Kamis, Januari 28, 2021

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Keluarkan Awan Panas Guguran

YOGYAKARTA (SR28) - Gunung Merapi kembali erupsi pada 27 Januari 2021 siang. Jarak luncur awan panas mencapai 3 kilometer. Saat ini, Merapi di...

Jambi Kembali Terima 17.240 Dosis Vaksin Covid-19

JAMBI (SR28) - Berdasarkan rencana pemerintah Jambi, jumlah vaksin Covid-19 itu akan mulai di distribusikan ke 9 kabupaten kota lainnya yang belum...

Belum Ada Laporan Bencana, Status Provinsi Jambi Masih Kesiapsiagaan

JAMBI (SR28) - Berdasarkan pemantauan BPBD Provinsi Jambi, ketinggian muka air sungai Batanghari disejumlah daerah masih berada pada kisaran 12 hingga 13...

Sudah Ada 430 Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Yang Dirawat Di Rumah isolasi Milik Pemprov Jambi

JAMBI (SR28) - Sejauh ini sedikitnya sudah ada 430 pasien yang dirawat di 2 rumah isolasi milik pemerintah provinsi Jambi itu sejak...

Technology

Sebelum Daftar KPU, Seluruh Bapaslon Pilkada Wajib Uji Swab Covid-19

JAMBI (SR28) - Sebelum melakukan pendaftaran, seluruh Bapaslon Pilkada serentak 2020 provinsi Jambi, di wajibkan untuk melakukan Uji Swab Covid-19 pada 1 September mendatang.

Sumber: JAMBI28 TV
- Advertisement -

Pemerintah Siaga Hadapi Bencana Hidrometeorologi di Provinsi Jambi

JAMBI (SR28) - Pemerintah menjelaskan, apel dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan pemerintah Provinsi Jambi guna menghadapi bencana Hidrometeorologi yang bisa saja terjadi di wilayah Provinsi Jambi pada puncak musim hujan yang diperkirakan pada November ini.

Pemkot Jambi Minta Bantuan Dana CSR Perusahaaan untuk Beli Alat PCR Covid-19

KOTA JAMBI - Pemerintah Kota Jambi memutuskan untuk membeli alat PCR Covod-19 tersebut dari luar Indonesia yang tentunya dengan bantuan dana CSR dai para pengusaha di Kota Jambi. Sementara, dana yang sudah dianggarkan pemerintah nantinya bisa dipergunakan untuk memebeli alat kesehatan lainnya guna mendukung pelaksanaan pengujian spesimen swab Covid-19 itu berjalan dengan optimal.

Trump Isyaratkan Akan Kembali Maju Jadi Capres Tahun 2024

WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, masih enggan mengakui kekalahan dalam pilpres AS 2020 dan upaya hukum untuk menggugat hasil pilpres terus berlanjut. Namun Trump tampaknya mengakui jika upaya hukumnya bisa gagal dan mengisyaratkan akan mencalonkan diri dalam pilpres 2024 mendatang.

Komentar Trump soal maju pilpres 2024 itu dilontarkan dalam acara resepsi liburan di Gedung Putih pada Selasa (1/12) malam waktu setempat. Banyak anggota Komisi Nasional Partai Republik yang hadir dalam acara tersebut.

Berubah Nomenklatur, Sejumlah Kepala OPD Pemprov Jambi Diganti

https://www.youtube.com/watch?v=TVLKBU-ECyI&feature=emb_title

Latest News

Pemkab Luruskan Soal Zona Merah COVID-19 Di Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Juru Bicara Satgas COVID-19 bantah jika Tanjab Barat saat ini masuk ke...

TEGA! Bapak Ini Disiram Saat Sedang Tertidur Pulas

Seorang Pria renta disiram orang tak dikenal saat tengah tertidur pulas. Tak diketahui apa maksud dari seseorang yang mneyiram tersebut.

UNIK! Band Ini Gelar Konser Di Dalam Balon, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Sebuah grup band asal Amerika Serikat yakni The Flaming Lips Band menggelar sebuah konser di dalam balon. Uniknya mereka tetap mematuhi protokol...

Belasan Rumah Terbakar Di Palembang, Pengakuan Tersangka Bikin Geram

PALEMBANG (SR28) - Tangis histeris mewarnai proses pemadam kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang, Senin...

Misteri Kematian Rapper K-Pop Iron, Diduga Tewas Dibunuh?

KOREA SELATAN (SR28) - Polisi sebelumnya sempat menyatakan bahwa mereka belum menemukan kecurigaan atau bukti adanya kemungkinan pembunuhan. Karena...

Music

Bupati Tanjab Barat Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Seputar Kuala Tungkal

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial M.S bersama jajaran forkompimda lakukan penyemprotan cairan disenfektan di seputaran kota Kuala Tungkal, Jumat (02/10).

Sebelumnya, Bupati selaku ketua gugus tugas penanggulangan covid 19 Tanjab Barat, pimpin langsung kegiatan apel pasukan yang di gelar di Alun-Alun Kota Kuala Tungkal, yang diikuti oleh TNI, polri, Satpol PP, dan BPBD.

Dalam arahannya, Bupati ingatkan semua pihak agar selalu menerapkan protokol kesehatan dalam rangka menekan penyebaran covid 19, khususnya di Tanjab Barat.

"Sampai saat ini, di Tanjab Barat ini ada 72 kasus yang terpapar covid 19, dan ada puluhan yang masih menunggu hasil swab, semoga yang sedang di swab ini hasilnya negatif semua," harapnya.

Bupati juga mengingatkan bahwa seluruh kegiatan yang ada di Tanjab Barat harus mematuhi protokol kesehatan, termasuk resepsi pernikahan atau kegiatan lainnya. Begitu juga di tempat hiburan atau tempat perbelanjaan.

"Kalau ada kegiatan-kegiatan yang melanggar, kita sepakati akan di bubarkan, ini semata-mata karena kita peduli dengan masyarakat," tegasnya.

Dijelaskannya, saat ini Pemkab juga telah mengambil langkah-langkah dalam menekan penyebaran covid 19. Ia sampaikan bahwa Di kantor-kantor juga akan ada pengawasan yang ketat seperti cuci tangan, periksa suhu tubuh, dan lain sebagainya sesuai dengan protokol kesehatan.

"Selain itu, kita juga meniadakan apel di kantor dan tidak memakai absen Handkey, kita kembali memakai absen manual," jelasnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengajak semua pihak turut mengedukasi masyarakat terkait penerapan dan pelaksanaan protokol kesehatan. Menurutnya, masyarakat mempunyai peran yang besar dalam mencegah penularan covid 19.

"Saya yakin, jika masyarakatnya mempunyai kesadaran yang tinggi, ditambah kerja keras gugus tugas, pasti kita bisa mengatasi permasalahan covid 19 ini," pungkasnya. (Sabri)

Unjuk Rasa Jilid 3 Kembali Ricuh, Motor Petugas Kepolisian Dibakar Massa

JAMBI (SR28) - Aksi unju rasa berlanjut hingga petang, bahkan satu sepeda motor yang digunakan petugas kepolisian berhasil direbut paksa demonstran dan dibakar massa.

