5 Fakta Timnas Indonesia U-23 vs PS Tira Persikabo: Bola Sepak

by admin

JAKARTA – Sepak bola tanah air hidup kembali. Kembalinya sepakbola ditandai dengan laga uji coba antara Timnas U-23 Indonesia melawan salah satu klub Liga 1, PS Tira Persikabo, di Stadion Madya, Jakarta, Jumat 5 Maret 2021, WIB.

Meski digelar tanpa penonton, tak mengurangi keseruan pertandingan. Timnas U-23 Indonesia menang 2-0 atas PS Tira Persikabo berkat gol Kadek Agung (45 ‘) dan Muhammad Rafli (48’). Berikut lima fakta pertandingan timnas U-23 Indonesia vs PS Tira Persikabo.

Muhammad Rafli (Foto: situs resmi PSSI)

5. Pertandingan Pertama Timnas Indonesia U-23 Saat Pandemi

Pandemi virus corona (Covid-19) menjadi momok bagi sepak bola nasional. Bagaimana tidak, semenjak pandemi terjadi di Indonesia, kompetisi sepak bola nasional Liga 1 juga terhenti karena kondisi yang kurang mendukung.

Berhentinya kompetisi nasional turut mempengaruhi aktivitas timnas Indonesia dari berbagai level, termasuk U-23. Namun, pada awal 2021, PSSI, Kemenpora, dan kepolisian telah mendapatkan titik terang sepak bola Indonesia di tengah pandemi, yakni mendapatkan izin untuk menggelar pertandingan.

Turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021 akan digelar mulai Maret hingga April 2021. Sebelum Piala Menpora 2021, kebangkitan sepakbola Indonesia ditandai dengan pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 vs PS Tira Persikabo. Pertandingan ini merupakan laga perdana timnas U-23 Indonesia saat terjadi pandemi.

4. Duo maut Arema FC di Front (Kushedya Hari Yudo dan Muhammad Rafli)

Timnas Indonesia U-23 bermain dalam formasi 4-4-2 melawan PS Tira Persikabo. Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, memainkan Kushedya Hari Yudo dan Dendy Sulistyawan sebagai duo penyerang.

Permainan Yudo cukup menarik perhatian pada pertandingan tersebut. Pemain Arema FC hampir saja mencetak gol melalui kepalanya pada menit ke-33 jika tidak ada penyelamatan dari kiper PS Tira Persikabo, Syahrul Trisna Fadilah.

Permainan Yudo semakin meriah saat rekan setimnya di Arema FC, Rafli, masuk di awal babak kedua. Rafli bahkan menggenapi keunggulan timnas Indonesia pada menit ke-48 setelah Agung memecah kebuntuan sebelum babak pertama usai. Timnas Indonesia U-23 menang 2-0 dan kedua pemain Arema FC juga tampil apik.

3. Moncer alis Adam

Adam Alis masuk dalam lineup pemain inti Timnas U-23 Indonesia pada laga melawan PS Tira Persikabo. Kepercayaan Shin Tae-yong dibayar Adam dengan tampil apik di lini tengah timnas U-23 Indonesia. Aksi Adam beberapa kali membuahkan ancaman di pertahanan PS Tira Persikabo.

2. Shin Tae-yong Menyoroti 2 Hal

Shin Tae-yong menuai kritik untuk timnas U-23 Indonesia meski timnya mengalahkan PS Tira Persikabo 2-0. Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu menyoroti dua hal, yakni mentalitas dan fisik pemain Timnas Indonesia U-23.

“Kekurangannya adalah mental dan fisik, keduanya sangat kurang, tapi kemauan para pemain semakin baik, apalagi masalah fisik tidak bisa lebih baik hanya dalam satu atau dua hari,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual. .

“Sebenarnya pemain Indonesia ini punya kemampuan yang sangat bagus, tapi karena kekurangan fisik, otomatis kemampuan mentalnya menurun. Akhirnya tidak bisa menunjukkan performa terbaik. Jadi sangat disayangkan untuk itu, ”imbuhnya.

1. Telah ditunda karena kurangnya izin

Pertandingan Timnas U-23 Indonesia vs PS Tira Persikabo sedianya akan berlangsung pada Rabu, 3 Maret 2021 WIB. Namun, izin dari polisi belum diperoleh, sehingga pertandingan sempat ditunda beberapa saat sebelum sepak bola dimulai.

Namun izin tersebut sudah diperoleh PSSI dari kepolisian sehingga bisa digelar uji coba pertandingan tadi malam. Selain itu, PSSI juga sudah mendapat izin untuk pertandingan uji coba kedua melawan Bali United pada Minggu 7 Maret 2021.

“Bukan dibatalkan, tapi ditunda karena ada satu item yang belum disiapkan Sekjen PSSI. Jadi, pertandingan ditunda dan baru akan dimainkan pada 5 Maret dan 7 Maret (melawan Bali United) 2021. Yang jelas Izinnya sudah dikeluarkan dan saya sudah menerimanya, “kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam jumpa pers, Jumat (5 / 3/2021).

Sumber : https://bola.okezone.com/read/2021/03/06/51/2373286/5-fakta-laga-timnas-indonesia-u-23-vs-ps-tira-persikabo?page=1

Related Articles