Selasa, Januari 19, 2021

Belum Dilintasi Mobil Sisi Ofrit Jembatan Sungai Bakung Sudah Retak-retak

KUALA TUNGKAL (SR28) – Peningkatan Jembatan Parit Bakung Kecamatan Sebrang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dikerjakan oleh CV Hardianty dengan Dana...

Pembangunan Jalan Kelurahan Tungkal Harapan Asal Jadi, Baru Seumur Jagung Sudah Retak dan Berlubang

KUALA TUNGKAL (SR28) – Pembangunan jalan atau peningkatan skala di kawasan Kelurahan Tungkal Harapan, Kecamatan Tungkal Ilir, KabupatenTanjung Jabung Barat oleh Dinas...

Sriwijaya Air Wajib Ganti Rugi Rp1,25 M per Penumpang SJ182

JAKARTA - Keluarga korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 berhak atas ganti rugi dari pihak maskapai. Hal tersebut mengacu pada Pasal 141 ayat (1)...

Besok Divaksin, Begini Kondisi Kesehatan Jokowi

JAKARTA - Sekretariat Presiden memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1) besok di Istana Kepresidenan Jakarta....

Technology

Tim Yustisi Covid-19 Kota Jambi Gencarkan Patroli Protokol Kesehatan di Pasar

KOTA JAMBI (SR28) - Mencegah peningkatan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 semakin membludak. Tim Yustisi satgas penanganan Covid-19 Kota Jambi kini gencarkan melakukan patroli di pasar tradisional. Kendati demikian, masih saja ditemukan warga yang tidak menggunaan masker.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28.TV
- Advertisement -

4 Pengedar Narkoba Ditangkap Polres Bungo

BUNGO (SR28) - Tim Satuan Reserse narkoba Polres Bungo berhasil mengamankan 4 pengedar narkoba jenis Sabu, Ekstasi dan Ganja yang selama ini beroperasi di wilayah kabupaten Bungo, Jambi.

Keempat pelaku yang diamankan merupakan sindikat jarigan Lapas Kelas II B Muara Bungo. Dari tangan para pelaku, petugas berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa 4 Kg ganja, 83 gram Sabu dan Ekstasi sebanyak 1,50 gram.

4 Pengedar Narkoba Ditangkap Polres Bungo

4 Pengedar Narkoba Ditangkap Polres Bungo

Posted by JAMBI28 TV on Wednesday, September 16, 2020
4 Pengedar narkoba di Bungo ditangkap bersama barang bukti

Hebat, Kota Jambi Peringkat 8 Se Indonesia Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

KOTA JAMBI - Pemerintah Kota Jambi menerima penghargaan dari kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI atas capaian terhadap laporan penyelenggaraan pemerintah daerah atau LPPD tahun 2018 atas evaluasi kinerja penyelenggaraan peemrintah daerah atau EKPPD kota Jambi tahun 2019 dengan perolehan status sangat tinggi dengan skor 3,4420.

Disbudpar Jambi Akan Tempel Lebel Aman di Hotel dan Restoran, Syaratnya Lolos Verifikasi Dulu

JAMBI - Pemerintah provinsi Jambi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tengah mempersiapkan  langkah-langkah pemberian lebel aman penerapan protokol kesehatan Covid-19 bagi hotel dan restoran yang telah dinilai berhasil menjalankan program aman dari penularan virus corona.

Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, baik lokal maupun dari luar daerah. Agar meras aman jika nantinya mengunjungi hotel maupun restoran yang sudah terverifikasi aman dlaam penerapan protokol kesehatan tersebut.

Gelar Hiburan Malam Tanpa Izin, Tim Satgas Tegur Keras Hotel ODua Weston Jambi

KOTA JAMBI - Menggelar acara hiburan malam namun tak miliki izin relaksasi dunia usaha, hotel ODua Weston Jambi diberi teguran keras tim koordinator relaksasi Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jambi.

Sumber: JAMBI28 TV

Latest News

Ini Pertimbangan Hakim Tolak Praperadilan Habib Rizieq

JAKARTA - Hakim Akhmad Sahyuti menolak gugatan praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab terkait penetapan tersangka kasus pelanggaran kekarantinaan kesehatan dan penghasutan kerumunan di Petamburan, Tanah...

BREAKING NEWS:Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!

JAKARTA - Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. Kotak hitam itu kemudian dibawa ke daratan. Seperti dikutip dari Antara,...

Tak Layak Masuk Dalam Pemiliharaan, Aktivis Endus Dugaan Korupsi Uang Negara Di Pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tanjabbar

KUALA TUNGKAL (SR28) - Terkait hasil kerja pembangunan Sarana dan Prasarana MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berada di Desa Tungkal 1 (Satu)...

Di Akhir Jabatannya, Bupati Safrial Resmikan Proyek Fisik Infrastruktur 2016-2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs. H. Amir Sakib, Senin (11/01/21) kemarin di Laman Orang...

Yuk Intip, Ini Daftar Kekayaan 5 calon Kapolri

JAKARTA (SR28)- Perrgantian Kapolri direncanakan akan rampung pada akhir Januari 2021 ini. Sederet nama pun mulai muncul ke publik, mulai dari petinggi...

Music

Bawaslu Tanjabbar: Tolak Money Politic

Bawaslu Tanjabbar menolak money politic. Pemberi dan penerima bisa dipidana UU  Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Fachrori: Pendidikan Prioritas Dalam Pembangunan SDM

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum., menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi telah menempatkan pendidikan sebagai prioritas dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Jambi agar kedepannya lebih meningkat lagi. Hal tersebut disampaikan Fachrori pada Wisuda Santri Akhir Pondok Karya Pembangunan (PKP) Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi Tahun Ajaran 2019/2020, yang berlangsung di Lapangan PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi, Sabtu (25/07).

“Pembangunan SDM menjadi sangat penting sekali, karena SDM yang akan melaksanakan pembangunan di Provinsi Jambi. Pembangunan SDM saat ini, diarahkan kepada terbentuknya insan yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual yang harus melebur dalam setiap jiwa manusia,” ujar Fachrori.

Fachrori menjelaskan, ketiga kecerdasan tersebut harus benar benar seimbang, karena saat ini banyak SDM yang cerdas secara intelektual tetapi tidak cerdas secara emosional dan spiritual, sehingga sangat mudah sekali terprovokasi. SDM seperti wisudawan dan wisudawati ini sebagai pelaku pembangunan sudah seharusnya lebih mengasah potensi intelektual agar menjadi seorang cendikia yang cerdas, melatih kepekaan rasa agar memiliki ketajaman spiritual dan lebih mengolah daya imajinasi agar dapat lebih berkreasi dan berinovasi.

“Saya berpesan kepada semuanya, untuk bersikap optimis dan penuh percaya diri terhadap kemajuan yang sangat cepat saat ini, sehingga bisa menggapai masa depan yang lebih baik. Kita harus menyikapi kemajuan pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat saat ini secara arif, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kebutuhan manusia,” jelas Fachrori.

Selanjutnya Fachrori mengingatkan kepada seluruh wisudawan dan wisudawati untuk terus semangat dalam belajar sepanjang hayat, karena saat ini akan memasuki masa pembelajaran yang sesungguhnya dalam kehidupan masyarakat. Hal yang sangat penting adalah harus bisa memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada, karena peluang dan kesempatan tidak datang dua kali, sedangkan tantangan hidup yang ada akan semakin bertambah berat.