Rendahnya Serapan APBD 2020 Bikin Pemprov Jambi Ketar Ketir

JAMBI (SR28) - Rendahnya serapan APBD Tahun 2020 yang masih dibawah 50 persen membuat pimpinan tertinggi Pemprov Jambi semakin ketar ketir. Apalagi tahun 2020 sendiri hanya menyisakan kurang lebih 2 bulan.

Belum Ada Laporan Bencana, Status Provinsi Jambi Masih Kesiapsiagaan

JAMBI (SR28) - Berdasarkan pemantauan BPBD Provinsi Jambi, ketinggian muka air sungai Batanghari disejumlah daerah masih berada...

Polda Jambi Grebek Gudang Produksi BBM Oplosan

KOTA JAMBI (SR28) - Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi menggerebek gudang yang memproduksi BBM Oplosan di Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Dari penggerebekan itu polisi berhasil mengamankan sebanyak 50 ribu liter bahan bakar minyak (BBM) yang sudah dioplos oleh para pelaku.

Sumber: JAMBI28 TV

Culture

- Advertisement -

Tak Hanya Wartawan, Rapid Test Masal Juga Akan Sasar Seluruh Wilayah di Jambi

JAMBI (SR28) - Tidak hanya terhadap wartawan di Jambi. Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi juga akan melkaukan rapid test masal ke seluruh wilayah kabupaten kota se Provinsi Jambi. Yang tujuan utamanya, terlebih dahulu mengakali rendahnya testing uji swab yang bisa dilakukan  Pemprov Jambi lantaran amsih bergantung pada Balai POM Jambi yang kapasitas ujinya masih rendah.

Tak Hanya Wartawan, Rapid Test Masal Juga Akan Sasar Seluruh Wilayah di Jambi

Tak Hanya Wartawan, Rapid Test Masal Juga Akan Sasar Seluruh Wilayah di Jambi

Posted by JAMBI28 TV on Friday, September 18, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Kasus Covid 19 Melonjak, Pemkot Jambi Kembali Berlakukan Belajar di Rumah

KOTA JAMBI (SR28) - Pemkot Jambi kembali mengambil kebijakan untuk memberhentikan sementara kegiatan tatap muka di sekolah selama dua minggu kedepan. Keputusan itu diberlakukan setelah tim Satgas Penanganan Covid-19 menggelar rapat dengan hasil keputusan belajar di rumah secara daring.

Keputusan tersebut diambil lantaran terdapat lonjakan jumlah pasien terkonfirmasi positif di Provinsi Jambi.

Sumber: JAMBI28 TV

Polisi Tangkap Pelaku Penggelapan Motor Curian di Jambi, Melibatkan Anak Dibawah Umur

KOTA JAMBI - Pelaku penggelapan dan penadah motor curian, berhasil ditangkap petugas kepolisian polsek Jambi Timur. Satu diantara pelaku yang berperan sebagai pelaku penggelapan adalah seorang anak dibawah umur berusia 14 tahun.

Modus yang dilakukan pelaku adalah berpura-pura meminjam motor temannya untuk pergi memotong rambut dan setelah motor berhasil dikuasai, motor tersebut malah dijualnya seharga 700 Ribu Rupiah yang ia gunakan untuk berfoya-foya.

- Advertisement -

Must Read

HUT RI Ke 75, DPRD Tebo Gelar Paripurna Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

TEBO (SR28) - DPRD Kabupaten Tebo menggelar sidang Paripurna dalam rangka Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI secara virtual, di Aula kantor DPRD Tebo, pada Jum'at (14/08/2020).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tebo, Mazlan, S. Kom didampingi Wakil I Aivandri, AB dan diikuti Anggota DPRD Kabupaten Tebo lainnya serta dihadiri oleh Bupati Tebo Dr.H.Sukandar dan Wabup Tebo Syahlan Arfan.

Suasana parpurna mendengarkan pdato kenegaraan

Dalam sambutannya pada sidang tersebut, Mazlan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan HUT RI Ke-75 ini sebagai momentum instrospeksi diri dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif.

"Pada peringatan HUT RI Ke-75 ini baiknya kita jadikan momentum untuk memperbaiki diri dan bersyukur karena kita bisa menikmati kemerdekaan. Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan memberikan kontribusi nyata untuk perbaikan ditengah masyarakat." ujarnya.

Seluruh anggota DPRD Tebo gunakan mengikuti protokol kesehatan selama paripurna berlangsung

Sementara itu Presiden RI Joko Widodo pada Pidato Kenegaraan mengatakan meskipun peringatan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19, namun semangat untuk mengisi kemerdekaan harus semakin baik.

"Mari kita jadikan momentum musibah pandemi sebagai kebangkitan baru untuk melakukan lompatan besar di berbagai aspek. Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar," ajaknya.

Presiden Jokowi saat pidato kenegaraan dalam secara virtual


Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan krisis yang disebabkan pandemi ini dijadikan pembelajaran. Beliau mengibaratkan sebuah komputer dimana ketika ada kendala akan memiliki kesempatan mem- setting ulang semua sistemnya.

"Jangan sia - siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum Krisis ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan." tegasnya.

Bupati Tebo, Sukandar saat mengikuti pidato kenegaraan


Dalam rapat paripurna tersebut tampak hadir pula Sekretaris Daerah, Drs. Teguh Arhadi, MM, Unsur Forkopimda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, dan Kepala OPD serta Bagian Lingkup Pemkab Tebo. (Tim Liputan)

Bupati Safrial Hadiri Pisah Sambut Kepala Pengadilan Agama Kuala Tungkal

‌‌KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjab Barat Dr.Ir.H.Safrial,MS hadiri Pelantikan sekaligus pengambilan Sumpah Jabatan  Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal Zakaria Ansori SH,I ,MH. yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal, Kamis (13/08).

Pelantikan diselenggarakan di Balai Pertemuan Kantor Bupat,pelantikan tersebut juga sekaligus Pengantar Tugas Kepala Pengadilan Agama yang lama, Imam Masduqi, S. Ag, SH, M.Hes yang dipromosikan Sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Rembang Kelas 1 B Jawa Tengah.‌Pimpin langsung prosesi Pelantikan, Kepala Pengadilan Tinggi Agama Jambi Dr. Drs. H. Busri Harun SH, M. Ag dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimaksih kepada Bupati dan Pemerintah Daerah Tanjab Barat, atas partisipasi bantuan kepada Pengadilan Agama kuala Tungkal dalam rangka pembinaan fisik dan mental. Busri Harun juga berharap kerja sama yang terbina selama ini antara pengadilan Agama kuala tungkal dan Pemkab Tanjab Barat, dapat menjadi inspirasi dan pengalaman yang positif dalam memberikan sumbangsih dan ikut memajukan Kabupaten Tanjab Barat.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal yang baru Zakaria Ansori SH,I ,MH. Didampingi Istrinya Siti Suryani, dalam sambutannya sampaikan terimakasih atas amanah yang diberikan kepadanya. Ia juga berharap  dapat melanjutkan prestasi baik Ketua Pengadilan Agama terdahulu.

"Sekali lagi Mohon doa dan dukungan, ini amanah semoga saya mampu mengembannya," ujarnya.‌‌

Dalam Salam perpisahan nya, Imam Masduqi S.Ag, SH, M.HES mengatakan selama bekerja menjadi Ketua Pengadilan Agama di Kuala Tungkal mengucapkan telah mengambil pelajaran yang banyak bersama Pemkab Tanjab Barat dan dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tanjab Barat atas bimbingan dan kerja samanya selama bertugas di kuala tungkal.

