Meski menang atas Porto, Juventus gagal lolos ke perempat final Liga Champions: Okezone bola

  • Bagikan

PARIWISATA – Juventus menang 3-2 saat menjamu FC Porto pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2020-2021. Meski begitu, Bianconeri gagal lolos ke babak perempat final karena agregat pertandingan ini adalah 4-4 dan Porto unggul. pada agresivitas gol tandang.

Jalannya pertandingan

Ronde pertama:

Juventus langsung berusaha tampil menekan begitu pertandingan dimulai. Namun, di menit ketujuh justru gol mereka yang nyaris ambruk. Memanfaatkan bola rebound yang diblok Leonardo Bonucci, Mehdi Taremi menyapu sundulan. Beruntung bagi Juventus bola membentur mistar gawang.

Dua menit kemudian, giliran Bianconeri yang menebar ancaman. Berawal dari tendangan bebas yang dilepaskan oleh Juan Cuadrado, bola kemudian disundul oleh Aaron Ramsey di kotak penalti. Sayang, arah bola masih melenceng dari gawang Porto.

Juventus vs FC Porto

Juventus yang mencoba mencetak gol karena kalah 1-2 di leg pertama harus mengalami petaka pada menit ke-17. Pasalnya Merih Demiral melakukan pelanggaran terhadap Taremi. Wasit langsung menunjuk titik putih.

Sergio Oliveira melangkah maju menjadi eksekutor penalti Porto. Tanpa kesalahan, Oliveira berhasil mengecoh Wojciech Szczesny dan membawa Porto unggul 1-0. Kondisi ini semakin mempersulit Juventus karena diharuskan mencetak tiga gol guna lolos ke perempat final.

Mencoba menyamakan kedudukan, Juventus tampil lebih menekan. Pada menit ke-27 mereka mendapat peluang emas melalui Alvaro Morata. Striker Spanyol itu mengirimkan umpan manis oleh Juan Cuadrado dari sisi kanan. Meski begitu, bola sepakan Agustin Marchesin berhasil dihalau oleh Morata.

Di akhir babak pertama, Juventus nyaris menyamakan kedudukan ketika kekacauan terjadi di dalam penalti Porto setelah sepak pojok. Sayang Bonucci kalah cepat dalam menyontek bola. Marchesin tampak waspada dengan segera memeluk si kulit bundar tersebut. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Porto.

Babak kedua:

Memasuki babak kedua, Juventus kembali menerapkan permainan menyerang. Alhasil, gol penyeimbang datang pada menit ke-49. Federico Chiesa melepaskan tembakan dari jarak dekat setelah mendapat umpan pendek dari Cristiano Ronaldo. Skor berubah menjadi 1-1.

Harapan Juventus untuk bangkit kembali semakin mengembang di menit ke-54. Pasalnya Porto harus bermain dengan 10 orang setelah Taremi mendapat kartu kuning kedua di laga ini. Pasalnya Taremi masih menendang bola usai wasit meniup peluit bahwa ada pelanggaran.

Juventus vs FC Porto

Jumlah pemain unggul tidak disia-siakan oleh Juventus. Di menit ke-63 Chiesa kembali mencetak gol. Kali ini pemain pinjaman dari Fiorentina itu melakukan sundulan setelah menerima umpan silang indah Cuadrado. Marchesin tidak bisa menghentikan bola. Juventus menang 2-1.

Alvaro Morata sebenarnya berhasil mengoyak gawang Porto pada menit ke-90. Hanya saja gol tersebut dianulir wasit karena Morata lebih dulu dalam posisi off-side saat menerima umpan. Pertandingan di waktu normal berakhir dengan skor 2-1, sehingga harus dilanjutkan ke babak tambahan karena agregatnya sekuat 3-3.

Putaran Ekstra:

Pada menit ke-115, Porto mencetak gol melalui tendangan bebas Sergio Oliveira setelah Weston McKennie melakukan pelanggaran. Oliveira melepaskan tembakan mendatar ke sudut kanan gawang Juventus. Szczesny tidak bisa menghentikannya.

Namun, Juventus tak langsung menyerah. Dua menit kemudian Bianconeri mencetak gol balasan. Adrien Rabiot menyundul bola yang dikirim oleh Federico Bernardeschi dari sepak pojok. Bola melesat ke gawang Porto tanpa bisa dihentikan.

Sampai babak tambahan usai, tidak ada lagi gol yang dicetak. Agregat pertandingan ini 4-4 dan Porto lolos ke perempat final. Pasalnya, Porto lebih unggul dalam agresivitas gol tandang dibandingkan Juventus.

Komposisi Pemain:

Juventus: Wojciech Szczesny; Juan Cuadrado, Leonardo Bonucci, Merih Demiral, Alex Sandro; Federico Chiesa, Arthur, Adrien Rabiot, Aaron Ramsey; Alvaro Morata, Cristiano Ronaldo.

Memesan: Carlo Pinsoglio, Gianluigi Buffon, Radu Dragusin, Matthijs de Ligt, Giorgio Chiellini, Gianluca Frabotta, Weston McKennie, Nicolo Fagioli, Alessandro Di Pardo, Federico Bernardeschi, Dejan Kulusevski.

FC Porto: Agustin Marchesin; Wilson Manafa, Kanselir Mbemba, Pepe, Zaidu Sanusi; Corona, Sergio Oliveira, Mateus Uribe, Otavio; Mehdi Taremi, Moussa Marega.

Memesan: Diogo Costa, Malang Sarr, Diogo Leite, Fabio Vieira, Mamadou Loum, Marko Grujic, Toni Martinez, Francisco Conceicao, Felipe Anderson, Luis Diaz, Nanu, Evanilson.

Sumber : https://bola.okezone.com/read/2021/03/10/261/2375262/meski-menang-atas-porto-juventus-gagal-lolos-ke-perempatfinal-liga-champions?page=1

  • Bagikan