tersebut dikemukakan Sani saat membuka Rapat Koordinanasi (Rakor) dan Sinkronisasi Forum Organisasi Perangkat Daerah Bidang Infrastruktur ke-PU-an Tahun 2023 di Hotel Abadi Suite, Kota Jambi, Rabu (15/2/2023).

“Saya sangat mengapresiasi pertemuan sinkronisasi ini sebagai upaya untuk mensinergikan program dan perencanaan pembangunan bidang infrastruktur ke-PU-an Pemerintah Provinsi Jambi dengan pemerintah kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi, juga sinergi program Pemerintah Provinsi Jambi dengan pemerintah pusat. Pertemuan ini merupakan upaya untuk memaduserasikan program pusat dengan daerah, di mana sinergi yang kuat tentunya akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pembangunan,” ujar Sani.

Sani mengharapkan ada peningkatan melalui rapat sinkronisasi ini, baik berupa inovasi maupun penajaman program, yang pada akhirnya bisa meningkatkan kualitas kerja dan kinerja Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) se-Provinsi Jambi.

Sani menjelaskan, pembangunan infrastruktur sangat penting dalam pembangunan daerah dan nasional, karena dengan pembangunan infrastruktur akan mendukung aktivitas perekonomian masyarakat dan berbagai aktivitas lainnya, yang berdampak pada peningkatan perekonomian, kemajuan, dan kesejahteraan.

“Ketersediaan infrastruktur yang baik menjadi fondasi bagi kita menuju daerah yang maju dan berdaya saing. Pembangunan infrastruktur hampir selalu menjadi salah satu prioritas utama dalam program pembangunan, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten dan kota, selain pembangunan sumber daya manusia,” jelas Sani.

“Pemerintah Provinsi Jambi memberikan perhatian besar terhadap pembangunan infrastruktur, baik infrastruktur ke-PU-an maupun infrastrutur bidang lainnya. Dalam Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi, pembangunan infrastruktur menjadi beberapa prioritas pembangunan, di antaranya percepatan pembangunan infrastruktur transportasi, meningkatan kualitas dan ketersediaan jaringan irigasi, air bersih, dan bendungan, percepatan pembangunan infratsruktur listrik, serta pemantapan kelembagaan dan percepatan pembangunan infrastruktur kesehatan, pendidikan, agama, dan sosial budaya,” lanjut Sani.

Sani mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi berkeinginan untuk membenahi dan membangun infrastruktur, agar ketersediaan infrastruktur yang baik.

“Dalam membangun infrastruktur kita sering menghadapi tantangan besar, yaitu keterbatasan anggaran. Satu sisi, kita berkeinginan besar untuk membangun infrastruktur untuk mendorong perekonomian dan kemajuan, namun pada sisi lain, anggaran kita sangat terbatas,” ungkap Sani.

Sani mengingatkan untuk perencanaan program tahun 2024, rancang dan usulkan program super prioritas yang memberikan manfaat paling besar dan paling luas untuk masyarakat. Sinergi antara Pemerintah Provinsi Jambi dan pemerintah kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi merupakan salah satu upaya penting dalam menghadapi keterbatasan anggaran tersebut.

“Dengan berkalaborasi, sinergi puat, provinsi dan kabupaten/kota bisa meningkatkan konektifitas dan hubungan baik dalam meningkatkan kerja sama pendanaan atau pembiayaan dalam pembangunan infrastruktur, di antaranya kerja sama pembangunan infrastruktur oleh pemerintah daerah dengan swasta atau perusahaan, yang secara aturan diperbolehkan, menjadi pemikiran dan salah satu alternatif pembiayaan, untuk mempercepat pembangunan infrastruktur,” pungkas Sani.

Kepala Bidang Bina Program PUPR Provinsi Jambi menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk mensinkronkan program pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota menyamakan persepsi dan mengharapkan adanya perencanaan yang mensinergikan dengan kebutuhan masyarakat setempat serta mampu mengakomodir isu isu strategis yang ada sehingga kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat utamanya dalam penyediaan infrastruktur yang berkualitas

  • Bagikan