Sementara itu Bupati Dr.Ir. H. Safrial MS atas nama Pemkab Tanjab Barat sampaikan ucapan selamat atas pelantikan Zakaria Ansori SH. I, MH sebagai Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal. Safrial meyakini Zakaria Anshori yang merupakan putra daerah, dapat bersinergi dengan Pemkab dalam membangun Tanjung Jabung Barat.

"Saya yakin dan percaya, sebagai putra asli Daerah, tentunya memiliki tekad yang kuat untuk bersinergi dengan membantu pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan Tanjung Jabung Barat yang maju, adil, bermartabat dan berkualitas,"imbuhnya.‌‌

Tak lupa, Bupati H. Safrial juga sampaikan terimakasih serta penghargaan yang tinggi atas pengabdian, dedikasi dan kerjasama Ketua pengadilan agama yang lama Imam Masduqi.

"Semua ini adalah merupakan sumbangsih Mulia dalam rangka mewujudkan kemajuan di Tanjabbar.

"Saya berharap kebersamaan yang telah kita bina dapat menjadi inspirasi motivasi atau semangat pengalaman positif yang berharga, serta bakal berguna dalam menunaikan tugas, memberikan pengayoman dan mencari solusi baik dari aspek hukum, keagamaan sosial budaya, ekonomi serta aspek lainya yang berkaitan,” pungkas Bupati

Turut hadir dalam acara ini, Hakim Tinggi Jambi, Sekertaris Pengadilan Agama Jambi, Unsur Forkompimda, Ketua Pengadilan Negeri,Ketua Pengadilan Negeri, Sekda, Staf Ahli, para Kepala OPD, Para Kabag di lingkup sekretariat Daerah, Ketua Dharma Wanita, serta tamu undangan lainnya.(Sabri)

Korem 042 Gapu Jambi Siapkan Ratusan Personel Selama Pilkada Jambi

JAMBI - Komando Resort Militer 042 Gapu telah menyiapkan 10 satuan setingkat Kompi untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah serentak di Provinsi Jambi 9 Desember 2020 mendatang, khsusnya untuk 3 daerah rawan konflik di Jambi.

Ledakan Dahsyat Di Lebanon, Puluhan Orang Tewas Ribuan Luka-luka

Ledakan dahsyat mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut, hari Selasa (04/08/2020), menyebabkan paling tidak 78 orang meninggal dan lebih dari 4.000 lainnya luka-luka.

Sumber: JAMBI28 TV

Besok Divaksin, Begini Kondisi Kesehatan Jokowi

JAKARTA - Sekretariat Presiden memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok di Istana Kepresidenan Jakarta....

Kemunculan Seekor Ular Sanca Hebohkan Warga Thehok-Kebun Kopi

KOTA JAMBI (SR28) - Kamis pagi (30/7) puluhan warga yang tinggal di jalan Raden Wijaya Lorong Akimar Kelurahan Thehok Kota Jambi dibuat ketakutan dengan kemunculan seekor ular sanca.

Lifestyle Magazine

Ini Penyebab Munculnya Fenomena Awan Tsunami di Aceh

MEULABOH - Fenomena alam,awan berbentuk gelombang selimuti langit Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh. Pada senin pagi.gumpalan awan jenis arcus yang muncul secara tiba-tiba dan sempat menggelapkan kota meulaboh ini membuat warga panik. Namun badan Meteorologi Geofisika Nagan Raya, meminta warga tidak panik karena itu hanya fenomena alam biasa.

Sumber: JAMBI28 TV

HUT IDI, Ardy Daud: Terima Kasih Atas Dedikasi Dokter Bagi Negeri

JAMBI (SR28) - Sehubungan dengan ulang tahun ke-70 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada (25/10/2020), Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Jambi Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc mengapresiasi kerja keras dan perjuangan para dokter dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Ardy Daud mengatakan, segala upaya yang dilakukan para dokter sangat bermanfaat dalam pelayanan kesehatan publik, apalagi ditengah pandemi Covid-19 dimana para dokter bersinergi dengan para medis lainnya berjibaku dalam membantu pemulihan para pasien Covid-19, dan bahkan tidak sedikit dokter yang harus kehilangan nyawa saat menolong para pasien Covid-19.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para dokter atas kerja keras, perjuangan, pegorbanan yang diberikan. Mereka adalah para pejuang kemanusiaan yang telah memberikan dedikasi sangat tinggi untuk negeri,” ujar Ardy Daud.

Ardy Daud berharap agar IDI terus memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan publik, dan pemerintah akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan, untuk Provinsi Jambi yang lebih maju dan lebih sehat.

Wabup: Adhyaksa Terus Bergerak dan Berkarya

MERANGIN - Kejaksaan Kabupaten Merangin terus menggeliat, bergerak dan berkarya serta berinovasi dalam peran sertanya membangun Bumi Tali Undang Tambang Teliti.

Hal tersebut ditegaskan Wabup Merangin H Mashuri usai menghadiri paringatan Hari Adhyaksa ke-19, yang berlangsung khidmat di Gedung Kejari Merangin, Rabu (22/7).

‘’Semoga Kejaksaan Negeri Merangin sukses selalu. Teruslah berinovasi, berkarya dan dinamis dalam mengemban tugas mulianya. Selamat Hari Bhakti Adhyaksa ke-60,’’ujar Wabup.

Sementara itu Kejari Merangin Ny Martha Parulina Berliana, SH MH mengharapkan, semua masyarakat Merangin terus mendukung Kejari, untuk mewujudkan  Merangin bebas korupsi.

Dikatakan Kajari, Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 di Kabupaten Merangin diwarnai dengan bebagai lomba, diantaranya lomba memancing, sepeda santai dan yang paling berkesan adalah lomba Cerdas Tangkas Sadar Hukum.

‘’Cerdas Tangkas itu diikuti Tukang Ojek, pedang sayur, pedagang kaki lima, pedagang kerupuk, penjahit dan pemancing. Kita ingin tahu bagaimana pengetahuan mereka terhadap Kejaksaan dan soal hukum,’’ujar Kajari.

SUNGAI BATANGHARI TERANCAM PENCEMARAN ZAT KIMIA

Oleh:  Dwita Sari Fathina
(Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)

Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera dan merupakan salah satu objek wisata di Provinsi Jambi. Selain itu, Sungai Batanghari juga dimanfaatkan masyarakat untuk menopang berabagai aspek kehidupan, seperti jalur transportasi, perdagangan dan sumber utama pencaharian bagi masyarakat. Sungai yang berwarna cokelat ini menjadi tempat masyarakat bergantung hidup mulai dari mencari nafkah serta menjadi tempat Mandi Cuci Kakus (MCK).

Sungai Batanghari memiliki hasil perikanan yang sangat melimpah, di sana terdapat juga berbagai macam sumber daya alam yang dapat diolah seperti pasir, emas, dan lainnya yang menyebabkan pihak-pihak tertentu ingin berinvestasi dan tertarik untuk mengeksploitasinya. Sungai Batanghari di tercatat memiliki 132 spesies ikan bahkan ada 76 jenis ikan yang dapat di konsumsi dan 56 jenis ikan hias.