“Kita harus mempersiapkan diri dengan baik dalam pengembangan diri yang berorientasi pada peningkatan produktivitas, kinerja dan harus didukung dengan teknologi informasi yang terus berkembang dengan cepat. Tantangan kedepannya menjadi lebih kompleks lagi dalam menghadapi berbagai kultur dan budaya yang masih mengakar kuat di masyarakat dan masih lemahnya dalam akses terhadap teknologi informasi,” pesan Fachrori.

“Saya sangat mengharapkan lulusan PKP Al Hidayah ini mampu menjawab dan mengantisipasi berbagai tantangan saat ini, terutama dalam upaya meningkatkan pembangunan SDM di Provinsi Jambi. Saya juga mengharapkan lulusan PKP Al Hidayah memiliki berbagai keterampilan dan nilai tambah lainnya, sehingga mampu bersaing dan sejajar dengan lulusan lulusan dari sekolah lainnya,” pungkas Fachrori.

Direktur PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi, Ustadz H.Hasan Basri Husein,SH., mengatakan, sejak berdirinya PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi sampai saat ini, baru pada kesempatan ini Gubernur Jambi menghadiri acara wisuda santri akhir. Semoga dengan kedatangan Bapak Gubernur Jambi, menjadi motivasi tersendiri bagi PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi untuk kedepannya menjadi lebih baik lagi.

“Semoga kedepannya, PKP Al Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi kedepannya bisa melahirkan santriwan dan santriwati yang lebih berprestasi lagi, sehingga mendukung program Pemerintah Provinsi Jambi dalam menciptakan SDM yang berkualitas dan berakhlak serta dapat membantu pembangunan di Provinsi Jambi,” kata Ustadz Hasan. (Sidik)

Kasus Corona Tembus 2.168 Orang, Pemprov Jambi Siapkan Pembelian Vaksin

JAMBI - Dengan alokasi anggaran pembelian vaksin Covid-19 tersebut, pemernintah provinsi Jambi berharap agar rencana peningkatan kekebalan tubuh masyarakat terhadap paparan virus corona ini juga bisa dilaksanakan di Jambi. Yang pada akhirnya akan mempercepat proses memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Jambi.

Mengingat, peningkatan kasus terkonfirmasi positif di Jambi dalam beberapa waktu terakhir sudah mencapai 2.168 orang dan didominasi pasien konfirmasi tanpa gejala.

Walikota Jambi Syarif Fasha Ngaku Stress Jalani Isolasi Covid-19

KOTA JAMBI (SR28) - Orang nomor satu di Kota Jambi tersebut bahkan mnegaku sempat stress dan tertekan lantaran harus menjalani isolasi Covid-19. Fasha mengaku hal tersebut merupakan hal terberat bahkan mengalahkan kondisi kesehatannya.

4 Bandar Narkoba Jaringan Internasioanl Dibekuk Polres Bungo, Sabu Senilai 3 Miliar Diamankan

BUNGO (SR28) - Satuan Narkoba Polres Bungo, Jambi berhasil mengamankan 4 orang bandar dan kurir narkotika jaringan internasional. 4 Orang tersangka tersebut ditangkap dari 2 tempat yang berbeda tanpa perlawanan. Selain mengamankan tersangka, polisi juga berhasil mengamanakan 2,02 Kg Sabu serta 3.007 butir pol ekstasi senilai 3 Miliar Rupiah.

Culture

- Advertisement -

Selama Periode Januari – November 2020, Basarnas Jambi Tangani Musibah Sebanyak 37 Kali

JAMBI - Selama Periode Januari - November 2020, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi (Basarnas) telah melaksanakan Operasi SAR mulai dari Kecelakaan Kapal, Bencana, dan Kondisi Membahayakan Jiwa Manusia sebanyak 37 kali.

Kepala Sub Seksi Operasi Basarnas Jambi, Kornelis menyebutkan Operasi SAR Sebanyak 37 Kali terdiri dari Kecelakaan Kapal Sebanyak 5 Kali, Bencana Alam Banjir 1 kali, dan Musibah membahayakan Jiwa Manusia sebanyak 31 Kali.

Untuk Pelaksanaan Operasi SAR Provinsi Jambi, Wilayah Kerja Operasi SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi menangani 11 Musibah Membahayakan Jiwa Manusia dan 1 Bencana Alam, Pos SAR Bungo Menangani 10 Musibah Membahayakan Manusia, POS SAR Kerinci Menangani 6 Musibah Membahayakan Manusia, dan Unit Siaga SAR Tungkal Menangani 5 Kecelakaan Kapal dan 4 Musibah Membahayakan Manusia.

Ditetapkan Sebagai Tersangka, Walikota Sungai Penuh Terancam 1 Tahun Penjara

JAMBI (SR28) - Diduga lakukan tindak pidana pelanggaran pemilu, Walikota Sungai Penuh Asyafri Jaya Bakri (AJB) kini ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian dan terancam hukuman 1 tahun penjara.

Viral! Gedung DPR RI beserta para anggota Dewan Dijual Murah di Toko Online Cuma Rp10 Ribu

JAKARTA (SR28) - Viral! Gedung DPR RI beserta para anggota Dewan Dijual Murah di Toko Online Cuma Rp10 Ribu.

- Advertisement -

Must Read

Kecelakaan Maut di F1 Bahrain, Mobil Meledak Terbelah Dua

BAHRAIN - Romain Grosjean mengalami kecelakaan mengerikan pada gelaran F1 Bahrain malam tadi. Pebalap Tim Haas itu nyaris tewas dalam insiden tersebut, untungnya dia selamat. Api besar membakar VF-20 milik Grosjean. Dari udara terlihat kalau mobil tersebut terbelah dua nyaris tepat di tengah, memisahkan bagian depan dan belakang.

Gara-gara Cemburu, Seorang Pria di Jambi Bunuh Mantan Tetangganya

KOTA JAMBI (SR28) - Seorang pria di Kota Jambi tega menghabisi nyawa seorang pria yang adalah mantan tetangganya karena terbakar api cemburu. Kejadian penikaman terjadi di kelurahan Thehok, kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi pada Rabu malam.

Saat kejadian, korban sedang menonton tv di rumahnya dan dengan tiba-tiba pelaku datang dan langsung menikam korban sebanyak 7 tusukan sehingga mengakibatkan korban meninggal dunia.

Gara-gara Cemburu, Seorang Pria di Jambi Bunuh Mantan Tetangganya

Gara-gara Cemburu, Seorang Pria di Jambi Bunuh Mantan Tetangganya

Posted by JAMBI28 TV on Friday, September 18, 2020
Sumber: JAMBI28.TV

Al Haris bersama Satpol PP Merangin Tertibkan ODGJ

MERANIN  - Bupati Merangin Al Haris, memimpin penertiban orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di sejumlah ruas-ruas jalan protokol dan sekitar pasar, (2/6/2020).

Penertiban yang dilakukan pihaknya tersebut merupakan program Bebas dari Orang dengan Gangguan Jiwa (Jalur Bisa) di Merangin yang berkeliaran secara bebas diluar.

"Ini kami lakukan untuk memanusiakan manusia," kata bupati Merangin Al Haris  kepada wartawan di sela-sela kegiatannya.

Kami laksanakan bakti sosial berupa penertiban ODGJ dengan menggandeng Satpol PP dan Dinas Sosial

Jadi, nanti bakal ketahuan kalau di daerah lain jumlah ODGJ berkurang, mereka pindahnya ke mana," tutur bupati.

