Setelah 3 hari, kobaran api perbatasan Afghanistan-Iran berhasil dikendalikan

by admin

Kebakaran itu melibatkan dua ledakan di perbatasan – cukup kuat untuk terlihat dari luar angkasa oleh satelit NASA – dengan jarak sekitar setengah jam di antaranya. Belum ada kabar sejauh ini tentang apa yang menyebabkan ledakan kapal tanker bahan bakar tersebut atau ledakan selanjutnya. Ledakan tersebut mematikan jaringan listrik di wilayah tersebut, membuat Herat dalam kegelapan.

Wahid Qatali, gubernur provinsi Herat, mengatakan lebih dari 2.000 kendaraan di lokasi kebakaran berhasil diselamatkan, termasuk 1.500 kendaraan bergegas melintasi perbatasan ke Iran untuk menjauhkan mereka dari api.

Saat terjadi kebakaran, titik penyeberangan – yang berkapasitas hingga 700 truk minyak – dipenuhi lebih dari 2.500 truk, kata Qatali.

Foto satelit yang diambil pada hari Minggu menunjukkan api masih mengepul asap hitam di sisi perbatasan Afghanistan. Biasanya, lusinan kapal tanker bahan bakar parkir di sana sambil mendapatkan izin untuk bergerak di antara kedua negara.

Pada hari Senin, hanya kebakaran kecil yang berkobar di beberapa tempat dan diharapkan akhirnya bisa dipadamkan pada akhir hari, kata Qatali, menambahkan bahwa penyelidikan akan menyelidiki apa yang menyebabkan kobaran api dan juga “memperkirakan kerugian bagi pemerintah dan pemerintah. sektor swasta. ”

Tujuh orang yang terluka dibawa ke rumah sakit di Iran untuk perawatan lebih lanjut, tambah Qatali.

Amerika Serikat mengizinkan Afghanistan untuk mengimpor bahan bakar dan minyak dari Iran sebagai bagian dari konsesi khusus yang membebaskan Kabul dari sanksi AS terhadap Iran. Foto satelit yang diambil Sabtu sebelum ledakan menunjukkan puluhan kapal tanker yang diparkir di sisi Afghanistan di perbatasan.

Dari sisi Afghanistan, api dengan cepat menyebar ke fasilitas bea cukai Dogharoon di sisi perbatasan Iran. Responden pertama, termasuk pemadam kebakaran, tentara Iran dan pasukan perbatasan, membantu upaya pemadaman kebakaran, televisi pemerintah Iran melaporkan.

Sisi penyeberangan Afghanistan memiliki departemen pemadam kebakarannya sendiri, tetapi pejabat Herat mengatakan itu tidak dapat mengendalikan api. Iran mengirim 15 unit pemadam kebakaran ke pihak Afghanistan untuk membantu.

Di Kabul, pemerintah mengatakan sedang mengerjakan jalur alternatif untuk melanjutkan perdagangan antara kedua negara. Pejabat Iran mengatakan mereka akan mempercepat proses bea cukai di perlintasan perbatasan lain dengan Afghanistan.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/days-afghan-iran-border-blaze-brought-control-75901016

Related Articles