1 Tahun COVID-19 di Indonesia, Inilah 4 Kemajuan Obatnya

  • Bagikan

Jakarta

2 Maret 2021 menandai tahun pertama COVID-19 hadir di Indonesia. Para ilmuwan sejauh ini telah bekerja untuk menemukan obat untuk COVID-19. Kemajuan apa yang Anda buat dalam menangani COVID-19?

Inggris telah melakukan uji klinis terbesar di dunia yang disebut ‘Pemulihan’ dengan lebih dari 12 ribu pasien yang berpartisipasi. Sejumlah uji coba dilakukan untuk memberikan gambaran tentang obat mana yang bekerja dengan baik untuk mengobati dan sebaliknya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah melakukan uji coba Solidaritas untuk uji coba pengobatan COVID-19 yang menjanjikan di seluruh dunia. Dikutip dari BBC, Selasa (2/3/2021), berikut ini adalah beberapa obat yang telah diteliti khasiatnya untuk mengalahkan virus SARS-CoV-2.

1. Pengobatan steroid

Steroid deksametason telah terbukti mengurangi risiko kematian hingga sepertiga untuk pasien yang menggunakan ventilator dan seperlima untuk pasien yang menggunakan oksigen.

Data lebih lanjut menunjukkan steroid lain, hidrokortison, sama efektifnya. Keduanya menenangkan peradangan di tubuh, yang bisa berbahaya bagi penderita kasus parah.

Yang terpenting, deksametason relatif murah sehingga bisa digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, obat tersebut tidak bekerja pada orang dengan gejala yang lebih ringan.

2. Tocilizumab dan sarilumab

Para peneliti melaporkan hasil yang menggembirakan dari dua obat anti-inflamasi, tocilizumab dan sarilumab. Dalam uji coba yang dilakukan di enam negara berbeda, termasuk Inggris, dengan sekitar 800 pasien perawatan intensif, obat tersebut mengurangi jumlah kematian dari 36% menjadi 27%.

Tocilizumab dan sarilumab mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru dan organ lainnya.

Dokter dapat memberikannya kepada pasien COVID-19 yang, meskipun menerima deksametason, keadaannya masih memburuk dan membutuhkan perawatan intensif. Temuan penelitian belum ditinjau atau dipublikasikan dalam jurnal medis.

3. Interferon beta

Interferon beta, protein yang diproduksi tubuh saat terkena infeksi virus, berada di pusat percobaan besar di Inggris. Obat ini telah diberikan kepada pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit dalam bentuk semprotan hirup.

Harapannya, obat tersebut akan merangsang sistem kekebalan, memprioritaskan sel agar siap melawan virus.

Temuan awal menunjukkan interferon beta (yang biasanya digunakan untuk mengobati multiple sclerosis) dapat mengurangi kemungkinan pasien di rumah sakit mengembangkan gejala parah hingga hampir 80%.

4. Remdesivir

Remdesivir adalah obat antivirus yang awalnya dikembangkan untuk mengobati Ebola. Awalnya, obat ini menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Namun, pada Oktober 2020, WHO menyarankan agar tidak digunakan untuk COVID-19. Mereka mengatakan bahwa Remdesivir tampaknya memiliki sedikit atau tidak ada efek untuk COVID-19 pasien yang dirawat di rumah sakit, baik dalam hal tingkat kematian, lama tinggal di rumah sakit, atau keseriusan penyakit.

Menonton video “BPOM Izinkan 2 Obat dan 14 Jamu untuk Penderita Covid-19
[Gambas:Video 20detik]

(tanya / fay)

Sumber : https://inet.detik.com/science/d-5476946/1-tahun-covid-19-di-indonesia-ini-kemajuan-4-obatnya?tag_from=wp_cb_mostPopular_list

  • Bagikan