Besarnya potensi perikanan di daerah ini membuat warga yang tinggal di pinggiran sungai menjadikan tempat ini sebagai sumber mata pencaharian masyarakat yaitu sebagai nelayan. Komoditas perikanan yang ditangkap oleh nelayan di Sungai Batanghari yaitu ikan-ikan sungai seperti Juaro, Lampam, Patin, Sengarat, Lais, Seluang, Udang Kecil, Kalui/Gurame, Lambak, Belida, Betulu, Tapah, Tilan, Bajubang, Baung, Pari dan lain sebagainya

Di sisi lain, eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan tentu akan menyebabkan pencemaran lingkungan. Salah satu kegiatan penambangan yang mengeksploitasi bahan galian adalah berupa emas. Kegiatan ini bersifat illegal karena tidak dilandasi aturan atau tanpa memperoleh perizinan dari pemerintah pusat ataupun daerah. Saat membersihkan emas yang diambil dari sungai, penambang memisahkan butir-butir emas dan kotorannya di badan Sungai Batanghari dengan menggunakan zat kimia berupa air raksa. Penggunaan air raksa secara berlebihan serta pembuangannya langsung ke sungai dapat menimbulkan pencemaran. Air sungai yang tercemar dapat menimbulkan dampak yang serius terhadap penurunan kualitas dan kuantitas sumber daya ikan karena zat kimia dapat mengkontaminasi ikan-ikan di sungai melalui rantai makanan.

Dengan kondisi sungai yang sudah tercemar akan menimbulkan berbagai permasalahan dan merugikan berbagai pihak. Beberapa jenis ikan seperti ikan belida, betulu, patin, tapah, dan ikan lampam sudah sangat langka atau susah ditemukan di sungai Batanghari, hal ini dikarenakan ikan-ikan tersebut sudah tidak dapat bertahan hidup di sungai yang sudah tercemar limbah air raksa hasil kegiatan eksploitasi emas (PETI) di sungai ini.

Pencemaran zat kimia dari kegiatan tersebut dapat menyebabkan potensi ikan-ikan di perairan Sungai Batanghari semakin terancam serta merugikan kondisi ekonomi para nelayan serta kondisi sosial warga sekitar. Keberadaan ikan-ikan di sungai Batanghari telah memberikan kontribusi yang baik bagi penghasilan nelayan tetapi dengan pencemaran air sungai yang ditimbulkan oleh pihak penambang membuat para nelayan dapat kehilangan mata pencaharian mereka. Tidak hanya nelayan tetapi juga warga yang tinggal di pinggiran Sungai Batanghari juga tidak dapat menggunakan air sungai tesebut sebagai kebutuhan sehari-hari dan seringnya anak-anak yang  bermain di sungai batanghari dapat terinfeksi zat kimia yang dapat menyebabkan penyakit tifus, kolera, hepatitis, dan lainnya. Maka, orangtua mereka harus menghimbau agar anak-anak mereka tidak bermain di air sungai yang masih tercemar oleh zat kimia.

Dengan begitu, untuk mencegah kerusakan yang lebih parah dan menjaga kualitas air Sungai Batanghari dari pencemaran zat kimia, Pemerintah Daerah (Pemda) harus mensosialisasikan standar yang tegas untuk batasan pencemaran air sungai, memberi hukuman yang pantas bagi pihak yang masih membuang limbah perusahaan atau membuang zat kimia, serta membuat alat atau teknologi yang dapat mencegah dan mengatasi pencemaran air di sungai.

Pemerintah daerah juga dapat memberikan himbauan kepada masyarakat bahayanya atau akibat menambang emas ilegal yang bisa membahayakan dan merusak lingkungan yang dapat menimbulkan kerugian terhadap orang banyak. Lebih dari itu, seharusnya pemerintah juga bisa lebih memperhatikan warganya dengan menyediakan lapangan pekerjaan, agar warga tidak menjadikan tambang emas illegal sebagai mata pencarian.

Akhirnya, untuk menjaga kelestarian Sungai Batanghari ini, semua orang harus mengambil perannya. Warga juga dapat membantu pemerintah untuk mencegah pencemaran air sungai dengan mengelola sumber daya alam yang ada karena peran warga akan mempengaruhi kelangsungan sumber daya tersebut, dengan demikian pencemaran air sungai dapat dicegah. Bersama kita menjaga lingkungan untuk kelestarian alam semesta.

Video News

- Advertisement -

Perkuat Penanganan Covid-19, Ardy Daud Rapat Dengan Dinkes

JAMBI (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Ir.Restuardy (Ardy) Daud,M.Sc mengadakan rapat dengan Plt.Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dan beberapa orang struktural dan jajaran terkait Dinas Kesehatan di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Kamis (15/10/2020).

Langkah ini merupakan upaya Ardy Daud untuk mendapat masukan yang lebih baik tentang kondisi Covid-19 di Provinsi Jambi, dan selanjutnya mengupayakan peningkatan testing, tracing, dan treatment (pengujian, penelusuran, dan pengobatan) terhadap Covid-19 di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, termasuk dengan menambah mesin uji swab di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).

Hadir pada rapat tersebut Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi H.Sudirman, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Reflizal, Asisten I Sekda Provinsi Jambi Drs.H.Apani Saharuddin, Direktur Utama RSUD Raden Mattaher dr.Mhd.Fery Kusnadi,Sp.OG, jajaran pejabat Dinkes Provinsi Jambi diantaranya Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Provinsi Jambi, dr.Ike Silviana, MKM.

Ardy Daud mendengarkan pemaparan dari Plt.Kadis Kesehatan Provinsi Jambi tentang pemakaian alat PCR di Labkesda. Plt.Kadis Kesehatan beserta jajarannya juga menjelaskan langkah dan rencana kerja dan evaluasi dalam penanganan penyebaran Covid-19 di Provinsi Jambi.

“Penanganan Covid-19 ini memiliki tantangan yang luar biasa, selain menangani masalah kesehatan, kita juga harus memikirkan dampak lain seperti dampak ekonomi, sosial, dan sebagainya. Pekerjaan penanganan Covid-19 ini bukanlah kerja yang normal tetapi kerja di luar batas normal. Kita bekerja dalam masa kritis, masa luar biasa, kita dituntut ekstra, perlu diikuti beberapa hal, yaitu peralatan mendukung, insentif bagi tenaga kesehatan, ketersediaan tenaga kerja, dan juga bagaimana melindungi diri kita semua terutama yang terkait dengan tenaga kesehatan kita,” ujar Ardy Daud.

Ardy Daud mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja keras dalam menangani Covid-19, terutama tenaga kesehatan.

Pengesahan RAPBD Jambi 2021 Ditargetkan Rampung Akhir November

JAMBI - Usai penyampaian nota keuangan dan RAPBD Tahun 2021 oleh pemerintah provinsi Jambi. DPRD Provinsi Jambi targetkan akhir November APBD Tahun 2021 resmi disahkan.

Proyek Jalan Semau Dana Dak Reguler APBD Tanjabbar Tahun 2020 Baru Hitungan Bulan Rusak Parah

KUALA TUNGKAL (SR28) - Proyek Peningkatan Jalan Semau yang katanya merupakan (Dak Reguler) dari Simpang 3 Parit 4 Sungai Saren sampai Simpang...