Direncanakan penertiban ODGJ akan dilakukan berkesinambungan. Sehingga, ke depan wilayah Merangin terbebas dari ODGJ.

Pengesahan RAPBD Jambi 2021 Ditargetkan Rampung Akhir November

JAMBI - Usai penyampaian nota keuangan dan RAPBD Tahun 2021 oleh pemerintah provinsi Jambi. DPRD Provinsi Jambi targetkan akhir November APBD Tahun 2021 resmi disahkan.

Datang ke Jambi, Mendagri Tito Karnavian Beri Arahan Soal Pilkada dan Covid-19

JAMBI (SR28) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan arahan pada rapat koordinasi persiapan Pilkada 2020 dan Covid19. Tito berpesan kedepan agar dibuat Peraturan Daerah (Perda) protokol kesehatan seperti pemakaian masker yang didalamnya memuat sanksi. Kepada para Calon Kepala Daerah yang akan mengikuti Pilkada Tito juga berpesan agar menjadikan Alat Peraga Kampanye (APK) juga dijadikan sebagai alat pencegahan Covid19.

Sumber: JAMBI28 TV

Breaking News! SDN 175 Kota Jambi Terbakar, Puluhan Guru dan Warga Teriak Histeris

KOTA JAMBI (SR28)- Jumat pagi (18/12/2020) sekira pukul 10.30 WIB  kebakaran hebat terjadi di Jalan Raja Yamin, RT 01, Lorong Bungo Tanjung, Kelurahan Telanai Pura Kota Jambi.  Sijago merah yang seketika membesar itu membuat para guru dan warga panik dan berteriak histeris. Kejadian tersebut terjadi tepat di gedung kelas SDN 175 Kota Jambi. Dengan posisi gedung sekolah yang berdampingan dengan rumah warga, sijago merah pun dengan cepat nyaris menyambar rumah-rumah warga yang ada disekitarnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran tersebut diduga  karena ada aktivitas pembakaran sampah dan api membesar seketika hingga tidak terkendali.

"karena ada bakar sampah disitu" ungkap salah satu warga yang berada disekitar lokasi kebakaran.

Sementara informasi lain menyebut jika kebakaran berkemungkinan disebabkan karena arus pendek listrik.

Hingga saat ini penyebab kebakaran tengah dikaji oleh Polsek Telanai Pura yang juga telah turun ke lokasi.

Kebakaran tersebut dalam waktu singkat telah berhasil diselesaikan oleh 6 unit mobil pemadam kebakaran yang segera datang ke lokasi.

Pantauan tim dilapangan juga tampak hadir Ketua Komisi 4 DPRD Kota Jambi, Jasrul S.Ag. Dia juga turut meninjau langsung dilokasi kekabaran yang melalap habis 9 ruang yang terdiri dari ruang kelas, TU dan ruang guru.

"Semua habis, tidak ada lagi yang bisa dipakai" ungkap Jasrul.

Lifestyle Magazine

Pemkab Merangin Tinjau Rumah Isolasi Covid-19

MERAGIN - Bupati Merangin, Al Haris meninjau rumah isolasi Najmi di kompleks BLK Bangko, Merangin.

"Di rumah isolasi ini semua unit kerja perangkat daerah (UKPD) terkait dilibatkan untuk pelayanan jika ada warga yang terpapar COVID-19, " ujar Bupati.

Selain menyiapkan  tempat isolasi di rumah sakit, Pemkab Merangin juga menyiapkan rumah isolasi terkendali untuk mengantisipasi jika ada warganya yang terpapar COVID-19 agar tidak melakukan isolasi mandiri.

Dikatakan bupati, jika rumah isolasi ini nantinya difungsikan, akan ada petugas piket yang mengawasi, membantu kebutuhan pasien, dari mulai pengobatan hingga pemberian makan dan minumnya selama menjalani isolasi.

"Fungsi rumah isolasi  ini agar tidak ada isolasi mandiri dan tidak ada lagi kluster keluarga," katanya.

Walikota Jambi Ucapkan Terima Kasih dan Apresiasi kepada Tenaga Kesehatan

KOTA JAMBI - Pemkot Jambi mengakui bahwa apa yang telah diberikan pemerintah khususnya bagi seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kota Jambi tak sebanding dengan capaian kinerja yang telah diberikan para tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19.

Untuk itu, Walikota Jambi memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih. Walikota juga mendoakan agar amal kebaikan yang telahh dilakukan seluruh tenaga kesehatan menjadi amal pahala yang tak terhingga dari Tuhan Yang Maha Esa.

Bola Panas Pilkada Makin Memanas B1KWK PBB terbaru Ternyata Dukung ke Cici-Jalil

KUALA TUNGKAL (SR28)- Polemik Dukungan Partai Politik Kepada Bakal Calon Kepala Daerah di Kabupaten Tanjung jabung Barat Semakin menjadi Bola Panas,Hal ini dikarenakan Beredarnya B1-KWK Partai Politik Partai Bulan Bintang (PBB) Yang Menunjukkan Dukungan Kepada Lebih dari 1 Pasang Bakal Calon Bupati/wakil bupati di Kabupaten Tanjung jabung Barat. Setelah PPP yang membatalkan dukungannya ke Paslon Cici - Jalil, Kini Partai Bulan Bintang (PBB) yang di Gawangi Prof Yusril Ihza Mahendra ini mendadak membatalkan Dukungan Dan B1-KWK yang awalnya di Berikan Kepada Pasangan Muklis-Supardi.

B1-KWK yang beredar luas di Media Sosial Menunjukkan Arah Dukungan dan B1-KWK kepada Pasangan Bakal Calon Bupati Hj.Cici Halimah, SE dan Drs.H.Abdul Jalil, MM dimana Pada Frasa SK tersebut DPP PBB Membatalkan Dukungan Kepada Muklis - Supardi dengan alasan Tidak Sesuai dengan Kesepakatan Partai PBB, sehingga Dukungan dan B1-KWK Di Putuskan Di Berikan Kepada Paslon Hj.Cici Halimah, SE dan Drs.H.Abdul Jalil, MM .

Informasi Terkait Pembatalan Surat dukungan dan B1-KWK partai Bulan Bintang ini Di Benarkan Media Center Cici - Jalil yang masih enggan menyebutkan nama nya juga,'dia juga memaparkan Bahwa Tim Koalisi Cici - Jalil telah menerima Putusan Dukungan DPP PBB Yang ditujukan Kepada Pasangan Hj.Cici Halimah, SE dan.Drs.H.Abdul Jalil, tertanggal 1 September 2020  Terkait Hal ini Tim kita Media Center cici - jalil akan mendesak KPUD Tanjung jabung Barat Agar Menganulir Syarat Dukungan Partai Bulan Bintang Kita akan Pertanyakan kepada KPUD Tanjung jabung Barat apalagi pihak KPUD sudah menerima putusan DPP PBB terkait perubahan dan pembatalan Dukungan Partai dan B1-KWK PBB" ujar Media Center Cici - Jalil,"tegasnya.(SAB)

Bupati Tanjabbar Ingatkan Lurah Tidak Lakukan Mark Up dan Fiktif Kelola Dana Kelurahan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Pemerintah pusat sejak tahun 2019 telah mengalokasikan Dana Alokasi Umum (DAU) bagi pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat kelurahan. Di Tahun 2019 dan 2020 Pemkab Tanjab Barat juga telah mengalokasikan anggaran dalam APBD untuk 20 kelurahan.

Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Camat dan Lurah se-Tanjab Barat di Balai Pertemuan Kantor Bupati, rabu (30/9), secara tegas mengingatkan Lurah agar mengelola dana kelurahan dengan baik sesuai aturan.

"Jangan ada mark up dan fiktif. Bikin proyek padat karya dengan melibatkan masyarakat lokal secara swakelola. Para Camat juga awasi dan pantau dana kelurahan. Bantu dalam pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB)," tegasnya.

Bupati H. Safrial juga berpesan kepada lurah agar dalam pengelolaan dana desa di rapatkan dulu dengan masyarakat. Jangan sampai ada kepentingan lurah dalam pelaksanaannya. Dalam melaksanakan kegiatan Lurah harus aktif berkoordinasi dengan Camat, Tim Koordinasi Pelaksanaan Dana Kelurahan, Inspektorat ataupun langsung dengan BPKP.

"Melalui Rakor Percepatan Dana Kelurahan ini saya harap Camat dan Lurah dapat menyamakan persepsi, sehingga sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan bisa berjalan dengan baik tanpa ada permasalahan,"timpal Bupati.

Sebelumnya Kabag Tata Pemerintahan Setda Hermansyah, S.STP melaporkan kegiatan Rakor Camat dan Lurah bertujuan untuk memberikan info dan pemahaman kepada Camat dan Lurah agar anggaran dana kelurahan 2020 berdampak pada pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir mendampingi Bupati, Sekda Ir. H. Agus Sanusi, M.Si dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Hidayat, SH, MH. Sebagai pemateri, Inspektur Drs. Encep Zarkasih dan Tim Koordinasi Pelaksanaan Dana Kelurahan KabupatenTanjab Barat. (Sabri)

RPP Akan Lebih Mempermudah Proses Perizinan Usaha

JAMBI - RPP ini yang merupakan turunan dari UU Cipta Kerja yang akan menyederhanakan dan mempermudah regulasi dalam penyelenggaraan perizinan usaha di Jambi. Yang pada akhirnya, tujuan utamanya adlaah memepermudah masyarakat maupun dunia usaha untuk menciptakan lapangan kerja baru.

Video News

- Advertisement -

Fachrori Dorong Ekonomi Kerakyatan Melalui Peremajaan Sawit Rakyat

BATANGHARI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, perkebunan sawit memiliki potensi yang cukup besar di Provinsi Jambi, yang merupakan bagian dari aset serta modal dasar bagi pembangunan ekonomi masyarakat dalam mensejahterakan masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut, Fachrori mendukung dan mendorong ekonomi kerakyatan, salah satunya melalui replanting (peremajaan) sawit rakyat. Hal itu dikemukakannya dalam Pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KUD Barokah Tahun Buku 2019 dan Penanaman Perdana Peremajaan/Replanting Kelapa Sawit Anggota KUD Barokah Desa Karya Mukti Kecamatan Muaro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari, Senin (20/07/2020.)

Sebelumnya, Gubernur Jambi yang didampingi Bupati Batanghari Syahirsyah dan Wakil Ketua DPRD Batanghari Yunita Asmara melakukan penanaman kelapa sawit secara simbolis, peremajaan sawit rakyat seluas 212 hektar, bantuan Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Fachrori menyampaikan, RAT dipadukan dengan penanaman peremajaan kelapa sawit, cerminan bahwa seluruh pengurus KUD Barokah telah berusaha menfasilitasi kepentingan anggotanya untuk kelanjutan usaha perkebunan kelapa sawit untuk jangka panjang.

Fachrori menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada ketua dan seluruh jajaran Koperasi Barokah yang telah berhasil mengharumkan nama Provinsi Jambi di tingkat nasional, yang telah berhasil menjadi koperasi berprestasi di tinggkat nasional tahun 2020.”Iini bisa menjadi motivasi bagi para pengurus koperasi lainnya yang ada di Provinsi Jambi, untuk senantiasa berinovasi dalam melaksanakan kegiatan koperasi, dengan tujuan kita bersama agar perekonomian masyarakat dapat meningkat,” ujar Fachrori.

“Perkembangan koperasi di Provinsi Jambi saat ini cukup menggembirakan, terlihat dari jumlah masyarakat yang menjadi anggota koperasi dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, tetapi belum diikuti dengan kualitas, dapat terlihat dari data jumlah koperasi tahun 2020 posisi per 30 Juni 2020, sebanyak 3.652 unit yang terdiri dari 2.126 koperasi aktif dan 1.526 koperasi tidak aktif. Koperasi aktif yang bisa melaksanakan rapat tahunan baru mencapai 652 unit koperasi baru mencapai 24 persen. Ini tantangan bagi kita semua, baik pemerintah daerah maupun pemangku kepentingan yang terlibat dalam sektor perkoperasian,” ungkap Fachrori.

Selain itu, Fachrori mengimbau seluruh pemangku kepentingan koperasi dan UMKM di provinsi maupun kabupaten/kota se Provinsi Jambi untuk dapat memberikan pendampingan dan pelayanan kepada masyarakat yang akan mendirikan koperasi. ”Pada saat ini, pemerintah memberikan kemudahan, dimana proses pelayanan akan dilakukan secara online, jika persyaratannya sudah lengkap, paling lama 3 hari nomor Badan Hukum dan Nomor Induk Koperasi (NIK) sudah diterbitkan,” kata Fachrori.

“Sejalan dengan implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pengesahan Badan Hukum Koperasi dilakukan oleh Kepala daerah, untuk sekarang ini pengesahan Badan Hukum Koperasi dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia melalui sistem Administrasi Badan Hukum,” tutur Fachrori.

Sebelumnya, Bupati Batanghari Ir.H.Syahirsyah.Sy menyampaikan, penanaman perdana kelapa sawit petani anggota KUD Barokah sebagai peremajaan kebun sawit rakyat yang difasilitasi oleh Dinas Perkebunan Kabupaten dan Provinsi Jambi dengan mengunakan anggaran APBN, yang sepenuhnya dipergunakan sebagai replanting sawit yang perlu didukung sepenuhnya agar para petani bisa menjadi petani mandiri yang bukan tergantung dengan perusahan-perusahan besar.

Selain itu, Syahirsyah minta para petani bisa mendirikan pabrik kelapa sawit di Kabupaten Batanghari. ”Melalui koperasi, kita bisa berkerjasama untuk mendirikan pabrik kelapa sawit, dengan adanya pabrik bisa menopang perekonomian masyarakat,” pungkas Syarhirsyah.

Sementara itu, Ketua KUD Barokah Rafles menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gubernur Jambi berserta rombongan atas penanaman perdana kebun kelapa sawit, guna meningkatkan pendapatan masyarakat sebagai peningkatan ekonomi masyarakat. Pada peremajaan tahap pertama seluas 212 hektar dan tahap kedua nanti seluas 334 hektar yang berkerja sama dengan PT Sentia Abadi selaku kontraktor pengerjaan. (Muhammad Sidik)

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

JAMBI (SR28) - Puluhan wartawan Jambi mengikuti Rapid Tes yang digelar Pemerintah Provinsi Jambi, di Pendopo Halaman Kantor Gubernur Jambi, Kamis (17/9/2020).

Hal ini dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi karena buntut dari Walikota Jambi Sy Fasha yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 beberapa waktu yang lalu. Selain wartawan, puluhan pegawai Humas Pemprov Jambi juga dilakukan rapid test.

