Wakil Gubernur Jambi Lepas 450 Jemaah Calon Haji Kloter 22 Provinsi Jambi

  • Bagikan
Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I, secara resmi melepas keberangkatan 450 Jemaah Calon Haji

JAMBI (SR28) – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I, secara resmi melepas keberangkatan 450 Jemaah Calon Haji (JCH) dari Provinsi Jambi yang tergabung dalam Kloter 22. Jemaah ini berasal dari Kabupaten Sarolangun, Kota Jambi, dan Kabupaten Tebo. Upacara pelepasan berlangsung di Asrama Haji Kota Baru Jambi pada Senin sore 3 Juni 2024 .

Dalam sambutannya, Wagub Sani menyampaikan harapannya agar para jemaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan sempurna dan mendapat maghfirah dari Allah SWT. “Pada hari ini kita berkumpul bersama untuk melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji Kloter pertama dari Provinsi Jambi yaitu Kloter 22 dengan jumlah 450 orang, yang insya Allah akan diberangkatkan malam ini dari Batam menuju Saudi pada pukul 23.45 WIB. Kami semua mendo’akan keselamatan, kemudahan, kesehatan, dan kelancaran dalam perjalanan menuju tanah suci Mekah,” ujar Wagub Sani.

Wagub Sani juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan kekompakan selama menjalankan rangkaian ibadah haji.

“Saya berpesan kepada para Jemaah Calon Haji untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik serta kekompakan, agar bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan sebaik-baiknya, fokus, dan khusyuk, serta kembali ke tanah air dalam keadaan sehat wal’afiat, aamin ya Rabbal alaamiin,” pesannya.

Lebih lanjut, Wagub Sani menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Jambi untuk mendukung dan memfasilitasi kebutuhan jemaah haji.

“Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan Jemaah Calon Haji, bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk memastikan segala persiapan dan pengaturan telah terpenuhi dengan baik. Pemerintah Provinsi Jambi juga memberikan bimbingan dan pembekalan yang diperlukan untuk menghadapi perjalanan ibadah ini, serta berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan stakeholder terkait untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan jemaah,” tambah Wagub Sani.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, atas nama Pemerintah Provinsi Jambi saya resmi melepas Jemaah Calon Haji Kloter 22 Provinsi Jambi Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi. Semoga Allah SWT memberikan perlindungan, kemudahan, dan kelancaran kepada seluruh Jemaah Calon Haji Provinsi Jambi Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi,” pungkasnya.

Kepala Bidang Pemberangkatan Haji Kanwil Agama Provinsi Jambi, H. Zeifni Ishaq, menyampaikan bahwa pada tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, Provinsi Jambi memberangkatkan 3.121 jemaah melalui Embarkasi Hang Nadim Batam langsung ke Arab Saudi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 818 orang atau 26,50 persen merupakan lansia. Jemaah tertua yang berangkat berusia 95 tahun atas nama Indoogo Daeng Mattaru dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sedangkan jemaah termuda berusia 18 tahun atas nama Muhammad Ridho Yudha Putra dari Kabupaten Bungo.

Pelepasan JCH Kloter 22 ini diakhiri dengan doa dan harapan agar seluruh JCH Jambi dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan kembali ke tanah air dengan selamat. (ags)

  • Bagikan