Al Haris Nikmati Kebersamaan Bakar Ikan

MERANGIN - Bupati Merangin bersama Wabup Mashuri serta Sekda Merangin bersama jajaran menikmati ikan bakar serta makanan seafood lainnya.

Nampak tak ragu, orang nomor satu di kabupaten Merangin itu membakar sendiri ikan di pemanggangan ikan tersebut, meskipun panasnya kayu bakar tak menyurutkan Al Haris untuk terus membakar ikan dengan bumbu beraroma sedap tersebut.

Setelah ikan bakar telah matang, Al haris langsung memotong ikan bakar untuk dinikmati bersama. Terlihat suasana kekeluargaan dan kebersamaan Al Haris dengan para jajarannya tersebut, apalagi sembari duduk sambil bercerita untuk kemajuan bersama.

Kebersamaan pun semakin kentara tatkala mereka bernyanyi bersama yang membuat suasana menjadi semakin akran dan penuh kehangatan.

"Saya sangat senang sekali hari ini, bisa berkumpul bersama sambil menikmati ikan bakar yang kezat ini," ujar Al Haris.

Breaking News! DPP PDIP Resmi Usung Yunninta-Mahdan Untuk Pilbup Batanghari

(KOTA JAMBI SR28)- Setelah melewati proses panjang dan alot, hari ini (Selasa 11 Juli 2020) Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) resmi mengumumkan calon kepala daerah. Salah satu calon kepala daerah yang resmi diumumkan untuk mengikuti pesta demokrasi adalah pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Batanghari.

Diumumkan secara virtual dan disaksikan oleh berbagai pengurus DPD, DPP PDIP resmi mengusung pasangan Yunninta Asmara dan Mahdan untuk Calon Bupati Kabupaten Batanghari. pengumuman tersebut langsung disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri di Kantor DPP PDIP.

Guna memeriahkan pengumuman tersebut, pasangan Yunninta Asmara dan Mahdan tampak turut memeriahkan dengan didapatkan dukungan tersebut melalui selebrasi yang digelar di Kantor DPD PDIP di bilangan Talang Banjar Kota Jambi. Dalam prosesi tersebut, Yunninta dan Mahdan juga turut dikawal oleh puluhan pendukungnya.

Hal yang unik dari pengumuman ini adalah justru tertuju pada Mahdan. Pasalnya, Mahdan merupakan anggota DPRD Kabupaten Batanghari yang 2019 kemarin maju dari Partai Amanat Nasional. Namun sikap frontalnya dia tunjukkan hari ini. Dengan menggunakan masker, Mahdan dengan percaya diri memakai jas resmi PDIP.

Informasi yang berhasil tim himpun, Mahdan diperkirakan maju pada Pilkada Batanghari bersama Yunninta Asmara karena PAN tidak mendukungnya. PAN secara resmi telah menyatakan dukungan di Muhammad Havis dan Camelia Puji Astuti.

Muhammad Sidik

Pemkab Tanjabbar Siap Gelar Pilkada di Masa Pandemi

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat menyatakan kesiapannya untuk menggelar Pilkada di tengah pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, MSi saat mewakili Bupati dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pilkada dan Penanganan Covid-19 melalui Video Conference bersama Pjs Gubernur Jambi, Ir. Restuardy Daud, M.Sc, di Ruang Rapat Bupati, Jumat (09/10).

Sekda H. Agus Sanusi menjelaskan persiapan yang telah dilakukan Pemkab Tanjab Barat untuk Pilkada dan penanganan covid-19.

"Dalam pelaksanaan Pilkada pada 09 Desember 2020 nanti, Kabupaten Tanjab Barat memiliki kurang lebih 6030 KPPS. Untuk penanganan Covid ada 3 tempat yang disiapkan pemkab jikalau ada pelonjakan yang kasus yang signifikan. Puskesmas Terjun Jaya Pematang Lumut disiapkan 20 bed, BLK eks Rumah Sakit Jantung 40 bed serta  Gedung Balai Adat 10 bed," papar Sekda.

"Harapan kami mudah-mudahan ruang isolasi ini tidak digunakan. Karena pada dasarnya ini hanya langkah antisipasi jika ada pelonjakan kasus Covid-19," ujarnya.

Dalam rapat yang diikuti seluruh Bupati/Walikota se-Provinsi Jambi tersebut Sekda juga menyampaikan saran terkait pelaksanaan rapid test jelang Pilkada. Dalam jadwal pelaksanaan rapid test diharuskan dari tanggal 5-26 November 2020.

Menurutnya jika dilaksanakan tanggal 26 November 2020 berati kurang 14 hari dari hari pencoblosan di tanggal 9 Desember yang dirasa sudah tidak efisien. Agus Sanusi berharap untuk pelaksanaan rapid test dapat di undur.

Sekda Agus Sanusi juga melaporkan beberapa informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan Tanjab Barat kepada Pj. Gubernur yang baru dilantik tersebut. Mulai dari APBD-P 2020, proses APBD 2021, pelaksanaan Dana Desa hingga pembentukan Satgas Bencana.

Sebelumnya Pjs. Gubernur Jambi dalam arahannya mengatakan beberapa hal yg akan di bicarakan dalam rakor ini antara lain tentang penyelenggaran pemerintahan dan pelayanan publik, ketentraman dan ketertiban umum, pelaksanaan APBD 2020 dan penyusunan APBD 2021, pemulihan ekonomi dan optimimalisasi Dana Desa dan Siaga Bencana Hidrometeorologi, Pelaksanaan Tahapan Kampanye dan Pencegahan dan Penanganan Covid 19.

Turut hadir mendampingi Sekda, Kaban Kesbangpol, Sekretaris Satpol PP, Satgas Covid 19, Kepala BPBD, Direktur Rumah Sakit, Dinas Kesehatan, Kabag Pemerintahan serta tamu undangan lainya. (Sabri)

- Advertisement -

Music

Catut Nama Fachrori Umar, Pesantren di Muaro Jambi Jadi Target Penipuan

MUARO JAMBI (SR28)- Ada-ada saja modus pelaku penipuan yang terjadi akhir-akhir ini. Budiman  misalnya, pria yang sehari-hari menjadi pengelola pesantren di desa Kebon IX Muaro Jambi itu hampir saja menjadi korban penipuan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Tidak tanggung-tanggung, pelaku bahkan mencatut nama Calon Gubernur Jambi untuk mengelabuhi Budiman agar Budiman terpedaya.

Pelaku mengaku baru saja menransfer uang sebesar Rp7.000.000,00 ke rekening Yayasan Pesantren serta meminta agar uang Rp 2.000.000,00 yang ada didalam paket transfer tersebut dialihkan ke nomor rekening yayasan lain.

Gelagat chat yang aneh tersebut tersebut akhirnya membuat Budiman menelusuri rekening yayasan pesantrennya.

"belum ada yang masuk pak" katanya pada penipu

penipu yang tak sabar akhirnya memaksa agar Budiman menransfer dengan sejumlah uang yang ada saja.
"yang ada aja pak buat bukti kalau kita ada transaksi" kata penipu pada Budiman

Setelah Budiman menyermati dan saling meminta konfirmasi dengan relawan yang ada di tim Fachrori maka didapatlah jika Cagub Fachrori Umar tidak pernah  memiliki nomor whatsapp tersebut. Informasi yang berhasil Budiman juga terbukti jika bukti transfer pelaku adalah  akal-akalan agar Budiman bisa tertipu.