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

Puluhan Wartawan Jambi Lakukan Rapid Test

Posted by JAMBI28 TV on Thursday, September 17, 2020
Sumber: JAMBI28 TV

Pelantikan Pejabat Dadakan, Badan Kepgawaian Kota Jambi Kelabakan

KOTA JAMBI - Lantaran jadwal pelantikan yang diinginkan Pemerintah Kota Jambi begitu mendadak. Badan Kepegawaian Kota Jambi kelabaka menghubungi 144 Pejabat Eselon di lingkup Pemkot Jambi yang akan dilantik.

KPU Ingatkan Paslon Untuk Lengkapi SK Pengunduran Diri Bila Tidak Akan Dicoret

KUALA TUNGKAL (SR28) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat sebagai penyelenggara Pilkada 2020 ingatkan Pasangan Calon (Paslon) Pilkada Kabupaten Tanjab Barat untuk segra siapkan Surat keputusan (SK) pemberhentian  instansi tempat Paslon  bekerja, 5 hari sebelum penetapan calon, atau 30 hari sebelum hari H pencoblosan.

Hal itu telah tertuang dalam Peraturan KPU RI Nomor 1 tahun 2019, dimana  anggota TNI, Polri, PNS/ASN, Anggota DPRD, Kepala Desa, Perangkat Desa serta instansi pemerintah lainnya yang ikut sebagai peserta dalam pemelihan kepala Daerah (Pilkada) wajib mengundurkan diri.

Ketua KPU Khairuddin melalui Komisioner KPU Tanjab Barat Divisi Teknis Peyelenggaraan, M Taufik menjelaskan, peserta wajib menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota TNI, Polri, PNS/ASN, kepala desa atau perangkat desa sejak ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wakil Bupati.

"Hal itu tertuang dalam aturan," ujar Taufik.

Lebih tegas Taufik mengingatkan kepada peserta Pilkada Kabupaten Tanjab Barat 2020.

"Peserta Pilkada wajib melampirkan surat pengundurkan diri dan surat keterangan tidak lagi bekerja di instansi pemerintahan dan DPRD,DPR Provinsi,dengan menyerahkan berkas pengunduran dirinya ke KPU setidaknya 5 hari sebelum penetapan calon," tegasTaufik.

Lanjut Taufik,"Jika dalam 30 Hari menjelang pencoblosan Paslon yang masih berstatus ASN ataupun Anggota Legislatif yang telah mendaftar  sebagai peserta Pilkada Tanjabbar tidak menyerahkan SK pemberhentian dari instansi terkait maka KPU dengan tegas mencoret Daftar nama yang bersangkutan dalam pendaftaran sebagi paslon pilkada 2020 mendatang dan tidak boleh diganti."Jika peserta hingga waktu yang ditetapkan tidak menyerahkan surat pengunduran diri dan bukti lainnya maka paslon tersebut akan di coret," tambah Taufik.

Untuk itu, pihaknya kembali mengingatkan kepada peserta Paslon Pilkada Kabupaten Tanjab Barat agar menyiapkan berkas yang menjadi syarat sah tahapan Pilkada secepatnya. (Sabri)

Mendagri RI Larang Bansos Covid 19 Untuk Pencitraan Politik Calon Kepala Daerah

JAMBI (SR28) - Terkait bansos Covid-19, Mendagri Tito Karnavian akan memberikan sanksi bagi calon petahana pilkada serentak tahun 2020 provinsi Jambi jika gunakan bansos untuk kepentingan pencitraan politik para calon kepala daerah.

Sumber: JAMBI28 TV

Sampaikan Aspirasi Buruh di Tanjabbar, Bupati Surati Presiden RI

KUALA TUNGKAL (SR28) - Serap aspirasi buruh terkait penolakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial, MS surati Presiden RI melalui Gubernur Jambi. "Dalam surat Surat Penyampaian Aspirasi dengan Nomor: 565/2739/Naker yang ditandatangani Bupati pada Senin, 12 Oktober 2020 disampaikan aspirasi pernyataan sikap DPC F. Hukatan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Kab. Tanjab Barat yang menolak diberlakukannya UU Cipta Kerja.

Pemkab melalui Dinas Tenaga Kerja, Polres dan Kodim serta OPD terkait telah memfasilitasi KSBSI untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutannya. Semua poin tuntutan buruh diakomodir Pemkab dalam surat yang disampaikan kepada Presiden.

Bupati Tanjung Jabung Barat melalui Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M.Si juga mengapresiasi KSBI Tanjab Barat yang tidak melakukan demontrasi dalam menolak pengesahan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.

"Apresiasi dan terimakasih kami sampaikan kepada KSBSI Tanjab Barat yang menyikapi UU Cipta Kerja  tanpa ada unjuk rasa dan demonstrasi," ujar Sekda.

Lanjut sekda,"Utamanya dalam masa pandemi saat ini. Karena jika kasus meledak tidak tahu isolasi dimana," papar Sekda dalam pertemuan dengan KSBSI Tanjab Barat di Balai Pertemuan Kantor Bupati, senin (12/10).

Sekda berharap dengan disampaikannya aspirasi buruh kepada Presiden Jokowi, kondisi bisa kembali kondusif sehingga tidak ada peningkatan kasus covid-19 terutama di Kab. Tanjab Barat.

Sebelumnya Kadis Naker Tanjab Barat Dianda Putra, S.STP, M.Si menyampaikan seluruh aspirasi buruh yang tergabung dalam DPC F. Hukatan KSBSI Tanjab Barat telah di terima Bupati. Pemkab juga sudah memfasilitasi buruh untuk menyampaikan sikapnya melalui pertemuan yang dilaksanakan mulai dari Jumat (9/10) lalu.

"Termasuk tuntuan agar UU Cipta Kerja diberlakukan bagi buruh dan investor baru," paparnya.

Sementara Hendry, perwakilan KSBSI Tanjab Barat dari PT Produk Sawitindo Jambi menyampaikan terimakasih kepada Pemkab yang telah memfasilitasi KSBSI untuk menyampaikan sikap dan tuntutannya.

"Terimakasih kepada Pemkab Tanjab Barat yang telah memfasilitasi pertemuan mulai dari hari jumat. Seharusnya kami datang ke sini delapan (8) pengurus dari perusahaan. Mengingat pandemi jadinya dua pengurus. Kami upayakan memberi pengertian anggota untuk tidak membuat aksi hari ini," tandasnya.

Turut serta dalam pertemuan dengan KSBSI, Wakapolres Tanjab Barat, Kasdim 0419/Tanjab, Kabid Tibung Satpol-PP, Sekretaris Dinkes, Kesbangpol, Bagian Hukum Setda dan tamu undangan lainnya. (Sabri)

- Advertisement -

Music

Golput pilihan ditengah wabah Covid 19

Oleh: Effi Marleni S.H,M.H

Keputusan pemerintah terkait penyelenggaraan Pilkada ini secara potensial memunculkan masyarakat Golput (Golongan Putih) karena alasan kesehatan dan keselamatan warga. Seruan Golput pertama dilontarkan oleh Azyumardi Azra, guru besar UIN Syarif Hidayatullah, salah satu tokoh intelektual Muslim ini menyatakan diri secara terbuka untuk tidak akan berpartisipasi dalam Pilkada 2020 atau memilih menjadi golput (golongan putih). Golput ini pernah terjadi di beberapa negara yang tetap memutuskan untuk menyelenggarakan Pemilu di tengah kondisi pandemi yang belum mereda. Merujuk Pemilu di Queensland-Australia yang diselenggarakan Maret lalu.

