Tim Pengabdian UNJA Gelar Pendampingan Pembuatan Prototipe Bahan Ajar kepada Guru Bahasa Inggris di Kota Jambi

  • Bagikan
Kegiatan Pendampingan Pembuatan Prototipe Perangkat Ajar kepada puluhan guru pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris

KOTA JAMBI (SR28) – Tim Pengabdian dari Universitas Jambi bekerja sama dengan MGMP Bahasa Inggris Kota Jambi pada hari Kamis pagi (8/8/2024) menggelar kegiatan Pendampingan Pembuatan Prototipe Perangkat Ajar kepada puluhan guru pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris tingkat SMA di Kota Jambi.

Kegiatan tersebut digelar di lantai 3 Kantor Penerbit Erlangga yang terletak di daerah Jelutung Kota Jambi. Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan yang disampaikan oleh Dedi sebagai Manager Penerbit Erlangga Cabang Jambi, Prof. Dr. Amirul Mukminin sebagai perwakilan Tim Pengabdian, dan Nofriyen sebagai ketua MGMP.

Selanjutnya, kegiatan inti dilaksanakan dengan Narasumber Dr. Marzul Hidayat, Dr. Fortunasari, Dr. Ella Masita, Dr. Saiful Effendy dan Dr.Muhammad Gowon.

Yang menjadi topik bahasan dalam kegiatan tersebut adalah Artificial Intelligence dan dampak penggunaannya, Kurikulum dan perkembangannya dari masa ke masa, Persiapan dan pengembangan bahan ajar dengan menggunakan aplikasi Magicschool.ai dan Conker.ai serta metode pembelajaran Problem-Based learning (PBL) dan Project-Based Learning (PjBL) yang diterapkan dalam Kurikulum Merdeka.

Khoiro, S.Pd sebagai salah satu peserta mengaku senang dan puas dengan adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan itu memberi inspirasi dan memotivasi guru untuk menyampaikan materi ajar kepada siswanya dengan cara yang menyenangkan.

“Ini adalah kegiatan positif dan menambah wawasan. Sehingga membuat kami lebih mengerti apa yang perlu kami lakukan untuk pembelajaran di sekolah” ungkap Guru Bahasa Inggris SMAN 6 Kota Jambi tersebut kepada SR28.

Dr. Ella Masita sebagai Ketua Tim Pengabdian UNJA mengungkapkan kegiatan Pendampinan Pembuatan Prototipe Perangkat Ajar Bahasa Inggris bagi Guru SMA merupakan salah satu kewajiban dosen sebagai manifestasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selanjutnya, Dr. Ella Masita berharap semoga kegiatan ini dapat membuat guru semakin inovatif dalam memberikan pembelajaran bahasa Inggris kepada siswa.

“Kita berharap guru-guru bisa terbantu dalam menjalankan tugas terutama dalam menyiapkan materi dan bahan ajar mereka di sekolah” imbuhnya. (sdk)

  • Bagikan