Budiman pun mengancam balik jika dia telah melaporkan nomor whatsapp dan nomor rekening A.N Dewi Yoshi ke POLDA Jambi dan kini tengah ditangani oleh POLDA Jambi.


Wabup buka pengobatan gratis bagi lansia di Kejari Jambi

MERANGIN - Dalam  tatanan kehidupan new normal pada pandemi Covid 19 ini, para orang tua lanjut usia (Lansia), membutuhkan perhatian kesehatan yang serius.

Hal ini mengingat usia Lansia itu sangat rentan terhadap virus Covid-19. Ini dikatakan Wabup Merangin, H. Mashuri yang juga merupakan Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Lansia Merangin, saat menghadiri acara Bhakti Sosial Hari Bhakti Adhyaksa ke-60, di Gedung Kejari Kabupaten Merangin, Kamis (16/7/2020)).

‘’Saya sangat berterima kasih sekali dan memberikan penghargaan serta meng- apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kejari Merangin, yang telah dan sangat perduli terhadap Lansia. pada Momentum Hari Adyaksa dan melakukan Bhakti Sosial, pengobatan gratis bagi Lansia ini,’’ ujar Wabup.

Wabup pun berharap, perhatian Kejari Merangin terhadap kesehatan para Lansia itu, agar dapat terus berlanjut dan menjadi agenda rutin bagi Kejari Merangin pada berbagai kegiatan.

‘’Mudah-mudahan bhakti sosial pengobatan gratis ini, akan mampu meningkatkan derajat dan kwalitas kesahatan para orangtua Lansia di Kabupaten Merangin. Tidak hanya pengobatan gratis, Kejari Merangin juga akan gelar Senam massal Lansia,’’

Wabup pun menambahkan, Untuk senam massal lansia,  itu rencananya akan dilakukan pada Minggu (19/7/2020) di halaman Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Merangin, Wabup sangat mengharapkan kepada para Lansia Merangin khususnya dapat hadir untuk mengikutinya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Merangin Martha Parulina Berliana, S.H, M.H mengatakan, bhakti sosial, pengobatan kesehatan gratis tersebut, akan terus dilakukan pada Hari Bhakti Adhyaksa setiap tahunnya nanti.

‘’Lansia itu, merupakan orang pendamping kita dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan, karena para Lansia ini sudah sangat berpengalaman dalam berbagai hal,’’ Sebut Kajari.

Dibobol Maling Dini Hari, Mini Market Merugi HIngga Rp84 Juta

KOTA JAMBI (SR28) - Salah satu gerai mini market Alfamart yang berada di lorong patimura kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi berhasil disatroni maling. Setidaknya mini market tersebut harus menelan kerugian hingga Rp84 Juta.

Dibobol Maling Dini Hari, Mini Market Merugi HIngga Rp84 Juta

Dibobol Maling Dini Hari, Mini Market Merugi HIngga Rp84 Juta

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 16, 2020
Sebuah mini market dibobol maling, kerugian Rp84 Juta

Bupati Safrial Panen Ikan Sungai Lubuk Larangan Raja Gagak Dusun Mudo

KUALA TUNGAKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS memulai kegiatan Panen Ikan di Sungai Lubuk Larangan Raja Gagak yang berada di Desa Dusun Mudo, Kecamatan Muara Papalik, Selasa (25/08).

Kegiatan panen ikan ini juga turut dihadiri oleh Camat Muara Papalik Joan Prayuda, Kades Dusun Mudo Anggi Saputra, Kapolsek, Kepala Dinas pendidikan Martunis, Kepala PMD Nor Setyo Budi, Babinsa, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat setempat.

Kepala Desa Dusun Mudo Anggi Syafutra dalam sambutannya mengatakan Lubuk Larangan Raja Gagak akan terus dilanjutkan dengan  kegiatan panen ikan, dan akan diagendakan  setahun sekali." ikan hasil dari panen lubuk larangan ini akan dibagikan secara merata kepada masyarakat sekitar."ujar Anggi

Ditempat yang sama Bupati H. Safrial dalam sambutannya, sampaikan bahwa lubuk larangan merupakan salah satu alternatif dalam menjaga kelestarian alam, khususnya ekosistem sungai. Safrial juga berharap setiap desa yang memiliki potensi sungai dapat memiliki lubuk larangan sebagai upaya menjaga kelestarian alam."Kalau bisa seluruh desa buat lubuk larangan seperti ini, jangan ada yang racun sungai atau buang limbah di sungai,"Kalau perlu tegakkan sanksi adat bila ada yang melanggar aturan itu," tegas Bupati Safrial.

Usai acara pembukaan, Bupati bersama masyarakat desa Dusun Mudo memulai kegiatan panen ikan di lubuk larangan Raja Gagak yang berisi berbagai jenis ikan air tawar. (Sabri).

Sport News

DPRD Tebo Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-21 Kabupaten Tebo

TEBO (SR28) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tebo yang Ke- 21 di Aula Utama Gedung DPRD Tebo, Senin (12/10/2020).

Rapat paripurna istimewa dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Mazlan, S. Kom. Dalam sambutannya Ketua DPRD Tebo menyampaikan ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Kabupaten Tebo yang ke 21.

"Dengan meneladani semangat para pendiri kabupaten Tebo, jadikanlah hari bersejarah ini sebagai momentum bekerja lebih giat lagi untuk membangun kabupaten tebo tercinta," ujar Ketua DPRD.

Sidang paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD, Mazlan, S. Kom

Pada kesempatan ini, Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom. M. Si. menyampaikan pencapaian pembangunan dan prestasi yang telah diraih Kabupaten Tebo selama 21 Tahun berdiri pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Tebo.

Capaian pembangunan tersebut disampaikan Bupati Sukandar dimulai dari pertumbuh ekonomi Kabupaten Tebo dan tingkat kesejahteraan masyarakat yang ditandai menurunnya tingkat kemiskinan.

"Dari pertama berdirinya, Kabupaten Tebo terus berbenah dari yang minim sarana prasarana pembangunan kepada posisi kesejahteraan yang baik. Ditandai Tahun 2019 angka pertumbuhan ekonomi berada di 4, 78%. Kemudian data BPS menunjukkan 5 Tahun terakhir angka kemiskinan menurun dari 7, 11 % pada 2015 menjadi 6,47 % pada 2019" ujar bupati.

Bupati Tebo, Sukandar saat menyampaikan sambutan

Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Bupati Sukandar memaparkan upaya Pemerintah Kabupaten Tebo dengan mendorong sektor strategis, penguatan ketahanan pangan dan peningkatan produksi pertanian serta membangun jaringan infrastruktur yang mendorong stimulasi ekonomi.

Bupati Sukandar juga memaparkan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia yang meningkat dari 68, 67% pada tahun 2018 menjadi 69,02 pada tahun 2019. IPM tersebut dicapai dengan usaha perbaikan di bidang pendidikan, kesehatan dan teknologi.

Paripurna berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan

Diakhir sambutannya, meskipun perayaan HUT Kabupaten Tebo ditengah pandemi, Bupati Sukandar mengajak untuk tidak menyurutkan semangat dalam membangun.