Banyak warga yang memutuskan untuk tidak memilih demi terhindar dari penularan Covid-19. Mereka rela membayar denda yang ditetapkan oleh pemerintah karena menjadi Golput. Hal yang sama juga terjadi di Perancis yang dalam pemilihan lokal hanya 44,7 persen warga yang berpartisipasi. Demikian juga dengan pemilu di Iran yang hanya diikuti oleh sekitar 40 persen. Ini merupakan kondisi terburuk sejak Revolusi Iran di tahun 1979. Dalam situasi pandemi menjadi Golput adalah pilihan yang paling rasional mengingat kesehatan dan keselamatan publik tengah terancam. Situasi ini diperparah dengan maraknya spekulasi tentang kolusi dan menguatnya politik dinasti di kalangan pemerintah serta maraknya politik uang karena perekonomian Indonesia yang semakin terpuruk. Jangan sampai pesta demokrasi hanya dinikmati oleh segelintir kelompok elite politik tertentu yang mencari kekuasaan dan keuntungan namun harus berakhir dengan mengorbankan nyawa rakyat.


Masyarakat Jambi Diminta Tak Panik Atas Peningkatan Kasus Covid-19

JAMBI (SR28) - Masyarakat Jambi diminta untuk tidak panik atau malah takut akan kondisi peningkatan kasus baru pasien Covid-19 yang masih terus terjadi di setiap harinya. Selain diminta untuk tidak panik. Masyarakat juga selalu dihimbau untuk menerpakan protokol kesehatan 3 M Covid-19.

Gubernur Jambi Peringati Hari Pahlawan 2020 di Merangin

MERNAGIN (SR28) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Restuardy Daud, memperingati hari Pahlawan 2020 di Kabupaten Merangin. Restuardy Daud menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Patriot Bhakti.

Pada upacara yang dihadiri Staf Ahli Gubernur Jambi H Bastari, Plt Sekda Merangin H Hendri Maidalef dan unsur Forkopimda Merangin tersebut, Pjs Gubernur Jambi meletakan karangan bunga di Tugu Makam Pahlawan Merangin.
Usai upacara, Pjs Gubernur Jambi bersama Plt Sekda Merangin dan pejabat lainnya menabur bunga di makam para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan di Kabupaten Merangin.

‘’Ini merupakan agenda rutin kita setiap tahunnya. Kebetulan saya ada kunjungan kerja ke Kabupaten Merangin, sekaligus memperingati hari Pahlawan di Bumi Tali Undang Tambang Teliti ini,’’ujar Restuardy Daud.
Di-doa-kan Pjs Gubernur Jambi, para Pahlawan yang telah gugur berjuang merebut kemerdekaan itu, diterima disisi Allah SWT dan diterima seluruh amal dan jasa-jasanya. Restuardy Daud berterimakasih atas pengorbanan Pahlawan Merangin.

‘’Tinggal kita yang meneruskan perjuangan para Pahlawan kita ini. Tugas kita mengisi kemerdekaan ini dengan kerja keras, sehingga Jambi bisa maju dan berkembang sebagaimana yang diharapkan para Pahlawan kita,’’terang Pjs Gubernur Jambi.

Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati hari Pahlawan 2020 itu, berlangsung khidmat. Selain diikuti unsur Forkopimda Merangin juga diikuti para pejabat di jajaran Pemkab Merangin.

Gawat! Ruang Isolasi di Jambi Penuh Akibat Lonjakan Pasien Covid-19 Terus Bertambah

JAMBI (SR28) - Akibat kasus baru pasein terkonfirmasi positif Covid-19. Ruang isolasi yang sudah disiapkan kini tak lagi mampu menampung pasien. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi kini tengah mneyiapkan beberapa gedun alternatif.

Nonton berita menarik lainnya di JAMBI28 TV

Sport News

Pelajar Lakukan Aborsi, Janin Dikubur Didepan Ruko

JAMBI - Pasangan kekasih yang satu diantaranya masih pelajar SMA membuang janin hasil hubungan gelap mereka. Janin itu ditemukan terkubur di depan sebuah ruko di kawasan kasang, kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi dan sudah terkubur selama dua hari dengan kedalaman sekitar 40 Cm.

Sumber: JAMBI28 TV

Gubernur Jambi Lepas Petugas Patroli Pencegahan Karhutla

JAMBI (SR28) - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum melepas petugas patroil pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam Apel Pelepasan Petugas Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan dan Pembalakan Liar di Provinsi Jambi Tahun 2020, di lapangan dalam Makorem 042/Gapu, Minggu (02/08/2020) pagi. Fachrori mengatakan, dalam mengatasi dan pencegahan karhutla di Provinsi Jambi, ditempatkan 254 personil gabungan di daerah rawan kebakaran hutan dan lahan, agar mudah terpantau dan mudah diatasi.

Sebelum pelepasan, Gubernur Jambi Fachrori Umar didampingi Kapolda Jambi Irjen Pol.Firman Santyabudi dan Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Zulkifli melakukan pengecekan persiapan personil yang akan melaksanakan tugas patroli pencegahan karhutla.

Fachrori mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian daerah Jambi dan Komandan Korem 042/Gapu Jambi beserta jajaran dan seluruh peserta apel siaga. Fachrori berharap momen ini bisa meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam upaya bersama penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi.

Fachrori mengatakan, kebakaran hutan dan lahan banyak menimbulkan dampak negatif yang merusak ekologis, menurunnya keanekaragaman hayati, perubahan iklim, serta menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat dan mengganggu aktivitas trasportasi darat, laut, dan udara. ”Pada tahun 2019 yang lalu, kita pernah merasakan dampak yang sangat buruk dari kebakaran hutan dan lahan, selain menyebabkan kerugian, material berupa terbakarnya lahan-lahan produktif dan kawasan hutan, termasuk lahan gambut yang mestinya terjaga kondisi tutupannya, juga menyebabkan merebaknya penyakit, khususnya Inveksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), serta terganggunya berbagai aktivitas kehidupan manusia,” terang Fachrori.

Fachrori menegaskan agar kejadian kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi lagi, semua pemangku kepentingan harus waspada dan selalu mengantisipasi berbagai kemungkinan di seluruh wilayah Provinsi Jambi.

Fachrori menjelaskan, paradigma penanggulangan bencana dewasa ini sudah berubah dari responsif yang menitikberatkan penanganan saat telah terjadi bencana, menjadi preventif, yang menitikberatkan penanganan sebelum terjadinya bencana. ”Untuk mendukung paradigma tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Gabungan Karhutla yang melibatkan Pemrov Jambi, Pemkab/Pemkot, TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, dunia usaha bidang kehutanan dan perkebunan serta masyarakat. Satgas yang telah dibentuk akan ditempatkan di 171 desa/kelurahan rawan kebakaran hutan dan lahan,” jelas Fachrori.

“Untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Jambi, kita akan menempatkan petugas patroli di beberapa titik wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan. Saya berharap kepada petugas di lapangan dapat berkerja dengan baik dan efektif serta efisien, fokus pada upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, bukan pemadaman. Tindakan pemadaman harus tetap dilakukan apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan yang tidak terkendali,” tutur Fachrori.

