PBB: India mencari Rohingya yang terapung-apung tanpa makanan, air

  • Bagikan

Badan pengungsi PBB mengatakan penjaga pantai India telah menjawab permohonannya untuk mencari kapal yang membawa pengungsi Rohingya yang diyakini terapung di Laut Andaman tanpa makanan dan air selama beberapa hari.

Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi mengatakan pada Rabu bahwa pihaknya tidak mengetahui lokasi persis kapal tersebut saat ini. Badan tersebut pada hari Senin telah memperingatkan negara-negara terdekat untuk mencari kapal tersebut dan mengatakan pihaknya siap untuk menawarkan bantuan kemanusiaan jika ditemukan.

Ibu dari seorang pria berusia 25 tahun di atas kapal mengatakan bahwa dia mengkhawatirkan nasibnya.

“Ya Tuhan, selamatkan semua orang yang terjebak di perahu termasuk anak saya dengan sihir ilahi Anda. Menempatkannya di suatu tempat di tepi sungai. Tolong penuhi keinginan anak saya untuk pergi ke sana, ”kata Nasima Khatun.

“Apakah anak saya masih hidup? Apakah ada yang terjadi padanya karena kelaparan? Saya tidak tahu apa-apa tentang apa yang dilakukan anak saya, bagaimana dia bertahan hidup. Dia hanya mengambil 4 liter air, ”ucapnya.

Chris Lewa, direktur Proyek Arakan yang memantau krisis Rohingya, mengatakan mereka telah mendengar setidaknya delapan orang tewas di kapal itu.

Lewa mengatakan mereka naik perahu pada 11 Februari untuk mencapai Asia Tenggara tetapi mesinnya rusak.

Dia mengatakan Proyek Arakan tidak dapat menghubungi para pengungsi selama beberapa hari.

“Kami telah berbicara dengan mereka. Tapi sekarang mereka tidak bisa dilacak. Mereka tidak punya air atau makanan, mereka minum air laut dan sekarat, ”kata Lewa melalui telepon.

Badan pengungsi PBB menghargai penempatan penjaga pantai India dari tim pencarian dan penyelamatan mereka, kata Catherine Stubberfield, juru bicara Biro Regional UNHCR untuk Asia dan Pasifik.

“Mengingat para pengungsi masih terapung-apung di laut, segera turun sangat penting untuk memenuhi kebutuhan paling dasar manusia dan memastikan bahwa keselamatan mereka tidak lagi terancam,” katanya dalam email.

PN Anup, juru bicara penjaga pantai India, mengatakan dia “tidak punya apa-apa untuk dikatakan sampai sekarang”.

Pihak berwenang di Bangladesh mengatakan mereka tidak memiliki informasi tentang kapal apa pun yang baru-baru ini membawa Rohingya keluar dari perairan Bangladesh. “Kami tidak tahu,” kata Hafizur Rahman, kepala polisi Teknaf di distrik Cox’s Bazar, Selasa.

Lebih dari 1 juta etnis Rohingya yang melarikan diri dari penganiayaan kekerasan di Myanmar tinggal di kamp-kamp pengungsi yang padat di Bangladesh. Beberapa upaya untuk memulangkan mereka gagal karena Rohingya menolak untuk pergi, khawatir mereka akan menjadi sasaran lebih banyak kekerasan di negara yang menolak hak-hak dasar mereka termasuk kewarganegaraan.

Pedagang manusia sering memikat para pengungsi, menjanjikan mereka bekerja di negara-negara Asia Tenggara.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/boat-rohingya-refugees-adrift-food-water-76084185

  • Bagikan