Kemudian bupati juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para pendiri dan penggagas serta para bupati dan wabup yang telah memimpin sebelumnya sehingga rangkaian pembangunan dapat terlaksana pada hari ini.

"Kita tahu, proses pembangunan merupakan suatu yang berkelanjutan dan saling berkaitan dari awal berdiri. Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin terdahulu." ujarnya.

Penyerahan dokumen antara DPRD Tebo dan Bupati tebo

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut juga dilakukan penyerahan bonus kepada Desa dan Kecamatan yang berprestasi dalam Pajak PBB Tahun 2019.

Penyerahan bonus kepada Desa oleh Bupati Sukandar

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Syahlan SH beserta istri, Anggota DPR RI Hj. Saniatul Lativa SE MM., Anggota DPRD Provinsi Dapil BUTE, Unsur Forkopimda beserta istri, Sekda, Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda, Kepala OPD, Bagian Setda, Ketua MUI dan LAM serta Instansi Vertikal. (Tim Liputan).

Pemkot Jambi Izinkan Peringatan Maulid Nabi di Rumah Ibadah dengan Mengikuti Protokol Kesehatan

KOTA JAMBI (SR28) - Pemkot Jambi mengizinkan rumah ibadah untuk menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah dengan catatan mengikuti panduan yang telah ditetapkan.

Gubernur Jambi Lepas Petugas Patroli Pencegahan Karhutla

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum melepas petugas patroil pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam Apel Pelepasan Petugas Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan dan Pembalakan Liar di Provinsi Jambi Tahun 2020, di lapangan dalam Makorem 042/Gapu, Minggu (02/08/2020) pagi. Fachrori mengatakan, dalam mengatasi dan pencegahan karhutla di Provinsi Jambi, ditempatkan 254 personil gabungan di daerah rawan kebakaran hutan dan lahan, agar mudah terpantau dan mudah diatasi.

Sebelum pelepasan, Gubernur Jambi Fachrori Umar didampingi Kapolda Jambi Irjen Pol.Firman Santyabudi dan Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Zulkifli melakukan pengecekan persiapan personil yang akan melaksanakan tugas patroli pencegahan karhutla.

Fachrori mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian daerah Jambi dan Komandan Korem 042/Gapu Jambi beserta jajaran dan seluruh peserta apel siaga. Fachrori berharap momen ini bisa meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam upaya bersama penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi.

Fachrori mengatakan, kebakaran hutan dan lahan banyak menimbulkan dampak negatif yang merusak ekologis, menurunnya keanekaragaman hayati, perubahan iklim, serta menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat dan mengganggu aktivitas trasportasi darat, laut, dan udara. ”Pada tahun 2019 yang lalu, kita pernah merasakan dampak yang sangat buruk dari kebakaran hutan dan lahan, selain menyebabkan kerugian, material berupa terbakarnya lahan-lahan produktif dan kawasan hutan, termasuk lahan gambut yang mestinya terjaga kondisi tutupannya, juga menyebabkan merebaknya penyakit, khususnya Inveksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), serta terganggunya berbagai aktivitas kehidupan manusia,” terang Fachrori.

Fachrori menegaskan agar kejadian kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi lagi, semua pemangku kepentingan harus waspada dan selalu mengantisipasi berbagai kemungkinan di seluruh wilayah Provinsi Jambi.

Fachrori menjelaskan, paradigma penanggulangan bencana dewasa ini sudah berubah dari responsif yang menitikberatkan penanganan saat telah terjadi bencana, menjadi preventif, yang menitikberatkan penanganan sebelum terjadinya bencana. ”Untuk mendukung paradigma tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Gabungan Karhutla yang melibatkan Pemrov Jambi, Pemkab/Pemkot, TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, dunia usaha bidang kehutanan dan perkebunan serta masyarakat. Satgas yang telah dibentuk akan ditempatkan di 171 desa/kelurahan rawan kebakaran hutan dan lahan,” jelas Fachrori.

“Untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Jambi, kita akan menempatkan petugas patroli di beberapa titik wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan. Saya berharap kepada petugas di lapangan dapat berkerja dengan baik dan efektif serta efisien, fokus pada upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, bukan pemadaman. Tindakan pemadaman harus tetap dilakukan apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan yang tidak terkendali,” tutur Fachrori.

Selain itu, Fachrori juga berpesan kepada petugas dilapangan yang, dalam suasana pandemi Covid-19, selalu memedomani protokol kesehatan dalam semua tindakan di lapangan. ”Seluruh petugas di lapangan tetap utamakan keselamatan dan menjalankan protokol kesehatan dalam bertugas. Kepada komandan Korem 042/Garuda Putih, Brigjen TNI Zulkifli, sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 540/Kep.Gub/BPBD-2/2020 tanggal 1 Juli 2020, gubernur selaku komandan Satuan Tugas menunjuk saudara Danrem 042/Gapu sebagai Pelaksana Harian Komandan Satuan Tugas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi tahun 2020. Saya yakin dan percaya bahwa Danrem mampu melaksanakan tugas harian (Dansatgas) tersebut dengan baik dan penuh tanggung jawab,” ujar Fachrori.

Korem 042/Gapu Brigjen TNI Zulkifli menyampaikan, bahwa hari ini Satgas akan menempatkan petugas di beberapa titik yang rawan kebakaran hutan dan lahan, petugas akan berkerja sama dengan petugas koramil yang ada di wilayah tertentu seperti di Sadu dan Muaro Jambi. ”Pasukan yang kita kirim merupakan gabungan dari semua istansi, ada TNI, Polri, BPBD, Polhut, Manggala Agni. Minggu depan kita akan megirim pasukan ke daerah Kumpeh untuk antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu, Korem mengimbau masayarakat dan pengusaha perkebunan untuk berkerja sama dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan,” jelas Danrem 042/Gapu.

Kapoda Jambi Irjen Pol. Firman Santyabudi menyampaikan, Polda Jambi sudah menyiapkan 1.500 personil, sebagian sudah masuk di polres/polsek kabupaten/kota se Provinsi Jambi yang disebut dengan Gugus Tugas Kabupaten. ”Personil yang kita siapkan agar mendekatkan ke lokasi titik rawan kebakaran hutan dan lahan, guna pencegahan lebih dini, agar cepat memadamkan api. Kita minta masyarakat agar bisa berkerja sama untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan bersama-sama. Selain itu, kita terus melakukan patroli dan pemantauan dari jauh. Kita minta perusahan untuk berkerja sama untuk memadamkan api di wilayah perusahannya masing-masing,” terang Kapolda. (Muhammad Sidik)

- Advertisement -

Polda Jambi Amankan 41 Kg Sabu, 6 Tersangka Diringkus

JAMBI (SR28) - Polda Jambi bersama Polres Muaro Jambi berhasil menggagalkan pengirim narkoba jenis Sabu-sabu sebanyak 41 Kg dari dua kasus yang berbeda. Enam pelaku diamankan, namun satu diantaranya terpaksa ditembak hingga tewas lantaran berusaha melawan saat penyergapan.

Bawaslu Larang Keras Konser Musik Saat Kampanye Ditengah Pandemi

JAMBI (SR28) - Bawaslu Provinsi Jambi melarang keras orang berkumpul di suatu tempat seperti konser musik serta kegiatan kampanye lainnya yang mengumpulkan massa lebih dari 50 ditengah pandemi saat ini.