Selain itu, Fachrori juga berpesan kepada petugas dilapangan yang, dalam suasana pandemi Covid-19, selalu memedomani protokol kesehatan dalam semua tindakan di lapangan. ”Seluruh petugas di lapangan tetap utamakan keselamatan dan menjalankan protokol kesehatan dalam bertugas. Kepada komandan Korem 042/Garuda Putih, Brigjen TNI Zulkifli, sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 540/Kep.Gub/BPBD-2/2020 tanggal 1 Juli 2020, gubernur selaku komandan Satuan Tugas menunjuk saudara Danrem 042/Gapu sebagai Pelaksana Harian Komandan Satuan Tugas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi tahun 2020. Saya yakin dan percaya bahwa Danrem mampu melaksanakan tugas harian (Dansatgas) tersebut dengan baik dan penuh tanggung jawab,” ujar Fachrori.

Korem 042/Gapu Brigjen TNI Zulkifli menyampaikan, bahwa hari ini Satgas akan menempatkan petugas di beberapa titik yang rawan kebakaran hutan dan lahan, petugas akan berkerja sama dengan petugas koramil yang ada di wilayah tertentu seperti di Sadu dan Muaro Jambi. ”Pasukan yang kita kirim merupakan gabungan dari semua istansi, ada TNI, Polri, BPBD, Polhut, Manggala Agni. Minggu depan kita akan megirim pasukan ke daerah Kumpeh untuk antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu, Korem mengimbau masayarakat dan pengusaha perkebunan untuk berkerja sama dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan,” jelas Danrem 042/Gapu.

Kapoda Jambi Irjen Pol. Firman Santyabudi menyampaikan, Polda Jambi sudah menyiapkan 1.500 personil, sebagian sudah masuk di polres/polsek kabupaten/kota se Provinsi Jambi yang disebut dengan Gugus Tugas Kabupaten. ”Personil yang kita siapkan agar mendekatkan ke lokasi titik rawan kebakaran hutan dan lahan, guna pencegahan lebih dini, agar cepat memadamkan api. Kita minta masyarakat agar bisa berkerja sama untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan bersama-sama. Selain itu, kita terus melakukan patroli dan pemantauan dari jauh. Kita minta perusahan untuk berkerja sama untuk memadamkan api di wilayah perusahannya masing-masing,” terang Kapolda. (Muhammad Sidik)

Bupati Tanjabbar Serahkan Bantuan Kendaraan Operasional Inseminasi Buatan di Tebing Tinggi


KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS menghadiri acara penyerahan  mobil operasional Inseminasi Buatan (IB) program TJLSP (Tanggung Jawab sosial dan lingkungan perusahaan) Bank Jambi di Desa Purwodadi Kecamatan Tebing Tinggi, Selasa (25/08).

Kadis Perkebunan dan Peternakan, Ir. Melam Bangun,dalam laporan nya mengatakan penyebaran bantuan ternak sapi sampai saat ini tersebar di 6 kecamatan, yang meliputi kecamatan Tebing Tinggi, Batang asam, Renah mendaluh, Muara papalik, Tungkal Ilir, dan Kecamatan Pengabuan.

"Semntara itu Kondisi bantuan ternak sekarang ini terbilang cukup baik, karena dari penyebaran 200 ekor sudah lahir 21 ekor, sementara pada posisi sekarang sapi yang mengandung /Bunting sebanyak 76. Ekor, kita berharap kedepannya ada penambahan petugas imseminasi buatan sehingga dapat meningkatkan produktifitas dari ternak ini," timpalnya.

Diwaktu yang berbeda Bupati Tanjab Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS dalam sambutannnya mengapresiasi kepada Bank Jambi dan pihak lainnya yang telah mendukung Pemerintah dalam upaya mengembangkan sektor peternakan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Salah satunya dengan adanya bantuan mobil operasional yang berasal dari dana CSR Bank Jambi,untuk program Inseminasi Buatan Saya berharap bantuan ini dapat mendukung pengembangan perternakan di kabupaten Tanjung Jabung Barat khususnya dalam pelayanan insemminasi buatan ke para peternak sehingga jumlah akseptor dan kelahiran ternak semakin meningkat.

"Untuk mendukung kegiatan tersebut Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat memberikan bantuan hibah ternak sapi kepada kelompok tani untuk tahun 2019 sebanyak 200 ekor dan tahun 2020 sebanyak 88 ekor yang dapat menjadi akseptor program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Si Komandan), saya  berharap pihak perusahaan dapat bersinergi dalam mendukung pelaksanaan program Pemerintah, salah satunya melalui forum CSR sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran," jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan kunci mobil operasional dari Bank Jambi kepada Bupati Tanjab Barat yang diteruskan kepada Kepala Desa Purwodadi Jayus. Masih dalam kegiatan yang sama, Bupati juga buka forum diskusi tanya jawab dengan para peternak sapi di Kecamatan Tebing Tinggi. (Sabri)

- Advertisement -

Bye Bye! Nikon Resmi Tinggalkan Indonesia

JAKARTA (SR28) - Produsen kamera asal Jepang, Nikon, mengumumkan keputusannya menghentikan operasional di Indonesia mulai Kamis (22/10). Hal tersebut diumumkan secara resmi melalui akun instagram resmi Nikon Indonesia. Tidak dijelaskan alasan dibalik keputusan tersebut. Tapi, Nikon berkomitmen tetap memberikan layanan dan support kepada para penggunanya di Indonesia.

Hari Ini Tempat Hiburan Dan Olahraga di Kota Jambi Boleh Buka Lagi

JAMBI (SR28) - Adapun tempat usaha yang kembali dizinkan buka lago seperti tempat-tempat olahraga yaitu fitnes, senam, bola sodok kemudian tempat pijat refleksi, spa, serta bar, cafe dan tempat karaoke keluarga termasuk kolam renang dan wahana bermain anak-anak.

Pembangunan Jembatan APBD Provinsi di Pengabuan Diduga Minim Pengawasan

KUALA TUNGKAL (SR28) - Proyek pekerjaan pembangunan infrastruktur di bidang jembatan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat pada tahun 2020 melalui dana APBD Provinsi Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Barat Kecamatan Pengabuan tepatnya jembatan Parit 6 diduga minim pengawasan dan informasi.

Proyek yang bersumber dari APBD provinsi tersebut sangat dinanti-nanti oleh masyarakat di beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Bram itam, pengabuan, senyerang, hingga menembus ke Kecamatan Tebing Tinggi. Namun dibalik Proyek besar tersebut yang nilai nya miliaran bahkan belasan miliar tersebut, pihak pelaksana tidak mencantumkan informasi nilai kontrak kerja.

Diketahui pekerjaan tersebut dibawah naungan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pemerintah Provinsi Jambi dengan nama pekerjaan pembangunan Jembatan Parit 6 tahun 2020 dengan pelaksanaan pekerjaan PT Megasari Sejati dengan konsultan pengawas nya PT Yoga Tiga Consultant.

Saat sejumlah media di lokasi sempat menanyai pekerja yang ada di lokasi, namun tak banyak yang bisa diketahui dari para pekerja tersebut karena mereka hanya mengerjakan konstruksi bangunan.

Tampak juga di jembatan sementara yang dibangun tidak ada pekerja yang mengarahkan kendaraan kendaraan baik dari arah Teluk nilau maupun dari arah Bram itam, jadi kendaraan yang lalu-lalang para penggunanya harus ekstra hati-hati dalam bergantian menggunakan jembatan sementara tersebut.

Sementara itu Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Lukman Nurohim berkomentar keras, dan menyayangkan ketidakterbukaan pihak kontraktor pelaksana dalam informasi nilai kontrak kerja. Karena hal tersebut perlu diperhatikan bukan pekerjaan main-main masyarakat juga sangat perlu informasi-informasi pembangunan yang ada di wilayahnya.

