Dalam perjalanan pertamanya ke luar negeri, PM Italia yang baru mengunjungi Libya

  • Bagikan
WireAP_649bc4f226fe4ff189874a4bffbce06d_16x9_992.jpg

Mengikuti jejak para pemimpin Eropa lainnya yang baru-baru ini bertemu dengan pemerintahan sementara baru Libya, Perdana Menteri Mario Draghi mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Abdul Hamid Dbeibah.

Pemerintah sementara Libya, yang mengambil alih kekuasaan bulan lalu, dimaksudkan untuk menyatukan negara yang telah terkoyak oleh perang saudara selama hampir satu dekade. Itu juga dimaksudkan untuk menggembalakan negara melalui pemilihan umum pada 24 Desember.

Italia, sebagai bagian dari UE, telah bekerja sama dengan lembaga lokal Libya untuk mencoba membendung gelombang migran, dengan puluhan ribu berangkat dari pantai Libya, banyak dengan Italia sebagai tujuan yang dimaksudkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, serikat tersebut telah bermitra dengan penjaga pantai Libya dan kelompok lokal lainnya untuk membendung penyeberangan laut yang berbahaya tersebut. Namun, kelompok hak asasi mengatakan kebijakan itu membuat para migran bergantung pada kelompok bersenjata atau terkurung di pusat penahanan jorok yang penuh dengan pelanggaran.

Pernyataan Draghi muncul di tengah kritik oleh jurnalis Italia dan anggota parlemen di rumah atas penyadapan panggilan telepon wartawan selama penyelidikan terhadap perdagangan migran yang berbasis di Libya dan kelompok penyelamat kemanusiaan.

Penyelidikan dilakukan beberapa tahun lalu ketika mantan pejabat pemerintah Italia menindak kapal kemanusiaan yang menyelamatkan para migran di Mediterania tengah dari kapal penyelundup yang tidak layak berlayar.

Sementara itu, Dbeibah mengatakan kedua pemimpin telah sepakat untuk mengambil langkah-langkah untuk sepenuhnya melanjutkan lalu lintas udara komersial antar negara mereka, dan untuk memudahkan warga Libya mengajukan visa ke Italia dari dalam negeri.

Juga pada hari Selasa, Dbeibah berusaha untuk mengatasi kekhawatiran Yunani atas kesepakatan maritim yang dibuat oleh pemerintah Libya sebelumnya dengan Turki yang membuat marah Athena.

“Kami mencari kepentingan Libya … kami sedang meninjau semua perjanjian, terutama perjanjian Turki dan Yunani,” katanya dalam konferensi pers di Tripoli dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis.

Dia mengatakan pemerintahnya bersedia membentuk komite gabungan Libya-Yunani untuk melanjutkan negosiasi untuk menetapkan batas laut antara kedua negara dan membatasi zona ekonomi eksklusif untuk hak pengeboran minyak dan gas.

Belum ada komentar langsung dari Ankara.

Pada 2019, Turki menandatangani perjanjian dengan faksi Libya untuk menggambarkan batas laut antara kedua negara, sebuah langkah yang dikecam oleh Siprus dan Yunani sebagai pelanggaran serius terhadap hukum internasional yang mengabaikan hak-hak sah negara-negara Mediterania timur lainnya.

Libya jatuh ke dalam kekacauan ketika pemberontakan yang didukung NATO pada tahun 2011 menggulingkan penguasa lama Moammar Gadhafi, yang kemudian terbunuh. Negara itu dalam beberapa tahun terakhir terpecah antara pemerintahan saingan yang berbasis di timur dan barat, masing-masing didukung oleh kelompok bersenjata yang berbeda dan pemerintah asing.

Pertemuan kedua pemimpin tersebut menggarisbawahi minat Italia di Libya dalam beberapa tahun terakhir, terutama dalam hal migrasi. Italia adalah pendukung pemerintah Libya yang sebelumnya didukung PBB yang juga berbasis di Tripoli. Namun, pemerintah itu gagal mendapatkan penerimaan di timur negara itu, di mana komandan Khalifa Hifter memegang kekuasaan, didukung oleh negara-negara termasuk Rusia, Mesir, dan Uni Emirat Arab.

———

Penulis Associated Press Nicole Winfield di Roma berkontribusi untuk laporan ini.

Source link

  • Bagikan