Resmi Jadi Kapolri, Listyo Sigit Prabowo Resmi Sandang Pangkat Jenderal

JAKARTA (SR28) - Listyo Sigit Prabowo sudah dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi. Dengan demikian, Listyo Sigit Prabowo resmi naik pangkat dari Komjen menjadi Jenderal...

RSUD Raden Mattaher Jambi Jamin Pembuangan Limbah B3 Aman

KOTA JAMBI (SR28) - Ditengah melonjaknya kasus baru Covid-19, pembuangan limbah hasil medis itu mejadi hal krusial. Kendati demikian, RSUD Raden Mattaher Jambi menjamin bahwa pengelolaan limbah B3 tersebut aman terkendali.

Sumber: JAMBI28 TV

TV

Pemkab Tanjabbar Bangun Gedung Instansi Vertikal Pakai APBD-P, Ini Kata Ketua LSM Petisi “Pemkab Miskin tapi Sok Kaya”

KUALA TUNGKAL (SR28) - Langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjab Barat merehab Rumah Dinas Kejari Kuala Tungkal yang merupakan lembaga vertikal menggunakan Dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD-P) 2020 kembali dipersoalkan oleh ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dari Peneliti Anti Korupsi (LSM-Petisi) Syarifuddin AR.

Dia menuturkan bahwa dari dananya terlihat janggal karena kondisi keuangan daerah saat ini yang diketahui sangat minim.

"Sama-sama kita ketahui minim, namun anehnya bisa-bisanya  Pemkab merehab rumah dinas Kejari Kuala Tungkal yang merupakan instansi vertikal itu," ujar Syarifuddin kepada SR28.

"Ya kita aneh saja sudah jelas anggaran daerah kita saat ini minim malah bantu instansi vertikal, ini membuat kita berasumsi  besak pasak dari pada tiang, awak miskin tapi belagak sok kaya," tambahnya.

"Memang  di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) diperbolehkan instansi vertikal dibantu pemerintah daerah,namun lihat dulu kondisi keuangan daerah," ucapnya.

Lanjut dia, "Jika kita mengacu memoratorium , sebagaimana yang di tuangkan kebijakan Presiden Joko Widodo sebagai salah satu langkah untuk efisiensi anggaran di dalam belanja-belanja agar anggaran yang ada untuk dapat digunakan lebih berdampak kepada masyarakat," paparnya.

Adapun pembangunan yang mendesak tersebut dicontohkan Syarifuddin adalah seperti pembangunan jalan,sarana pendidikan, kesehatan yang langsung bisa lebih dirasakan masyarakat.

"Ini kalau kita nilai rehab rumah dinas kejaksaan terkesan pemborosan, terlebih lagi kondisi bangunan rumdis yang ada masih bagus dan masih layak di pergunakan ,namun aneh kok mengunanakan Dana APBD-P ,” jelasnya.

"Instansi vertikal itu semestinya cukup dibiayai dengan anggaran-anggaran yang dari pusat, jangan lagi membebani anggaran daerah seperti APBD dan APBD-P, gunakanlah uang daerah itu sebaik mungkin dan secara efektif dan efisien jangan di foya-foyakan," tegas Syarifuddin.

"Tidak perluhlah daerah juga ikut  memikirkan instansi vertikal, karena hal-hal itu menurut kita cukup menguras uang daerah, untuk ke depannya, kita minta pemerintah daerah fokus untuk pembangunan skala prioritas yang menyentuh kemasyarakat. Karena akses jalan, sarana pendidikan dan kesehatan kita masih banyak kekurangan dan masih perlu di benahi," bebernya.

"Masyarakat kita saat ini masih butuh itu, apa tidak lihat keluhan masyarakat selama ini dan kita minta juga kepada instansi vertikal juga  untuk memahami itu, selain itu kita beharap instansi vertikal dan pemkab bisa memahami itu semua, jangan memaksakan kehendak, pikirkan kepentingan masyarakat," tandasnya. (Sabri)

Bupati Tanjabbar Safrial Harap Pengelolaan DAS Pengabuan Betara Optimal

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS berharap pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Pengabuan Betara yang 96,1% berada di wilayah Tanjab Barat dapat lebih optimal."al ini disampaikanya saat mengukuhkan langsung Forum Koordinasi DAS Tanjab Barat di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Selasa (29/9).

Forum DAS bertujuan sebagai wahana koordinasi antar instansi penyelenggara pengelolaan DAS agar terwujud kelestarian dan keserasian ekosistem serta meningkatnya kemanfaatan SDA bagi manusia secara keberlanjutan. Dengan forum DAS diharapkan ada koordinasi dan keterpaduan antara instansi dan stakeholder terkait.

Bupati berharap dengan terbentuknya forum DAS Tanjab Barat dengan berbagai instansi, pengelolaan wilayah DAS Pengabuan Betara bisa terbangun secara optimal.

"Pengelolaan DAS umumnya masih secara parsial. Dengan adanya forum DAS diharapkan bisa dilakukan penanganan secara holistik melalui koordinasi antar pihak dan berbagai instansi dengan pendekatan insterdisipliner," harapnya.

Lanjut Bupati Safrial Forum DAS Kab. Tanjab Barat diketuai oleh Sekda dan anggota terdiri dari berbagai stake holder diantaranya OPD seperti Bappeda, DLH, PUPR, DTPH dan seterusnya. Unsur lain seperti DPRD, PDAM, Akademisi, LSM Lingkungan dan perusahaan-perusahaan."papar nya.

Bupati H. Safrial juga berpesan pengelolaan DAS bisa mengakomodasi berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Sehingga Forum DAS Tanjab Barat dapat berperan secara aktif dalam memberikan saran, informasi dan data yang dapat digunakan dalam pengelolaan DAS Pengabuan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat."tandas nya.

Sebelum dikukuhkan, kegiatan diawali dengan penanaman bibit mangrove oleh Bupati bersama Kepala Balai Pengelolaan DAS Provinsi Jambi, Ketua Forum DAS Provinsi Jambi, Dandim 0419/Tanjab dan sejumlah Kepala OPD dan Kepala Bagian lingkup Pemkab Tanjab Barat di seputaran kawasan Pelabuhan Roro, Kuala Tungkal. (Sabri)

Di Hari Ulang Tahunnya, Presiden Rusia Dihadiahi Uji Coba Rudal Hipersonik

JAMBI (SR28) - Rusia telah menguji peluncuran rudal jelajah hipersonik Tsirkon dan berhasil mencapai target di Laut Barents. Momen ini bertepatan dengan ulang tahun ke-68 pemimpin Rusia, Vladimir Putin.

Kronologi Komedian Nunung Srimulat Dinyatakan Positif Covid-19

JAKARTA (SR28) - Komedian Nunung Srimulat bersama empat orang keluarga serta satu asistennya dinyatakan positif terpapar virus Corona Covid-19. Mereka menjalani perawatan di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Di antara mereka, Nunung Srimulat yang lebih dulu dinyatakan positif. Awalnya, ia memang sempat merasakan hilangnya indera penciuman, yang diikuti dengan gejala lainnya.

Sumber Youtube: JAMBI28 TV