"Harusnya mereka buat lengkap selengkap-lengkapnya, berapa Memangnya nilai kontrak pekerjaan jembatan tersebut, jangan ditutup-tutupi, kami mempertanyakan hal tersebut. Berapa Memangnya jumlah nilai kontrak kerja dengan pekerjaan sebesar itu, harusnya mereka sangat sangat sudah profesional dengan pekerjaan sebesar itu Dinas PU Provinsi harus tegur mereka," ujarnya, Selasa (25/8).

Pihaknya juga meminta kepada Dinas PU Provinsi Jambi untuk aktif melihat proses demi proses dari pembangunan jembatan tersebut. Jangan seperti yang saat ini terjadi hal seperti ini,  karena seharusnya nya nilai kontrak kerja tidak disepelekan karena Keterbukaan Informasi Publik harus dikedepankan. (Sabri)

Pejuang Covid-19 Merangin Diberi Penghargaan

MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris didampingi Wabup H Mashuri, memberi penghargaan dan bingkisan kepada para pejuang Covid-19 dan masyarakat yang berdisiplin dalam menegakan protokol kesehatan Covid-19.

Piagam Penghargaan untuk pejuang Covid-19 yang telah bekerja setulus hati melakukan pencegahan dan penanggulangan Corona di Kabupaten Merangin tersebut, diberikan bupati usai Upacara Kedisipinan di halaman Kantor Bupati, Senin (06/7).

‘’Mereka ini telah banyak membantu dalam pencegahan, penanganan dan penanggulangan Covid-19, sehingga sangat layak diberikan penghargaan. Terimakasih kepada teman-teman yang telah bekerja tulus dan iklas,’’ujar Bupati.

Para pejuang Covid-19 yang menerima Piagam Penghargaan dari Bupati Merangin tersebut, utusan dari pedagang atas nama Dasria R Putra dan Al Madani, Tomi utusan dari Ojek, dr.Derallah Ansusa dan Ns.Joko Prayoso dari Tenaga Medis.

Selain itu, AIPDA Toip, SERTU Marzuwin Alpandi dan Noprianto dari petugas Posko Covid-19. Bupati juga memberikan Piagam Penghargaan kepada pihak ketiga  yang sangat peduli dalam penanganan Covid-19.

‘’Saya juga berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Merangin yang telah bekerja ekstra keras. Begitu juga pejuang Covid-19 yang bertugas di RSD Kol Abundjani Bangko dan Puskesmas-puskesmas,’’terang Bupati.

Berkat kerja keras semua pihak itu lanjut bupati, sebanyak 21 orang pasien Covid-19 di Kabupaten Merangin sekarang sudah sembuh semua, sehingga untuk saat ini Merangin nol pasien Covid-19.

TV

Diikuti ratusan peserta, Forkompimda Tebo Sukses Gelar Upacara HUT RI ke 75

TEBO (SR28)- Bupati Sukandar Pimpin Upacara Peringatan HUT KemerBupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si., memimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 yang diselenggarakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Tebo, Senin (17/08/2020).

Upacara berlangsung dengan hikmat meskipun berbeda dengan pelaksanaan upacara dari tahun tahun sebelumnya. Penyelenggaraan upacara menyesuaikan dengan kondisi pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bertugas sebagai Komandan Upacara Kapten Inf. Wahid Nurohim dan Petugas Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, Sindi, SH., MH., serta pembacaan doa dipimpin Kakan Kemenag, Herman, S. Ag. MH.

Usai upacara dilakukan penyerahan  Piagam Penghargaan dari Panglima Komando Daerah Militer ll/ Sriwijaya yang diwakili oleh Dandim 0416/ BUTE Letkol Inf. Widi Rahman kepada Bupati Sukandar. Penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas kerja sama dan dukungan dalam pelaksanaan tugas. Kemudian dilanjutkan penyerahan Sertifikat Tanah Pemda Kabupaten Tebo dan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek dan Landreform yang secara simbolis diserahkan oleh Bupati Sukandar kepada Wakapolres Tebo, Ketua DPRD Tebo kepada Sekda Tebo, Kajari Tebo Kepada Kakan Kemenag Tebo, Dandim 0416/ BUTE kepada Perwakilan Desa Sumber Sari dan Kepala BPN Tebo kepada Perwakilan Desa Sapta Mulya.  Adapun peserta upacara pada kesempatan tersebut terdiri dari KODIM 0416/ BUTE, KOMPI Senapan B 142 (TNI-AD), Polres Tebo, Pejabat Eselon ll, lllA, dan lllB, Dinas Damkar dan Penyelamatan, Satpol PP, dan Dinas LH dan Perhubungan Kabupaten Tebo.Bupati Sukandar dan Wakil Bupati, Syahlan SH., diikuti Unsur Forkopimda, Sekda, Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD serta Pejabat Eselon lll Lingkup Pemkab Tebo seusai upacara mengikuti Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75 secara virtual dari Istana Negara.

sumber: Pemkab Tebo

Jurnalis: Rd.Ari

Di Akhir Jabatannya, Bupati Safrial Resmikan Proyek Fisik Infrastruktur 2016-2020

KUALA TUNGKAL (SR28) - Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir.H.Safrial didampingi Wabup Drs. H. Amir Sakib, Senin (11/01/21) kemarin di Laman Orang...

Kemunculan Seekor Ular Sanca Hebohkan Warga Thehok-Kebun Kopi

KOTA JAMBI (SR28) - Kamis pagi (30/7) puluhan warga yang tinggal di jalan Raden Wijaya Lorong Akimar Kelurahan Thehok Kota Jambi dibuat ketakutan dengan kemunculan seekor ular sanca.

Kecanduan Judi Online, Pegawai Rumah Makan Sikat Duit Bos

KOTA JAMBI (SR28) - Anggota Unit Reskrim Polsek Kota Baru, Kota Jambi meringkus seorang pemuda bernama Elveny Saputra (27) saat sedang mengamen di jalan.

Pelaku ditangkap lantaran terbukti mencuri yang di rumah makan selero Bundo, di kawasan jalan Patimura, kelurahan Kenali Besar, kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi.

Pelaku merupakan karyawan rumah makan tersebut dan baru dua minggu bekerja disana. Sebelum melakukan aksinya, pelaku terlebih dahulu memantau situasi dn memantau gerak gerik pemilik rumah makan serta karyawan lainnya.

Dari pengakuan pelaku, ia nekat mencuri karena terlanjur kecanduan judi online. Karena ingin bermain judi namun tak punya uang, ia pun kemudian nekat melakukan aksi pencurian.

"Itu uang dihabiskan langsung buat main game online," ujar pelaku.

Pada hari kejadian, situasi rumah makan tengah ramai pengunjung, di sanalah pelaku memanfaatkan situasi tersebut untuk mencuri uang majikannya yang disimpan dilaci kasir rumah makan. Akibat pencurian tersebut, korban mengalami kerugian hingga 6 Juta Rupiah.

"Pelaku ini merupakan karyawan di Rumah Makan Selero Bundo, pelaku mengambil uang di laci kasir rumah makan," jelas AKP Afrito Marbaro kepada awak media.

Selain pelaku, petugas juga menyita barang bukti berupa satu unit Handphone hasil uang curian yang digunakan pelaku selain untuk berjudi.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 5 tahun kurungan penjara. (ANK)