Belajar dari Rina Gunawan, Ini Pertolongan Pertama Sesak Nafas

  • Bagikan

Suara.com – Kabar duka datang dari dunia hiburan di Tanah Air. Presenter dan istri aktor Teddy Syah, Rina Gunawan dikabarkan telah meninggal dunia.

Kabar tersebut dibenarkan oleh manajer Rina Gunawan, Evi Margarhetna, saat dikonfirmasi. Sambil menangis, dia sepertinya kesulitan berbicara.

“Ya .. (benar),” ujarnya seraya dihubungi media, Selasa (2/3/2021).

Belakangan diketahui bahwa ia mengalami sesak napas dan asma. Belajar dari Rina Gunawan, Inilah Pertolongan Pertama Saat Sesak Nafas.

Sesak napas memiliki banyak penyebab berbeda, dan pengobatan sesak napas dikhususkan untuk masing-masing penyebab. Dalam banyak kasus, satu-satunya cara untuk mengatasi sesak napas adalah dengan menghubungi layanan darurat atau membawa korban ke dokter atau ruang gawat darurat untuk dievaluasi.

Rina Gunawan meninggal dunia. Ucapan belasungkawa pun mengalir dari netizen serta artis di Indonesia.[Instagram/@rinagunawan74]
Rina Gunawan meninggal dunia. Ucapan belasungkawa pun mengalir dari netizen serta artis di Indonesia.[Instagram/@rinagunawan74]

Selain mengetahui penyebab sesak napas, petugas kesehatan juga dapat memberikan oksigen tambahan untuk membantu korban bernafas lebih mudah.

Namun demikian, ada beberapa tindakan pertolongan pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi sesak napas, setidaknya sampai ambulans tiba atau Anda dapat membawa korban ke rumah sakit. Dilansir dari Verywellhealth, bagi korban sesak napas, coba langkah-langkah berikut ini:

Suruh korban untuk beristirahat.

Semakin banyak energi yang Anda keluarkan, semakin banyak oksigen yang Anda gunakan dan semakin Anda merasa sesak napas. Pikirkan tentang latihan yang baik di gym. Berolahragalah dengan cukup keras dan Anda akan merasa sesak napas. Obat? Istirahat. Tidak yakin apakah korban mengalami kesulitan bernapas? Perhatikan gejala sesak napas berikut ini.

Biarkan korban duduk, berdiri atau berbaring mana saja yang paling nyaman

Ada banyak mitos tentang bagaimana beberapa postur harus memberikan aliran udara lebih banyak daripada yang lain. Pelatih secara teratur memberi tahu pemain untuk menahan lengan mereka di atas kepala mereka untuk memaksimalkan ekspansi dada.

Paramedis menganggap “posisi tripod” dengan duduk di tepi kursi atau tempat tidur dan mencondongkan tubuh ke depan, didukung dengan tangan atau siku di atas lutut, sebagai posisi terbaik untuk korban sesak napas. Setiap orang berbeda, bagaimanapun, jadi biarkan korban memutuskan posisi apa yang dirasa paling nyaman.

Hubungi layanan darurat

Jika istirahat dalam posisi yang nyaman tidak berhasil setelah 2 atau 3 menit, inilah waktunya untuk menghubungi layanan darurat. Sesak napas memiliki banyak penyebab, beberapa di antaranya cukup serius. Dalam skenario kasus terburuk, sesak napas disebabkan oleh serangan jantung, masalah paru-paru mendadak, atau keracunan yang mengancam jiwa.

Dalam hal ini memanggil layanan darurat benar-benar dapat berarti perbedaan antara hidup atau mati. Ini adalah tempat yang baik untuk menggunakan penilaian terbaik Anda: Jika Anda yakin korban sesak napas, segera hubungi 911.

Gunakan oksigen

Ini adalah kasus khusus yang hanya digunakan untuk orang dengan masalah paru-paru kronis. Jika korban memiliki oksigen, inilah gunanya. Saat sesak napas, korban harus menggunakan oksigen sesuai petunjuk dokter.

Korban mungkin telah diberitahu oleh dokternya bahwa terlalu banyak oksigen dalam waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan lebih banyak masalah.

Yakinkan korban bahwa sesak napas yang meningkat secara tiba-tiba adalah saat oksigen paling dibutuhkan dan tidak perlu khawatir menggunakan terlalu banyak oksigen saat sesak napas (terutama jika ambulans sudah dalam perjalanan).

Atasi penyebab sesak napas. Ada banyak penyebab sesak nafas dan banyak diantaranya yang bisa diobati. Pasien asma, misalnya, seringkali memiliki banyak alat dan obat yang tersedia untuk mengatasi sesak napas yang tiba-tiba. Korban infeksi paru-paru mungkin perlu ke dokter untuk pengobatan dan korban serangan jantung mungkin memerlukan ambulans.

Sumber : https://www.suara.com/health/2021/03/03/071302/belajar-dari-rina-gunawan-ini-pertolongan-pertama-sesak-napas

  • Bagikan