PUSPOLL: CE-RATU Ungguli 2 Rivalnya

  • Bagikan

JAMBI (SR28)- Puspoll Indonesia Research and Consulting merilis hasil survei populeritas dan elektabiltas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (Cagub-Cawagub) Jambi. Rilis pers sendiri digelar pada hari Kamis(3 Desember 2020) di Hotel Luminor Kota Jambi.

Dari hasil rilis ini, pasangan calon CE-Ratu berada di urutan teratas.  paslon nomor 1 Cek Endra -Ratu Munawaroh tersebut menurut survey berada di angka teratas yaitu 42,2 persen. Pasangan yang diusung Golkar dan PDIP ini unggul di 7 kabupaten/kota yaitu Tebo, Batanghari, Sarolangun, Kota Jambi, Muarojambi, Tanjabtim dan Tanjabbar.

Sedang pasangan Fachrori-Syafril elektabilitasnyabberada di angka 23,3 persen. “Pasangan nomor nomor urut 2 ini unggul di tiga kecamatan, Sungaipenuh, Kerinci dan Bungo,” kata Muslimin, Direktur Eksekutif Puspol Indonesia.

Sementata paslon dengan nomor urut 3, Al Haris-Abdulllah Sani elektabilitasnya berada di angka 26,4 persen. “Pasangan nomor urut 3 ini hanya unggul di satu kabupaten yaitu Kabupaten Merangin, sementara 8,1 menjawab tidak tau dan tidak menjawab,” ungkapnya.

Untuk popularitas, Muslimin mengatakan, Fachrori berada pada tingkat pertama yakni 86,8 persen dengan kesukaan 77 persen. Kemudian Cek Endra 80 persen dengan kesukaan 74,2 persen sedangkan Al Haris 75,4 persen dengan kesukaan 70,2 persen.

“Untuk posisi Cagub popularitas rata-rata berada diatas 50 persen. Itu membuktikan hampir semua masyarakat mengenal,” katanya.

Menariknya justru di posisi wakil, masih ada kandidat yang berada di bawah 50 persen. Misalnya Syafril Nursal yang opularitasnya hanya 49,9 persen dengan kesukaan 44 persen.

Untuk Abdullah Sani popularitasnya berada pada angka 60,7 persen dengan kesukaan 55,8 persen. Sedangkan Ratu Munawaroh paling tinggi yakni popularitas mencapai 71,7 persen dengan kesukaan 66,4 persen.

Dikatakan Muslimin lagi, survei ini dilakulan pada tanggal 20-25 November melakukan wawancara tatap muka, kouisioner dan merupakan masyarakat dewasa dengan jumlah sampe 1.200 responden margen erro 2,8  pada tingkat kepercayaan 95 persen.*

  • Bagikan